mediatek dimensity 9000

Doran GadgetMediatek Dimensity merilis produk terbarunya yakni seri 9000. Kemunculannya menjadi perbincangan bagi para pecinta teknologi. Sebab, chipset yang menjadi otak dari smartphone ini memiliki berbagai ragam keunggulan dibanding sebelumnya. Apa sajakah keistimewaannya? Anda bisa simak pada ulasan berikut ini, Sobat Doran.

Spesifikasi Mediatek Dimensity 9000

mediatek dimensity 9000 (1)

Berikut spesifikasi dari chipset Mediatek Dimensity 9000 yang dilansir dari laman Kompas Tekno dan XDA Developers:

 CPU 1x Arm Cortex-X2 @ 3GHz+
3x Arm Cortex-A710 @2.85 GHz+
4x Arm Cortex-A510 @ 1.8 Ghz
 GPU Arm Mali G710 GPU
Pengembangan game dengan Raytracing SDK
 Prosesor TSM 4nm
 Layar Full HD Plus @ 180Hz
 AI APU 5.0 yang dapat menghemat daya 4x dari sebelumnya
 Memori LPDDR5x (7500 Mbps)
 ISP ISDR HDR 18-bit
Video HDR 4K pada 3 kamera bersamaan
Super Night Video Recording
Mumpuni untuk dukungan kamera dengan sensor hingga 320MP
 Modem Modem 5G/4G multimode yang terintegrasi
Sub-6GHz
Downlink 7Gbps
MediaTek 5G UltraSave 2.0
Agregasi Operator 3CC (300MHz)
 Konektivitas Bluetooth 5.3
Wi-Fi 6E 2×2 (BW160)
Wireless Stereo Audio
Beidou III-B1C GNSS

Baca juga: Perbedaan RAM iPhone dan Android, Pengguna Gadget Harus Tahu

Mediatek Dimensity 9000 untuk Sensor Kamera Terbaik

mediatek dimensity 9000 (4)

Berkat dukungan dari spesifikasi Mediatek Dimensity 9000 di atas, chipset ini dinilai lebih stabil dengan modem 5G yang sudah terintegrasi Wi-Fi 6E 2×2 (BW160)
dan Wireless Stereo Audio, serta Beidou III-B1C GNSS yang terbaru. Bahkan, dibandingkan dengan chipset pada smartphone lainnya, Mediatek Dimensity 9000 menjadi yang pertama mendukung untuk teknologi Bluetooth 5.3. Mengingat pada chipset pada umumnya hanya mampu mendukung teknologi Bluetooth 5.1 saja.

Tak cukup sampai di situ saja, pada prosesor gambar terdapat Image Signal Processor (ISP) HDR 18-bit. Dengan begitu mendukung untuk sensor pada kamera dengan resolusi 320 MP dan perekaman video dengan 4K HDR di tiga kamera bersamaan. Saat berada dalam kondisi minim cahaya, mampu mendukung mode ‘Super Night Video Recording’ untuk hasil lebih jernih. Fabrikasi 4nm-nya mampu meningkatkan kinerja smartphone maupun gadget. Namun, meski memiliki tingkat kinerja tinggi efisiensi daya dapat ditekan sehingga lebih nyaman.

Penggunaan Mediatek Dimensity 9000 pada Smartphone

mediatek dimensity 9000 (2)

Jika dilihat dari spesifikasi dan fitur chipset Mediatek Dimensity 9000 memang layak untuk pengguna smartphone dengan aktivitas tinggi. Mulai dari bermain game hingga penggunaan fotografi maupun pengambilan video. Meski begitu, Anda harus bersabar mengenai smartphone apa saja yang nantinya bakalan disematkan dapur pacu ini.

Hanya saja dilansir dari XDA Developers menyebutkan jika chipset  terbaru dari Mediatek tersebut akan disematkan pada smartphone yang muncul di akhir kuartal pertama 2022. Atau dengan kata lain bisa jadi pada sekitar Maret 2022 mendatang.

Baca juga: Perbedaan RAM dan ROM hingga Memori Penyimpanan Data yang Perlu Anda Ketahui

 Penutup

mediatek dimensity 9000 (3)

Sambil menunggu smartphone apa saja yang dipasangi Mediatek Dimensity terbaru ini, ada baiknya Anda menyiapkan aksesoris atau perangkat gadget terbaik dari JETE Indonesia. Mulai dari powerbank, charger, headset, hingga pelindung layar.

Anda bisa mendapatkannya di outlet-outlet di Indonesia maupun pembelian di kami dengan garansi dua tahun rusak ganti baru. Informasi lebih lanjut, Anda hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

×