Telkomsel Jadi Penyedia Layanan 5G Indonesia Pertama

5G Indonesia

Doran Gadget5G Indonesia datang juga! Telkomsel menjadi provider pertama yang memberikan layanan sinyal 5G di Indonesia ini. Hal ini secara resmi diumumkan kemarin (27/05), setelah Telkomsel dinyatakan lulus Uji Layak Operasi (ULO) untuk jaringan 5G.

Ini mengesahkan posisi Telkomsel sebagai provider pertama yang mampu memberikan layanan 5G di Indonesia. 

Sinyal 5G Telkomsel Jadi yang Pertama di Indonesia

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Telkomsel telah menjalani ULO 5G mulai 19 hingga 21 Mei 2021. Setelah menjalani pengujian sinyal selama 3 hari, Telkomsel dinyatakan layak untuk menggelar 5G di Indonesia.

Pada tanggal 24 Mei 2021, Telkomsel menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kementerian Kominfo. Dengan demikian, jaringan 5G dari Telkomsel sudah bisa dinikmati di Indonesia.

Pada tahap awal, Telkomsel memanfaatkan frekuensi spektrum 2.3GHz untuk menghadirkan sinyal 5G kepada para pelanggan. Telkomsel juga sudah mendapatkan alokasi tambahan 20 MHz untuk mempercepat penyelenggaraan 5G dari Telkomsel agar bisa dinikmati di berbagai daerah.

Dalam menyelenggarakan 5G Indonesia, Telkomsel akan memenuhi regulasi yang berlaku, sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2010 

Cek Lokasi Sinyal 5G Indonesia dari Telkomsel

5G Telkomsel

Karena keberadaan 5G masih sangat awal dan baru saja diterapkan mulai Mei 2021 ini, tentu saja belum bisa menjangkau semua daerah. Bahkan di Jakarta saja, jaringan 5G dari Telkomsel baru bisa dinikmati terbatas di 6 area perumahan saja di Jabodetabek. Tepatnya di Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, BSD, kawasan Alam Sutera, dan Widya Chandra Jakarta.

Bagaimana dengan Anda yang tinggal di luar Jabodetabek?

Sebagai “pemanasan”, Telkomsel menyediakan hotspot yang tersedia di sejumlah Grapari Telkomsel seperti di:

  • Grapari GTG Medan, Sumatera Utara
  • Grapari Batam Centre, Kepulauan Riau
  • Grapari Terminal 3 Soekarno Hatta, DKI Jakarta
  • Grapari Solo, Jawa Tengah
  • Grapari Pemuda Surabaya, Jawa Timur
  • Grapari Renon, Denpasar
  • Grapari Balikpapan, Kalimantan Timur
  • Grapari Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan

Kabar baiknya, pelanggan Telkomsel bisa langsung menikmati kekencangan jarngan 5G secara otomatis. Hal ini dikonfirmasi secara langsung oleh Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro. Pelanggan yang sudah menggunakan kartu 4G Telkomsel tidak perlu mengganti dengan kartu SIM yang baru.

Sudah Punya HP 5G Belum?

HP 5G

Sinyal 5G sudah siap, apa lagi yang kamu butuhkan? Tentu saja adalah HP 5G terbaik yang bisa menunjang kecepatannya. Asal tahu saja, tidak semua smartphone bisa digunakan untuk 5G lho. Kamu bisa cek rekomendasi HP apa saja yang mendukung jaringan 5G.

Mau tahu update terbaru tentang jaringan 5G dan info lainnya seputar teknologi? Join sekarang yuk di channel Telegram Doran Gadget!