chipset mediatek - pentonic 2000 (3)

Doran GadgetKetika memilih smartphone, selain kapasitas penyimpanan dan fitur canggih, hal penting yang harus diperhatikan adalah prosesor. Bisa dibilang prosesor sebagai ‘mesin utama’ dari smartphone untuk menjalankan aplikasi maupun fitur lainnya.

Saat ini memang ada beberapa prosesor HP terbaik dengan performa tinggi. Terutama untuk bermain game berukuran besar sekalipun. Dengan prosesor terbaik ini, Anda tak perlu khawatir mengalami ngelag saat bermain game. Hal itu karena prosesor-prosesor tersebut dijamin lebih stabil. Apa saja prosesor terbaik ini?

Deretan Prosesor HP Terbaik

Berikut beberapa pilihan prosesor HP terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk dipilih dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

1. Apple A16 Bionic 

Apple A16 Bionic 

Chipset terbaru dari Apple ini disebut masih jadi yang terbaik dan mampu mengalahkan Snapdragon Snapdragon 8+ Gen 1. CPU nya naik 17% dibanding sebelumnya dan performa GPUnya meningkat hingga 28%. Apple juga menyematkan teknologi AI terbaru untuk hasil foto yang lebih baik. 

A16 Bionic menggunakan 6 core yang terdiri dari dua core performa pada frekuensi 3.64 GHz dan sisanya pada kecepatan 2.02 GHz. Memiliki fabrikasi 4nm untuk perfroma yang lebih cepat, lebih oke, bahkan untuk multitasking dan memainkan game dengan grafis tinggi. 

2. Snapdragon 8 Gen 2 

Qualcomm memperkenalkan chipset terbarunya ini pada 16 November 2022 dan sudah digunakan pada banyak smartphone. Chipset satu ini medukung RAM LPDDR5x dengan memori internal UFS 4.0, WiFi 7, dan GPU Adreno 740 yang mendukung akselerasi ray tracing dan codec AV1 secara hardware. 

Memiliki fabrikasi 4nm, dan memiliki pendingkatan dibanding sebelumnya dengan CPU yang lebih kencang 35% dan lebih irit 40%. Sedangkan untuk GPU lebih kencang 25% dengan konsumsi daya 45% lebih hemat. Sudah mendukung refresh rate 144Gz dan kamera 200MP dengan prosesor AI hexagon yang mengalami peningkatan kemampuan dan efisiensi 60% dibandingkan sebelumnya. 

Baca Juga: Chipset Mediatek Dimensity 9000 Diluncurkan, Apa Istimewanya?.

3. Dimensity 9200

Dimensity 9200

Chipset terbaru dari MediaTek ini memiliki fabrikasi 4nm dan sudah digunakan pada Vivo X90 series. Memberikan peningkatan dibanding sebelumnya dengan skor single core dan multi core yang lebih baik dibanding Dimensity 9000. Konsumsi dayanya juga lebih irit 15% dibanding pendahulunya. 

Mendapatkan peningkatan grafis 32% dengan konsumsi daya yang sama, GPUnya sudah mendukung teknologi ray traching berbasis hardware seperti GPU komputer ditambah porseor AI yang 35% lebih baik dibandingkan APU generasi 4. Sudah mendukung refresh rate 240Hz untuk full HD+. Menjadi SoC pertama yang kompatibel dengan RAM LPDDR5x. 

4. Google Tensor 2  

Chipset terbaru dari Google ini sudah digunakan pada Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro. Memiliki fabriksi 5nm dengan prosesor octa core dan GPU Mali G710 MP07. Chipset satu ini juga telah memiliki TPU baru dengan efisiensi daya yang lebih baik. Diklaim mampu menghandle kamera dan tuas machine learning 60% lebih kencang dibanding generasi sebelumnya. 

Masih menggunan chip keamanan Titan M2 yang berbasis RISC-V untuk bridging sistem keamana pada perangkat dengan beberapa core pada CPU dengan jaminan update selama 4 tahun ke depan. Kinerja chipset satu ini diklaim tidak jauh berbeda dengan Snapdragon 888 atau Snapdragon 888+ milik Qualcomm. 

5. Snapdragon 8 Gen 1 

Penerus Snapdragon 888 dan 888+ ini juga langganan menjadi chipset untuk banyak ponsel flagship dari berbagai brand. Dimana kemampuan CPU-nya memiliki peningkatan 20% dibanding Snapdragon 888. Disebut chipset pertama yang memakai CPU Armv9 dan terdiri dari tiga kluster, yaitu Cortex-X2 dengan 3.0Ghz, kluster kedua dengan tiga core Cortex-X2 dengan 2.5GHz, dan kluster ketiga dengan empat core Cortex A510 pada kecepatan 1.8GHz. Sedangkan GPU-nya menggunakan Adreno 730.

