DJI Air 3 vs Air 2S vs Mini 3 Pro - FI

DJI IndonesiaDJI Air 3 vs Air 2S vs Mini 3 Pro masuk sebagai jajaran drone terbaik dari DJI saat ini. Khususnya untuk fotografi dan videografi. Bagi Anda yang masih bimbang dalam memilih mana yang terbaik dari ketiganya, ada baiknya simak artikel yang telah kami rangkum berikut secara tuntas. Sehingga, Anda dapat membandingkan mana drone yang tepat sesuai kebutuhan dan penggunaan Sobat Doran.

Perbandingan DJI Air 3 vs Air 2S vs Mini 3 Pro

Setidaknya, ada lima faktor utama untuk melihat perbandingan ketiga drone terbaik DJI ini. Mulai dari segi desain, performa, kamera, hingga berbagai fitur pintar yang dimiliki dan harganya.

1. Desain dan Portabilitas

sc: DJI

Perbandingan pertama adalah dari segi desainnya. Sekilas memang model ketiganya tidak jauh berbeda. Namun, dari ukuran atau dimensi dan bobotnyalah yang membedakan. Hal tersebut bisa dilihat dari tabel di bawah ini:

DJI Air 3 DJI Mini 3 Pro DJI Air 2S
729 gram < 249 gram 595 gram
Dilipat:
207×100.5×91.1 mm
Dilipat:
145×90×62 mm
Dilipat:
180×97×77 mm

Dari segi bobot dan desain yang compact, DJI Mini 3 Pro memang unggul. Sehingga lebih portable dan mudah dibawa ke mana saja. Di sisi lain, walaupun DJI Air 3 memiliki ukuran paling besar di antara ketiganya, namun masih dapat dilipat dan memiliki portabilitas yang tinggi ketika dimasukkan ke dalam tas khusus saat traveling.

Baca juga: Spesifikasi DJI Mini 3 Pro dan Fitur Unggulannya

2. Sektor Kamera

Review DJI Air 3 - 2
sc: Slash Gear

Selanjutnya dari sektor kamera. Bagian ini menjadi pertimbangan penting untuk memilih drone. Terlebih jika menggunakannya untuk keperluan fotografi dan videografi profesional. Adapun perbandingan kamera tersebut yakni:

DJI Air 3 DJI Mini 3 Pro DJI Air 2S
1/1.3″ CMOS Wide-Angle Camera
1/1.3″ CMOS 3x Medium Tele Camera
1/1.3” CMOS 1” CMOS
4K/100fps 4K/60fps 5.4K/30fps
48 MP 48 MP 20 MP
D-Log M/HLG D-Cinelike Normal

Berbicara mengenai segi kamera, DJI Air 3 memimpin di tempat pertama. Sebab, di drone ini memiliki sistem kamera ganda pertama dalam seri Air, dengan menyematkan kamera wide-angle 1/1,3 inci-CMOS dan kamera medium tele 3x 1/1,3 inci-CMOS. Walaupun memiliki sensor yang sama, namun panjang fokusnya berbeda. Hasilnya kualitas gambar lebih konsisten dan pengambilan gambar dinamis lebih baik.

Di samping itu, kedua kamera DJI Air 3 memiliki resolusi 48MP yang begitu detail dan memberikan pengalaman pasca produksi yang semakin mudah dan cepat tanpa banyak proses editing. Dengan sensor 1/1.3 inci CMOS mendukung untuk dua-native ISO dan menghasilkan video dalam resolusi 4K60fps HDR tanpa proses cropping. Tentu, membuat vibrant warna lebih variatif dan transisi yang lebih smooth.

Sementara, DJI Air 2S memiliki sensor berukuran 1 inci dengan besaran 2.4μm pixels. Walaupun sama-sama menghasilkan hasil bidikan foto yang tidak kalah bagus, namun hanya mendukung satu kamera. Adanya Meski begitu, tetap saja drone ini tidak mendukung untuk melakukan pengambilan gambar yang lebih dinamis.

Bagaimana dengan DJI Mini 3 Pro? Walaupun sudah menggunakan sensor 1/1.3 inci CMOS, di sisi lain masih memiliki keterbatasan dalam hal kualitas gambar. Namun, ini masih terbilang standar dan dapat digunakan oleh para pemula.

