Garmin Fenix 7 Pro vs Garmin Epix Pro - FI

Garmin IndonesiaPerbandingan Garmin Fenix 7 Pro vs Garmin Epix Pro menarik untuk disimak. Terlebih bagi Anda para pehobi lari dan aktivitas olahraga outdoor lainnya. Rilis kedua smartwatch ini memang hampir bersamaan. Begitu juga dengan sejumlah fiturnya beberapa memang memiliki kesamaan. Bagi Anda yang mempertimbangkan mana yang terbaik dari keduanya untuk aktivitas dan sesuai kebutuhan, simak ulasannya selengkapnya dalam artikel yang telah dirangkum tim Doran Gadget kali ini.

Spesifikasi Garmin Fenix 7 Pro vs Garmin Epix Pro

Garmin Fenix 7 Pro vs Garmin Epix Pro
sc: T3

Berikut spesifikasi dari Garmin Fenix 7 Pro dan Epix Pro (Gen 2) secara umum yang dilansir dari berbagai sumber:

Spesifikasi Garmin Fenix 7 Pro Garmin Epix Pro
Dimensi dan Bobot 47 x 47 x 14.5 mm (73 gram) 47 x 47 x 14.6 mm (78 gram)
Material Lensa Power Sapphire Corning Gorilla Glass
Material Bezel Titanium Titanium
Material Case Fiber yang diperkuat polymer dengan cover titanium Fiber yang diperkuat polymer dengan cover steel rear
Kompatibilitas Quickfit 22 mm 20 mm
Material Strap Silikon Silikon
Ukuran Layar dan Resolusi 1.3 inci (260 x 260 pixel) 1.3 inci (416 x 416 pixel)
Tipe Layar MIP AMOLED
Layar Berwarna Ya Ya
Lampu Flashlight Ya Ya
Touchscreen Ya Ya
Ketahanan Air 10 ATM 10 ATM
Kapasitas Memori 32GB 32GB
Sensor Navigasi GPS, GLONASS, GALILEO, SATIQ, Compass, Gyroscope GPS, GLONASS, GALILEO, SATIQ, Compass, Gyroscope
Ketahanan Baterai Hingga 57 hari Hingga 41 hari

Baca juga: 10+ Smartwatch Garmin Terbaik untuk Menunjang Aktivitas Olahraga

Fitur dan Keunggulan Garmin Fenix 7 Pro vs Garmin Epix Pro

Setelah mengetahui spesifikasi dari smartwatch Garmin Fenix 7 Pro dan Epix Pro (Gen 2) secara umum, ketahui pula mengenai perbedaan dari segi fitur dan keunggulan masing-masingnya. Mulai dari desain, ketahanan baterai, fitur olahraga dan kesehatan, sampai harga yang dipasarkan.

1. Desain dan Layar

Spesifikasi Garmin Fenix 7 Pro
sc: Wareable

Perbedaan yang pertama yakni mengenai desain dan layarnya. Untuk desain keduanya memang tidak ada perbedaan yang mencolok. Yakni sama-sama memiliki tiga ukuran diameter mulai dari 42mm, 47mm, dan 51mm. Selain itu, keduanya menggunakan bahan bezel stainless steel, band dari bahan silikon, dan case dari resin.

Begitu juga dengan ketebalan dan bobot yang dimilikinya.Dua seri terbaru ini pun memiliki versi premium yakni menggunakan bahan sapphire crystal pada lensanya yang diperkuat dengan kaca yang kuat. Bezelnya juga terbuat dari bahan titanium yang kuat.

Perbedaan yang mencolok terlihat pada layar. Dimana Epix Pro (Gen 2) menggunakan tipe AMOLED yang lebih jelas dan cerah. Sedangkan, Fenix 7 Pro menggunakan layar MIP. Meski begitu, layar MIP tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Salah satunya adalah dapat menyerap energi dari cahaya matahari yang diterima untuk menambah daya ketahanan dan masa pakai baterai.

Baca juga: Review Garmin Epix Pro (Gen 2): Spesifikasi, Fitur Unggulan dan Harganya

2. Fitur Kesehatan dan Olahraga

Review Garmin Epix Pro (Gen 2) (8)
sc: Manila Bulletin

Selanjutnya adalah mengenai fitur kesehatan dan olahraga Garmin Fenix 7 Pro dan Epix Pro (Gen 2). Sebenarnya, dari pemantau olahraga dan kesehatan fitur yang dimiliki keduanya tidak berbeda. Mulai dari pemantau detak jantung, kualitas tidur, dan lain sebagainya. Termasuk dukungan dengan menggunakan metrik latihan yang canggih untuk meningkatkan performa. Salah satunya adalah Hill Score dan Endurance Score.

Garmin juga menambahkan sejumlah pembaruan fitur olahraga. Di antaranya adalah peta terbaru yang bisa menampilkan temperatur, angin, hingga awan. Begitu pun mode lainnya seperti untuk olahraga motocross hingga rafting.

Perhitungan performa semakin akurat berdasarkan histori dari latihan yang dilakukan dan VO2 Max pengguna. Di samping itu, ada sejumlah pembaruan seperti sensor heart rate yakni menggunakan Elevate V5. Dimana sensor terbaru ini terpasang lebih menyebar di area luas, dan ini akan menyempurnakan algoritma, sehingga data lebih akurat untuk pengukuran detak jantung, kualitas tidur, tingkat stres, dan lainnya.

