Garmin Enduro vs Fenix 7

Garmin WatchGarmin Enduro dan Garmin Fenix 7 adalah dua seri jam tangan yang dirancang khusus untuk menemani aktivitas outdoor penggunanya. Dalam hal ini khususnya seri Fenix 7X Solar. Lalu, seperti apa perbandingan antara Garmin Enduro vs Fenix 7 ini? Berikut ulasannya yang dihimpun oleh tim Doran Gadget dari berbagai sumber yang perlu Anda tahu sebelum memilih mana yang terbaik sesuai kebutuhan.

Spesifikasi Umum Garmin Enduro vs Fenix 7

Garmin Enduro vs Fenix 7 (2)

Sebelum mengetahui perbandingan dari segi fitur, ada baiknya Anda mengetahui spesifikasi secara umum kedua jam tangan Garmin yang khusus dirancang untuk aktivitas outdoor ini. Selengkapnya ada di tabel berikut:

 Spesifikasi  Garmin Enduro  Garmin Fenix 7X Solar
 Material Bezel  Stainless steel or Diamond-like Carbon (DLC) coated titanium  Stainless steel
 Material Lensa  Power Glass  Power Glass
 Material Case  Fiber yang diperkuat dengan polymer dan pelindung dari bahan metal  Fiber yang diperkuat dengan polymer dan pelindung dari bahan metal
 Material Strap  Ultra light-weight elastic nylon hook and loop  Silikon
 Dimensi  51 x 51 x 14.9 mm  51 x 51 x 14.9 mm
 Fitur Touchscreen  Tidak  Ya
 Ukuran Layar  1.4″ (35.56 mm) diameter  1.4″ (35.56 mm) diameter
 Resolusi Layar  280 x 280 pixels  280 x 280 pixels
 Tipe Layar  Sunlight-visible, transflective memory-in-pixel (MIP)  Sunlight-visible, transflective memory-in-pixel (MIP)
 LED Flashlight  Tidak  Ya
 Ketahanan Air  10 ATM  10 ATM
 Memori  64 MB  16 MB

Baca juga: Review Jam Garmin Enduro – Desain, Baterai, dan Fitness Tracker

Fitur Garmin Enduro vs Fenix 7

Garmin Enduro vs Fenix 7 sama-sama memiliki ketahanan yang cukup tangguh. Terutama saat digunakan di alam terbuka atau aktivitas outdoor. Melansir dari laman Gadgets and Wearables setidaknya ada empat perbandingan dari segi fitur yang cukup mencolok dari keduanya. Baik itu mulai dari segi desain, ketahanan baterai, hingga fiturnya. Termasuk harga yang ditawarkan di Indonesia.

1. Desain

harga garmin fenix 7 (2)

Pertama dari segi desain kedua jam tangan ini. Seri Fenix 7 hadir dalam varian yang cukup beragam baik seri Solar maupun Sapphire, termasuk ukurannya terdiri dari tiga ukuran. Yakni seri ‘S’ untuk Anda yang memiliki pergelangan tangan kecil dan seri ‘X’ yang dikhususkan bagi pengguna dengan pergelangan tangan berukuran besar. Sementara itu, Garmin Enduro hanya memiliki satu ukuran saja dengan dua varian yang berbeda.

Dari segi dimensi secara fisik, memang keduanya memiliki kesamaan dengan ukuran 51 x 51 x 14.9 mm. Begitu pula dengan resolusi dan tipe layar yang menggunakan MIP. Kemudian, dari segi bezelnya Garmin Enduro terdiri dari dua jenis baik itu menggunakan Diamond-like Carbon (DLC) dan stainless steel. Sedangkan pada Fenix 7 hadir dengan titanium dan stainless steel.

Garmin Enduro memang lebih ringan dengan strap stainless steel bobotnya 72 gram dan strap titanium yang hanya 58 gram. Fenix 7 memiliki bobot sekitar 79 gram, dan untuk varian Sapphire Solar beratnya 73 gram. Keunggulan lainnya adalah, Garmin mengembangkan strap dengan bahan nilon yang elastis.