6. Snapdragon 8+ Gen 1

Chipset yang baru saja diluncurkan pada kuartal ketiga 2022 ini sudah digunakan pada ponsel flagship ternama seperti GT2 Master Explore Editon, AUS ROG Phone 6, dan lainnya. Grafisnya naik 10% dibanding Snapdragon 8 Gen 1, chipsetnya mengalami peningkatan 30%, dan AI nya juga meningkat hingga 20%. Terdiri dari 8 inti CPU yang mencakup prime unit Kyro Prime, Gold, dan Silver. Dibantu dengan grafis Adreno 739 yang memiliki kecepatan hingga 900MHz.

Baca Juga: Resmi Meluncur, Ini Beda iPhone 13 vs iPhone 12

7. A15 Bionic

Prosesor HP Terbaik - Bionic A15

Beberapa waktu lalu, iPhone 13 diluncurkan dan langsung menyita perhatian publik. Kemunculan iPhone terbaru ini pun tak terlepas dari prosesor yang disematkannya. Yakni menggunakan A15 Bionic yang diklaim memiliki kinerja sangat tinggi. Selain itu, Apple juga membekali teknologi AI pada prosesor ini yang dapat digunakan dalam pemrosesan foto menjadi lebih baik.

Chipset A15 Bionic memiliki sekitar 15 miliar transistor. Jika melansir dari skor Geekbench, prosesor ini mendapatkan skor yang sangat fantastis di angka 4.772 multicore. Sedangkan untuk angka singlecore-nya adalah 1.746.

8. A14 Bionic

Prosesor HP Terbaik - Bionic A14

Terakhir ada prosesor dari Apple lainnya yakni A14 Bionic. Banyak pihak menyebut jika prosesor ini dapat dikatakan sebagai salah satu pesaing terberat dari Snapdragon. Ini bisa dilihat dari fabrikasi 5 nm yang dimilikinya dan terdapat 11.8 miliar transistor. Dengan begitu, akan membuat kinerjanya semakin kencang sampai 40% dan kecepatan GPU-nya lebih kencang 50%.

Di sisi lain, Bionic A14 memiliki multicore yang unggul dibandingkan Snapdragon 865+ pada benchmark-nya. Dari sebuah survei, hasilnya pun terlihat chipset dari Apple ini mampu dua kali lebih cepat dengan mengantongi poin 1596 poin. Sedangkan Snapdragon 865+ hanya mendapatkan 83 poin.

9. Exynos 2100 

Otak buatan Samsung ini dibangun dengan pabrikasi EUV 5nm yang disebut memiliki performa lebih stabil dan lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Sudah mendukung jaringan 5G dengan delapan core yang terbagi dalam tiga klaster. Dua prosesornya menggunakan Cortex-A78 dengan 2.8GHz, sedangkan sat lainnya menggunakan Cortex-X1 6 dengan kecepatan 2.9 GHz. grafisnya menggunakan ARM Mali-G78 MP14 dan mendukung resolusi gambar hingga 200MP.

10. Exynos 2200

Dibandingkan chipset sebelumnya, Exynos 2200 ini merupakan chipset petama yang dikembangkan Samsung yang bekerjasama dengan AMD. GPU dari AMD yang bernama Xclipse 920 ini memakai arsitektur RDNA 2 yang dipakai di PS5 dan Xbox series. Memiliki fabrikasi 4nm dan dirancang menggunakan teknologi Extreme Ultra Violet sehingga cocok jika digunakan untuk ponsel gaming. Dibekali prosesor CPU Armv9 dengan delapan inti yang terdiri dari Cortex-X2, Cortex-A710, dan Cortex-A510.

Baca juga: Spesifikasi Chipset Mediatek Pentonic 2000, Bikin Smart TV Lebih Berkualitas

Penutup

Hp gaming 1 jutaan, hp gaming,

Nah, itu dia Sobat Doran beberapa deretan prosesor HP terbaik saat ini. Dengan kapasitasnya yang mumpuni, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan di gadget. Khususnya dalam melakukan aktivitas yang memerlukan performa tinggi, seperti gaming, membuat video, dan sebagainya.

Kini, Anda bisa mendapatkan smartphone yang dibekali dengan prosesor terbaik di atas di Doran Gadget. Kami menjual barang asli atau original dengan garansi resmi dari pabrikan. Selain itu, Anda berkesempatan meraih banyak promo menarik di saat tertentu. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp, dan jangan lupa ikuti akun Instagram dan Telegram Doran Gadget dari smartphone sekarang juga.

Artikel terkait: