Bukan Jakarta, Ini Provinsi yang Memiliki Koneksi Internet Tercepat

03. internet tercepat

Doran GagdetInternet tercepat menjadi hal yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini. Mulai dari aktivitas untuk menunjang pekerjaan hingga kebutuhan gaya hidup era digital. Namun, provinsi manakah yang memiliki predikat intenet dengan kecepatan tinggi di Indonesia?

Baru-baru ini, Speedtest yakni aplikasi untuk mengukur kecepatan internet dari Ookla membeberkan hasil analisis kinerja internet seluler di Indonesia pada Kuartal I-II 2021. Adapun provider yang di survei ini adalah Telkomsel, Indosat Ooreedoo, XL Axiata, dan Smartfren. Berikut hasilnya yang dirangkum oleh tim Doran Gadget.

Provinsi dengan Internet Tercepat untuk Download

01. internet tercepat

Indikator dalam mengukur provinsi dengan internet tercepat yang dilakukan salah satunya adalah melihat seberapa kencang kecepatan download dari provider. Data yang ada menunjukkan, kecepatan download super ngebut mencapai 19 Mbps. Setidaknya, ada empat provinsi yang dinilai memiliki kecepatan tersebut, di antaranya adalah:

  • Papua Barat dengan kecepatan 20,14 Mbps
  • Bali memiliki kecepatan download 19,68 Mbps
  • Maluku kecepatan download 19,43 Mbps
  • Provinsi Gorontalo dengan kecepatan 19,32 Mbps

Tak hanya itu saja, juga terdapat empat provinsi lain yang dinilai memiliki kecepatan download yang lambat yakni kurang dari 11 Mbps. Keempatnya adalah Jambi 9,20 Mbps, Lampung 9,29 Mbps, Kalimantan Tengah 9,90 Mbps, dan Sumatera Barat dengan keceatan 10,64 Mbps.

Baca juga: 7 Handphone 5G di Indonesia dengan Spesifikasi Mumpuni

Provinsi dengan Internet Tercepat untuk Upload

04. internet tercepat

Selain mengukur internet tercepat dari segi download, Speedtest juga melakukan pengukuran kecepatan ini dengan melihat segi upload. Dari hasil pengamatan, 23 provinsi di tanah air memiliki rata-rata kecepatan dalam hal upload data sekitar lebih dari 7,5 Mbps. Di mana, dari provinsi-provinsi tersebut setidaknya ada empat provinsi dengan internet tercepat dengan rata-rata kecepatan uploadnya mencapai di atas 12,5 Mbps, yakni:

  • Provinsi Papua Barat dengan kecepatan12,97 Mbps
  • Nusa Tenggara Timur memiliki kecepatan hingga 12,89 Mbps
  • Kepulauan Bangka Belitung dengan kecepatan upload 12,84 Mbps
  • Bali memiliki kecepatan 12,55 Mbps

Beberapa provinsi lainnya memiliki kecepatan upload di bawah rata-rata nasional. Misalnya saja Sumatera Barat 6,92 Mbps, Jawa Tengah 7,34 Mbps, dan terakhir ada provinsi Maluku Utara dengan kecepatan 7,36 Mbps.

Provider Seluler Berperan Penting

05. internet tercepat

Internet tercepat di beberapa provinsi tersebut dapat berjalan dengan baik dengan dukungan dari pihak provider internet itu sendiri. Saat ini, di tanah air provider Telkomsel memang menyandang predikat provider terbaik dengan internet tercepat dalam hal download maupun upload.

Sebagaimana dilaporkan dalam sebuah riset Speedtest, kecepatan rata-rata download hingga 15,64 Mbps. Sedangkan untuk kecepatan uploadnya sendiri mencapai 10,55 Mbps. Bila dilihat lagi, kecepatan tersebut memang bisa dibilang tinggi jika dibanding provider pesaingnya.

Di sisi lain, untuk provider dengan jangkauan terluas di Indonesia dipegang oleh Smartfren. Hal itu bisa dilihat dari ketersediaan dari jaringan 4G-nya yang merata di berbagai daerah dengan persentase mencapai 94,5%. Jelas, ketersediaan ini mengalahkan provider besar lainnya seperti Indosat dengan 90,9%, Tri 89,2%, XL Axiata sebanyak 87,8%, dan Telkomsel yang masih 87,3%. Secara umum, ketersediaan jaringan 4G LTE di tanah air kini sudah mencapai angka 89,2%.

Baca juga: Susul Telkomsel, Indosat Turut Jadi Penyedia Jaringan 5G Indonesia

Akses Konten Internet Tercepat dengan Gadget Terbaik

01. router wifi

Seberapapun koneksi internet tercepat di berbagai provinsi, selain dipengaruhi oleh provider juga dipengaruhi oleh perangkat atau gadget yang Anda gunakan. Misalnya saja penggunaan smartphone dengan fitur terkini dengan versi sistem operasi terbaru. Begitu pula dengan perangkat penerima dan penyalur jaringan internet yang digunakan seperti router maupun modemnya.

Anda bisa mendapatkan perangkat pendukung tersebut di tempat terpercaya seperti Doran Gadget. Semua perangkat router, smartphone, modem, dan pendukung lainnya merupakan barang asli dengan garansi resmi dari pabrikan. Dapatkan pula kesempatan mendapatkan harga terbaik dalam promo khususnya.

Informasi lebih lanjut, Anda bisa join di channel Telegram Doran Gadget atau bisa hubungi CS kami melalui WhatsApp dengan cara klik di sini.

× WhatsApp