Doran GadgetSaat hendak membeli smartphone maupun gadget lainnya, Anda sebagai pembeli harus mengetahui berbagai spesifikasi yang ditawarkan. Mulai dari desain, fitur yang ditawarkan, dan teknologi terbaru yang disematkan. Termasuk Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM) hingga media penyimpanan untuk file dan data lainnya. Lantas, apa saja perbedaan ketiganya? Doran Gadget telah merangkumnya dalam artikel kali ini.

Perbedaan RAM dan ROM

Untuk mengetahui perbedaan RAM dan ROM, Anda perlu mengetahui tiga segi utama faktor pembeda tersebut. Pertama adalah mengenai segi bentuk, fungsi perangkat dan penyimpanan, hingga berapa besaran kapasitas yang ideal. Berikut ulasannya.

1. Bentuk RAM dan ROM

Dari segi bentuk, perbedaan RAM dan ROM pun cukup signifikan. RAM sendiri berbentuk chip yang dipasangkan pada smartphone. Biasanya, ditempatkan secara menyatu dengan sebuah prosesor utama atau System-on-Chip yang bertumpuk. Sedangkan untuk ROM juga berbentuk chip. Hanya saja data yang disimpan akan tetap ada dan tidak terhapus meski perangkat dimatikan.

2. Fungsi Pada Perangkat

02. perbedaan RAM dan ROM

Perbedaan RAM dan ROM berikutnya adalah mengenai segi fungsi pada perangkat. RAM memiliki fungsi sebagai media penyimpanan file maupun data pada smartphone secara temporer atau sementara (volatile). Dengan begitu, dapat meluncurkan aplikasi dengan cepat. Data yang ada pun tidak bisa disimpan permanan dan bisa terhapus jika tidak ada pasikan listrik saat perangkat dimatikan maupun baterai habis.

Lalu, mengenai fungsi ROM pun juga sama sebagai media penyimpanan file dan aplikasi. Hanya saja, pada ROM ini sifatnya permanen atau non-volatile. Jadi, data yang tersimpan tidak terhapus meskipun smartphone atau perangkat dimatikan. ROM pun memiliki partisi khusus pada media internal atau root yang bisa diisi mengunakan firmware pada sistem operasi dan memiliki sistem proteksi tersendiri.

Baca juga: Memilih Micro SD Terbaik, Perhatikan 5 Fitur Penting Ini

3. Perbedaan RAM dan ROM dari Segi Kapasitas

Terakhir adalah menyangkut tentang kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh kedua media tersebut. Biasanya, kapasitas ROM lebih besar daripada RAM. Dengan kata lain, semakin besar kapasitas ROM di sebuah smartphone, maka hal itu juga semakin baik dan layak dipilih, misalnya 128GB. Namun, hal itu tergantung kebutuhan Anda.

Idealnya, untuk penggunaan smartphone yang standar dan aktivitas sehari-hari ukuran RAM 4GB sebenarnya sudah cukup. Namun, ada pula beberapa smartphone dengan spesifikasi khusus misalnya untuk hp gaming memiliki kapasitas cukup besar lebih dari 4GB yakni 8GB, 12GB, sampai 18GB. Semakin besar kapasitas RAM maka tenaga yang diperlukan juga besar dan itu bisa menguras daya baterai.

Memori Penyimpanan Data

micro sd terbaik

Selanjutnya mengenai penyimpanan data. Sebenarnya, memori penyimpanan data ini menitikberatkan pada bentuk medianya. Memori penyimpanan pada perangkat digital terus mengalami perkembangan. Dulu media penyimpanan berupa disket dengan kapasitas yang tidak begitu besar. