perbedaan ram iphone dan android

Doran Gadget – Mungkin Sobat Doran bertanya-tanya, mengapa sebagian besar kapasitas RAM di iPhone lebih kecil dibandingkan RAM Android? Hal tersebut terlihat saat spesifikasi ponsel ditunjukkan dan memang betul RAM milik iPhone lebih sedikit dibandingkan Android pada generasi yang sama. Lantas, apakah perbedaan RAM berpengaruh terhadap performa ponsel? Supaya semakin jelas, berikut penjelasan Doran Gadget mengenai perbedaan RAM iPhone dan Android.

3 Perbedaan RAM iPhone dan Android

perbedaan ram iphone dan android

Sebelum membahas mengenai perbedaan RAM iPhone dan Android, ada baiknya untuk mengetahui tentang apa itu RAM beserta fungsinya. Random Access Memori (RAM) merupakan teknlogi yang memungkinkan pengguna smartphone untuk memiliki tempat penyimpanan sementara. RAM biasanya digunakan pada komputer, laptop, tablet, maupun smartphone. Karena RAM juga berpengaruh terhadap kinerja suatu perangkat, maka kapasitas RAM kerap jadi pertimbangan sebelum membeli perangkat digital.

Namun jika diamati lagi, ternyata kapasitas RAM iPhone lebih kecil dibandingkan  Android. Meski begitu, ponsel iPhone cukup digemari dan memiliki peminat yang banyak. Padahal kapasitas RAM-nya lebih kecil dibandingkan smartphone kebanyakan. Kenapa bisa begitu, ya? Berikut ulasannya.

1. Perbedaan RAM iPhone dan Android pada Perfoma

Pada umumnya ponsel Android memiliki RAM sebesar 4 GB. Namun, kapasitas RAM Android kalah dengan RAM iPhone sebesar 2 GB. Mengapa demikian? Sebab, performa iPhone terbilang lebih kuat karena Android kerap mengalami kendala di bagian manajemen RAM. Perbedaan lainnya juga terlihat dari chipset yang dipakai, iPhone menggunakan sistem operasi iOS dan sudah dipasarkan dalam lingkup besar. Itulah sebabnya, meski RAM iPhone berukuran kecil namun  tetap digemari karena performanya bagus.

Baca juga: Perbedaan RAM dan ROM hingga Memori Penyimpanan Data yang Perlu Anda Ketahui

2. Perbedaan pada Manajemen Memori

perbedaan ram iphone dan android

Perbedaan RAM iPhone dan Android juga terlihat pada manajemen memorinya. iOS dan Android diciptakan dengan sistem yang berbeda sehingga untuk berjalan di berbagai perangkat disertai dengan konfigruasi hardware-nya masing-masing. Android menggunakan virtual machine dengan pemrograman Java diamana setiap menjelankan sistem dimana pun tidak perlu menulis dan dikompilasi ulang.

Namun, yang menjadi masalah adalah virtual machine  tersebut terbilang kompleks dan membutuhkan penyimpanan memori yang besar. Itulah yang menjadi penyebab mengapa smartphone Android menanam RAM berkapasitas besar supaya perangkat berjalan dengan lancar. Di samping itu, iOS tidak mengalami masalah pada manajemen memorinya. Sebab, sejak semula sistem iOS dikompilasi dan ditulis secara native menggunakan pemrograman Swift yang sebelumnya bernama  Objective-C.

Baca juga: Rekomendasi HP Buatan Jepang Tahun 2022 dengan Spek Canggih

Selain itu, pertimbangan lainnya terletak pada aplikasi yang dirancang hanya bisa beroperasi di perangkat Apple saja, sehingga tidak membutuhkan akomodir berbagai macam konfigurasi hardware yang berbeda-beda. Proses penataan manajemen memori aplikasi antara kedua iPhone dan Android juga berbeda. Pada Android manajemen  dilakukan sistem operasi sedangkan iOs ditangani oleh aplikasi.

3. Penerimaan Notifikasi Aplikasi

perbedaan ram iphone dan android

Penerimaan notifikasi aplikasi juga menjadi faktor yang mengisi perbedaan RAM iPhone dan Android. Pada smartphone Android, notifikasi yang tiba-tiba masuk akan diterima saat itu juga oleh pengguna. Semakin banyak aplikasi dan notifikasi yang aktif, maka besar juga kapasitas RAM yang dibutuhkan. Hal ini cukup berbeda sistemnya dengan cara iPhone saat menerima notifikasi aplikasi.

Meskipun aplikasi pada iPhone sedang tidak beroperasi, namun pengguna bisa menerima notifikasi karena aplikasi iPhone lebih dulu melewati server Apple. Kemudian server tersebut mengirim pemberitahuan ke perangkat secara langsung dan otomatis aplikasi menjadi aktif. Itulah sebabnya, RAM iPhone terbilang aman meskipun kapasitasnya lebih kecil dibandingkan Android.

Dapatkan iPhone dan Ponsel Android di Doran Gadget

Itulah informasi singkat mengenai perbedaan RAM iPhone dan Android. Keduanya sama-sama bagus untuk dipilih, tergantung kebutuhan dan spesifikasi yang Anda cari. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan smartphone terbaru dan pasti original, kunjungi website resmi dan media sosial Doran Gadget. Terdapat berbagai informasi terbaru tentang produk kami yang bisa Anda beli di marketplace maupun datang ke store Doran Gadget secara langsung. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan menghubungi Telegram dan WhatsApp Doran Gadget.

Artikel terkait:

× WhatsApp