3. DJI Air 3 vs Air 2S vs Mini 3 Pro: Performa

Review DJI Air 3 - 5
sc: Scandinavian Photo

Ketiga adalah perbandingan mengenai performa dan penerbangan DJI Air 3 vs Air 2S vs Mini 3 Pro. Poin ini menyangkut lama terbang drone di udara, kemampuan melewati rintangan, dan transmisinya yang bisa dilihat di bawah ini:

DJI Air 3 DJI Mini 3 Pro DJI Air 2S
46 menit di udara 47 menit di udara 31 menit di udara
Omnidirectional Obstacle Sensing Tri-Directional Obstacle Sensing Obstacle Sensing in 4 Directions
DJI O4 DJI O3 DJI O3
20km,1080p/60fps Transmission 12km, 1080p/30fps Transmission 12km, 1080p/30fps Transmission

Sebenarnya, ketiga drone menawarkan performa penerbangan yang lama hingga di atas 30 menit. Hanya saja, pada DJI Air 3 memiliki fitur sensor rintangan yang lebih baik di berbagai sisi. Sehingga, penerbangan lebih aman dan nyaman. Termasuk performa penerbangan yang lebih lama hingga 46 menit.

Lama penerbangan di DJI Air 3 ini didukung dengan fitur power transfer yang membuat pengisian daya baterai lebih praktis dan efisien. Fitur pintar ini memastikan bahwa Anda memiliki baterai yang lebih terisi penuh, hal ini sangat berguna jika Anda mencoba untuk mendapatkan satu penerbangan penuh lagi dalam situasi di mana pilihan pengisian daya terbatas.

Pembaruan lainnya pada DJI Air 3 yakni mengenai transmisi videonya. Dengan mengadopsi sistem transmisi DJIO4, memberikan jarak jangkau lebih jauh hingga 20 kilometer dengan stabil. Selain itu, mendukung untuk video live dengan 1080p/60fps yang smooth.

Baca juga: Review Drone DJI Air 2S: Fitur, Spesifikasi, dan Harga

4. Fitur Pintar yang Dimiliki

sc: The Crunch

Selain kamera, drone juga dilengkapi dengan berbagai fitur pintar. Terutama fitur untuk memudahkan pengguna atau pilot mendapatkan hasil foto dan video terbaik yang didukung mode unggulan. Di antaranya adalah:

DJI Air 3 DJI Mini 3 Pro DJI Air 2S
ActiveTrack 5.0 ActiveTrack 4.0 ActiveTrack 4.0
MasterShots MasterShots MasterShots
Waypoint
Vertical Shooting

Jika dilihat dari tabel di atas, ketiga drone sudah dibekali fitur pintar untuk meningkatkan pengalaman penggunaan. Termasuk adanya ActiveTrack dimana drone dapat mengikuti subjek saat mengambil gambar. Begitu juga dengan fitur MasterShots yang memberikan hasil video terlihat lebih profesional dengan lebih cepat.

Di sini, DJI Air 3 memiliki fitur ActiveTrack 5.0 terbaru. Inilah yang memberikan penggunaan lebih luas dan fitur ini memiliki sensor secara bersamaan untuk mengidentifikasi dan membedakan subjek dari objek di sekitarnya. Selain itu, juga efektif mengunci subjek dalam frame. Berkat algoritma penginderaan, membuatnya lebih cepat dalam merespon subjek.

Satu hal yang menarik lainnya pada DJI Air 3 adalah fitur Waypoint yang merupakan pertama kalinya dipasangkan di drone Air Series. Fitur ini membuat gerakan pengambilan gambar dalam satu kali lebih menakjubkan. Di samping itu, Anda juga bisa menyimpan rute penerbangan untuk mengulangi gerakan yang sama di kemudian hari. Sehingga, memungkinkan untuk mengambil gambar dalam mode timelapse untuk durasi yang lama.

Di lain sisi, hal yang membuat DJI Mini 3 Pro unggul adalah memiliki fitur Vertical Shooting. Dimana gimbal pada drone dapat berputar hingga sudut 90° pada saat pengambilan gambar. Khususnya untuk keperluan media sosial tanpa harus melakukan cropping maupun mengubah ukuran.

5. Remote Controller

Review DJI Air 3 - 3
sc: Nextrift

Pengendalian dan penerbangan ketiga drone dilakukan dengan menggunakan remote controller dari DJI. Hanya saja, kompatibilitas remote ini berbeda-beda di setiap jenis drone yakni:

  • DJI Air 3: menggunakan remote DJI RC 2
  • DJI Mini 3 Pro: menggunakan remote DJI RC
  • DJI Air 2S: menggunakan remote DJI RC

DJI RC 2 memiliki peningkatan performa yang lebih unggul jika dibandingkan dengan DJI RC. Khususnya dalam hal pengoperasian yang smooth. Begitu juga dengan transmisi videonya yang ditingkatkan dengan sistem antena terbaru dari 1T2R ke 2T4R.

Selain itu, DJI RC2 mendukung untuk sistem transmisi DJIO4 pada Air 3. Ini dimungkinkan berkat dukungan dua antena dan dua antena eksternal. Sehingga, memudahkan dalam penyesuaian sudut ganda yang optimal.

Baca juga: Mengenal Fungsi Tombol Remote Controller Drone

6. Harga

Review DJI Air 3
sc: DJI

Perbandingan yang terakhir adalah dari segi harga yang dijual di Indonesia. Tentu, perbedaan harga ini tergantung pada fitur-fitur yang ditawarkan ketiganya. Adapun harga ketiga drone tersebut di antaranya adalah:

  • DJI Air 3 DJI Air 3 Fly More Combo (DJI RC 2): Rp23.4 – Rp23.6 Jutaan
  • DJI Air 3 Fly More Combo (DJI RC-N2): Rp21.1 – Rp21.3 jutaan
  • DJI Air 3 Basic (DJI RC-N2): Rp17.5 – Rp17.7 jutaan
  • DJI Mavic Air 2S Basic: Rp16.1 – Rp16.3 jutaan

Sementara itu, untuk DJI Mini 3 Pro sebagai berikut:

  • DJI Mini 3 Pro: Rp12.1 – Rp12.3 jutaan
  • DJI Mini 3 Pro with RC: Rp14.7 – Rp14.9 jutaan

Sebagai catatan, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu mengeceknya secara berkala sebelum membeli agar mendapatkan harga terbaik.

Mana yang Terbaik?

sc: DJI

Lantas, mana yang terbaik antara DJI Air 3 vs Air 2S vs Mini 3 Pro? Ini tentunya tergantung pada kebutuhan dan penggunaan. Apabila pertimbangannya adalah harga dan desain ergonomis, maka DJI Mini 3 Pro bisa dipilih. Sebab, drone ini memiliki bobot yang paling ringan di antara yang lain. Termasuk bagi para pemula.

Akan tetapi, jika lebih mempertimbangkan pada performa kamera dan fitur seperti sensor rintangan hingga lainnya, DJI Air 3 adalah pilihan tepat. Khususnya bagi para pengguna di tingkat intermediate maupun profesional.

Tanpa mengesampingkan DJI Air 2S, sebenarnya drone ini juga tidak kalah kaya fitur unggulan. Hanya saja, DJI Air 3 adalah hasil penyempurnaan dari seri Air 2S. Dengan kata lain terdapat sejumlah pembaruan yang mungkin Anda perlukan untuk hasil lebih baik.

Baca juga: Review Drone DJI Air 3: Hadir dengan Dual Camera 4K Terbaru

Penutup

Perbedaan DJI Mini 3 Pro vs DJI Mini 2 vs Mavic Air 2 (2)
sc: Drone DJ

Selain membeli sesuai dengan kebutuhan, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah tempat membelinya. Pastikan Anda membeli di tempat terpercaya. Salah satunya Doran Gadget sebagai mitra resmi DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI BaliDJI Manado, dan DJI Banjarmasin,.

Semua barang yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada berbagai promo menarik yang bisa Anda dapatkan di waktu tertentu. Informasi lebih lanjut dan konsultasi seputar produk hubungi kami via WhatsApp admin Doran Gadget.

Artikel terkait:

×