3. Garmin Fenix 7 Pro vs Garmin Epix Pro – Baterai

Review Garmin Epix Pro (Gen 2) (3)
sc: Digital Trends

Hal menarik lainnya yang perlu Anda ketahui mengenai perbedaan seri terbaru Fenix dan Epix ini ialah ketahanan baterai keduanya. Sebenarnya, soal ketahanan baterainya sama-sama tangguh namun tetap saja ada perbedaan yang mendasar. Khususnya ketika diaktifkan dalam mode smartwatch dan mode GPS. Berikut perbedaannya:

Tipe Smartwatch Ketahanan Maksimal Mode Smartwatch Ketahanan Maksimal Mode GPS
Fenix 7S Pro 14 hari 46 jam
Fenix 7 Pro 22 hari 73 jam
Fenix 7X Pro 37 hari 122 jam
Epix Pro 42mm 10 hari 28 jam
Epix Pro 47mm 16 hari 42 jam
Epix Pro 51mm 31 hari 81 jam

Jika dilihat dari tabel di atas, Garmin Fenix 7 Pro memang lebih unggul. Apalagi dengan adanya fitur pengisian daya tenaga surya di Fenix 7 Pro. Tanpa mengesampingkan Epix Pro, jam ini juga memiliki ketahanan baterai yang lama. Sehingga, sangat cocok untuk aktivitas outdoor dalam waktu yang lama.

Baca juga: 15 Seri Smartwatch Garmin dengan Ketahanan Baterai Terlama

4. Fitur Pendukung Lainnya

Spesifikasi Garmin Fenix 7 Pro (3)
sc: Garmin

Tak hanya fitur untuk olahraga dan kesehatan saja, generasi terbaru smartwatch untuk lari ini pun dibekali dengan sejumlah fitur pendukung. Misalnya saja dengan adanya tambahan LED flashlight untuk memberikan kenyamanan lari dan penggunaan aktivitas di malam hari. Cukup dengan menekan tombol backlight dua kali untuk mengaktifkan lampu ini.

Garmin Fenix 7 Pro dan Epix Pro (Gen 2) juga dapat digunakan untuk pembayaran tanpa sentuh menggunakan fitur Garmin Pay di beberapa regional yang mendukung. Anda pun bisa mengaktifkan musik saat olahraga di Spotify, Deezer, dan Amazon Music melalui smartwatch. Sehingga membuat olahraga lebih semangat.

Di samping itu terdapat pula fitur app-store. Itu artinya, Anda dapat menginstall aplikasi Connect IQ dari smartwatch. Kemudian, cukup lakukan sinkronisasi dari smartwatch. Untuk navigasi, keduanya mendukung untuk GPS multifrekuensi dengan menggunakan Garmin SatIQ untuk mengidentifikasi jaringannya.

5. Harga yang Dipasarkan

Spesifikasi Garmin Fenix 7 Pro (2)
sc: Garmin

Terakhir adalah perbandingan mengenai harga Garmin Fenix 7 Pro vs Garmin Epix Pro. Keduanya dipasarkan di Indonesia dengan harga yang berbeda-beda. Dimana ini tergantung pada jenis ukuran. Selain itu, juga dipengaruhi oleh kebijakan pajak atas barang impor yang masuk ke tanah air. Adapun harga Garmin Fenix 7 Pro adalah:

  • Garmin Fenix 7 Pro: Rp16 jutaan
  • Garmin Fenix 7S Pro: Rp16 jutaan
  • Garmin Fenix 7X Pro: Rp17 jutaan

Sementara, untuk seri Garmin Epix Pro (Gen 2) harganya adalah:

Baca juga: Spesifikasi Garmin Fenix 7 Pro: Apa Saja yang Baru?

Mana yang Tepat untuk Anda?

Spesifikasi Garmin Fenix 7 Pro (7)
sc: DC Rainmaker

Lantas, mana yang tepat untuk Anda dari kedua jam tangan terbaik Garmin ini? Semuanya tergantung pada budget dan kebutuhan penggunaan yang Anda inginkan. Apabila lebih mengedepankan ketahanan baterai dan tidak terlalu mempertimbangkan budget, maka Epix Pro adalah pilihan tepat. Sebab, memiliki ketahanan baterai yang lebih lama hingga layar lebih cerah untuk aktivitas luar ruangan.

Namun, jika penggunaannya lebih kepada kebutuhan aktivitas lari, petualangan sehari-hari, dan aktivitas ultramarathon Garmin Fenix 7 Pro bisa dijadikan pilihan. Termasuk dari segi harga yang lebih rendah dari Epix Pro (Gen 2). Ini karena fitur pengisian daya dengan cahaya matahari dapat menambah masa pemakaian baterai. Layarnya juga mudah dibaca di bawah sinar matahari langsung. Tentu, ini karena adanya tipe layar MIP yang disematkannya.

Baca juga: Garmin Fenix 7 vs Fenix 7 Pro: Apa Saja Perbedaannya?

Penutup

Garmin Fenix 7 Pro vs Garmin Epix Pro (1)
sc: YouTube/Garmin

Apapun pilihannya, pastikan Anda membelinya di tempat terpercaya. Hal ini untuk memberikan kenyamanan dan garansi produk yang diberikan. Salah satunya adalah Doran Gadget. Sebagai official store  Garmin SurabayaGarmin JakartaGarmin SemarangGarmin BaliGarmin Banjarmasin dan Garmin Manado, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Dapatkan pula promo menarik di waktu tertentu untuk setiap pembelian di store, website, marketplace, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut mengenai produk hubungi kami via WhatsApp di sini dan follow Instagram kami untuk melihat promo yang berlangsung.

Artikel terkait:

×