Susul Telkomsel, Indosat Turut Jadi Penyedia Jaringan 5G Indonesia

Jaringan 5G Indonesia

Doran GadgetPenyedia layanan jaringan 5G Indonesia bertambah lagi. Setelah Telkomsel mengumumkan uji coba sinyal cepat tersebut di beberapa kawasan Jabodetabek dan sejumlah titik di kota-kota besar di Indonesia, kini giliran Indosat yang dikabarkan sudah meraih SKLO.

SKLO sendiri merupakan singkatan dari Surat Keterangan Laik Operasi, tahapan yang harus dilalui oleh semua operator yang ingin mengoperasikan jaringan 5G di Indonesia. Untuk mendapatkannya, operator harus lolos ULO atau Uji Laik Operasi.

Indosat Sudah Selesaikan Uji Jaringan 5G Indonesia

Proses yang dilalui untuk komersialisasi layanan 5G memang tidak mudah dan memerlukan waktu. Indosat sendiri sudah  memulai uji kelayakan ini sejak awal Juni 2021 dan sudah hampir menyelesaikan semua tahapan-tahapan yang diharuskan.

Menkominfo Johnny G. Plate mengungkapkan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menerbitkan SKLO kepada PT. Indosat Oredoo. Area yang menjadi uji coba awal antara lain adalah Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Selatan yang menjadi bagian Jakarta Pusat.

Dengan diterbitkannya surat tersebut, maka Indosat sah menjadi penyedia layanan jaringan 5G di Indonesia, menyusul jaringan 5G Telkomsel yang telah lebih dulu diresmikan.

Layanan 5G Indonesia Diharapkan Menjembatani Kesenjangan Sosial

Keberadaan sinyal 5G lebih dari sekedar kemajuan di bidang teknologi saja. Menkominfo berharap layanan 5G mampu mendorong perkembangan dan kemajuan masyarakat di bidang sosial dan ekonomi masyarakat.

Selain itu, sinyal 5G Indonesia diharapkan mampu menjembatani kesenjangan digital dan meningkatkan kemampuan literasi masyarakat dalam hal penggunaan teknologi untuk kehidupan mereka sehari-hari. Dalam skala nasional, peningkatan kecepatan internet diharapkan bisa mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Pengembangan teknologi AI dan IoT (internet of things) diperkirakan akan semakin pesat dengan hadirnya 5G, sehingga pada gilirannya dapat mendukung kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

Beda Layanan 5G Indosat dan Jaringan 5G Telkomsel

Sama-sama menyediakan layanan 5G, lalu apa beda 5G Indosat dan 5G dari Telkomsel? Kedua operator tersebut menggunakan frekuensi berbeda. Jika Telkomsel menggunakan frekuensi 2,300 MHz, maka Indosat ada di frekuensi 1,800 MHz. Sementara untuk lebar pita yang digunakan adalah 20 MHz dengan band n3 saja. Dengan perbedaan ini, maka sinyal 5G Indosat lebih mudah didapatkan ketimbang Telkomsel.

Rasakan Kecepatan Sinyalnya, Siapkan Dulu Smartphone 5G-nya

Jika Anda ingin turut merasakan kehadiran jaringan 5G Indonesia yang tidak akan lama lagi, Anda membutuhkan smartphone yang mumpuni juga. Kini sudah banyak smartphone 5G dengan rentang harga mulai dari Rp 2 jutaan, 3 jutaan, hingga 4 jutaan

Semoga saja setelah ini ada HP 1 jutaan yang sudah bisa 5G ya! Mau tahu mulai kapan kita bisa merasakan layanan 5G dari Indosat? Join dulu di channel Telegram Doran Gadget sekarang juga!