2. Ketahanan Baterai dan Sensor

Jam Garmin Enduro

Perbandingan selanjutnya antara Garmin Enduro vs Fenix 7 yang terpenting adalah dari segi ketahanan baterainya. Untuk lebih lengkapnya mengenai perbandingan baterai kedua jam tangan ini bisa Anda lihat dalam tabel berikut:

 Mode Baterai  Garmin Enduro  Garmin Fenix 7X Solar
 Smartwatch  Hingga 50 hari dan 65 hari dengan tenaga surya  Hingga 28 hari dan 37 hari dengan tenaga surya
 GPS  Hingga 70 jam dan 80 jam dengan tenaga surya  Hingga 89 jam dan 122 jam dengan tenaga surya
 Maksimal Mode GPS  Hingga 200 jam dan 300 jam dengan tenaga surya  Hingga 213  jam dan 578  jam dengan tenaga surya
 Hemat Daya  Hingga 130 hari dan 1 tahun dengan tenaga surya  Hingga 90 hari dan lebih dari 1 tahun dengan tenaga surya
 Ekspedisi  Hingga 65 hari dan 95 tahun dengan tenaga surya  Hingga 62 hari dan 139 hari dengan tenaga surya
 Mode Satelit Aktif

 Hingga 63 jam dan 77 jam dengan tenaga surya
 Mode Satelit dengan Musik

 Hingga 16  jam

Dari tabel di atas dapat dilihat jika Garmin Enduro memang sedikit lebih unggul dibanding Fenix 7. Namun, di sisi lain Fenix 7 juga unggul karena dapat digunakan dalam banyak mode baterai dengan ketahanan yang tak terlalu berbeda jauh dengan Enduro.

Baca juga: Resmi Rilis, Ini Harga Garmin Fenix 7

3. Garmin Enduro vs Fenix 7 – Fitur Pintar dan Pemantau Aktivitas

Garmin Enduro vs Fenix 7 (1)

Dilihat dari segi fitur yang dimiliki antara Garmin Enduro vs Fenix 7 sebenarnya tidak terdapat perbedaan signifikan. Khususnya untuk fitur dasar. Hanya saja yang paling terlihat ialah, Garmin Enduro tak dilengkapi dengan fitur musik, WiFi dan peta. Selain itu, pada Garmin Fenix 7X juga dilengkapi dengan lampu senter yang bisa digunakan dalam kondisi gelap. Beberapa perbedaan lainnya dari kedua jam tangan ini juga bisa dilihat pada tabel berikut:

 Fitur  Garmin Enduro  Garmin Fenix 7X Solar
 Health Snapshot  Tidak Ada  Ya
 Connect IQ Store (On-device)  Tidak Ada  Ya
 Realtime settings sync Garmin Connect (Mobile)  Tidak Ada  Ya
 Fitur musik  Tidak Ada  Ya
 Penyimpanan Musik  Tidak Didukung  Hingga 2000 lagu
 Koneksi dengan Aplikasi Garmin Golf  Tidak Ada  Ya
 Realtime Stamina  Tidak Ada  Ya
 HIIT Workout  Tidak Ada  Ya

4. Harga

Garmin Enduro vs Fenix 7

Terakhir ialah mengenai harga dari kedua jam tangan tersebut. Garmin Enduro memang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Fenix 7X. Misalnya saja harga yang dijual di distributor resmi seperti Doran Gadget. Untuk Garmin Enduro dibanderol seharaga Rp11.9 jutaan.

Sementara, untuk Garmin Fenix 7X dijual dengan harga yang lebih tinggi. Khususnya untuk seri Solar dibanderol mulai dari Rp16 jutaan hingga Rp20 jutaan. Harga tersebut telah sesuai dengan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan jam tangan tersebut.

Baca juga: 5 Kegiatan Outdoor Favorit yang Menyehatkan

Kesimpulan

Garmin Enduro vs Fenix 7 (3)

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan antara Garmin Enduro vs Fenix 7 adalah jam tangan terbaik untuk aktivitas outdoor Anda. Jika Anda menginginkan jam tangan dengan fitur terbaik dan lengkap, maka Garmin Fenix 7 adalah pilihan yang tepat. Sedangkan jika pertimbangannya adalah harga, Garmin Enduro merupakan piilihan tepat. Hanya saja fiturnya tak selengkap Fenix 7S, termasuk fitur peta, WiFi, dan musik.

Apapun pilihannya, yang terpenting adalah belilah di tempat terpercaya. Salah satunya adalah di Doran Gadget selaku authorized dealer Garmin Surbaya, Garmin Jakarta, Garmin Bali, dan Garmin Semarang. Selain mendapatkannya di jaringan store kami, Anda juga bisa membelinya di marketplace, website dan aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

× WhatsApp