chipset mediatek - pentonic 2000 (2)

Doran GadgetSetelah beberapa waktu lalu chipset Mediatek Dimensity 9000 dirilis, kini muncul Mediatek Pentonic 2000. Perusahaan yang bermarkas di Taiwan ini meluncurkan chipset tersebut khusus untuk smart TV pada segmen flagship. Seperti apa keunggulan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan? Kapan mulai diluncurkan untuk smart TV secara global nanti? Doran Gadget telah merangkumnya untuk Anda.

Fitur dan Spesifikasi Chipset Mediatek Pentonic 2000

chipset mediatek - pentonic 2000 (1)

Pentonic 200 disebut-sebut sebagai salah satu chipset Mediatek terbaik nantinya. Pasalnya, chipset ini menggunakan fabrikasi 7nm pertama di dunia. Di samping itu, menjadi chipset komersial yang pertama memiliki dukungan Versatile Video Coding atau VVC yang bisa digunakan untuk konten video yang memiliki codec H.266.

Codec H.266 sendiri merupakan sebuah standar yang memiliki tingkat efisiensi kompresi lebih unggul jika dibanding generasi sebelumnya. Meski kualitas visualnya sama dengan H.265, namun soal ukuran file 50% lebih kecil dan inilah yang membuatnya lebih efisien. Pentonic 2000 dapat pula mendukung penggunaan codec lainnya yang tak kalah populer. Misalnya saja VP9, HEVC, maupun VS3. Bahkan mendukung untuk AV1 yang digunakan Netflix.

Mediatek Pentonic 2000 memiliki prosesor AI Mediatek TPU yang bisa mendukung 8K AI-Super Resolution. Teknologi ceras ini mampu untuk meningkatkatkan konten resolusi rendah yang dapat disesuaikan dengan resolusi layar yang asli. Ini juga akan memberikan kualitas gambar lebih nyata secara realtime.

Baca juga: Chipset Mediatek Dimensity 9000 Diluncurkan, Apa Istimewanya?

Fitur Layaknya Ponsel Terkini

chipset mediatek - pentonic 2000 (3)

Keunggulan dari chipset Mediatek Pentonic 2000 ini memiliki fitur tambahan lainnya layaknya smartphone kekinian. Misalnya dengan adanya storage UFS 3.0 untuk membuat performanya semakin kencang. Sebab, saat ini sebagian besar smart TV masih menggunakan eMMC dibandingkan storage tersebut.

Di samping itu, konektivitasnya pun sudah tak diragukan lagi. Contohnya saja sudah dilengkapi dengan koneksi WiFi 63. Para pengguna nantinya juga dapat menambahkan modem 5G yang membuat koneksinya semakin kencang dan menonton konten menjadi lebih lancar.

Kapan Chipset Mediatek Pentonic 2000 Hadir?

chipset mediatek - pentonic 2000

Dengan kemunculan chipset Mediatek Pentonic 2000 tentu menjadi harapan baru bagi para pecinta teknologi maupun pengguna audio visual di masa mendatang. Misalnya dalam membuat kualitas lebih baik seperti gambar yang tajam dan mumpuni digunakan untuk keperluan smart TV lainnya. Mengingat, saat ini pun banyak brand-brand menghadirkan smart TV yang menghadirkan resolusi terbaik misalnya di atas 4K.

Namun, yang menjadi pertanyaan juga adalah kapan chipset ini bakalan hadir dan disematkan pada perangkat. Diperkirakan nantinya Pentonic 2000 akan meluncur ke pasaran global di tahun 2022 mendatang. Namun, pihak Mediatek belum merilis secara pasti kapan tanggal dan bulan peluncuran tersebut. Termasuk vendor TV mana saja yang akan menggunakan chipset ini.

Baca juga: Kenali Perbedaan Smart TV dan Android TV Agar Tak Salah Pilih

Penutup

mediatek dimensity 9000 (2)

Sobat Doran, itulah beberapa fitur dan spesifikasi unggulan dari chipset Mediatek Pentonic 200 yang akan segera hadir di TV pintar. Seperti apa kemampuannya nanti, ini layak untuk kita tunggu. Sembari menunggu kehadiran chipset ini, Anda bisa membeli smart TV dengan kualitas unggul sesuai kebutuhan di Doran Gadget.

Barang yang kami jual pun merupakan barang asli dan dijamin dengan garansi resmi pabrikan. Pengirimannya pun dilakukan secara profesional sehingga paket lebih aman dan nyaman hingga sampai di tangan penerima. Informasi lebih lanjut mengenai smart TV terbaik dan perangkat aksesoris gadget lainnya, Anda bisa hubungi CS kami via WhatsApp di sini atau ikuti channel Telegram Doran Gadget dari smartphone sekarang juga.

Artikel terkait:

>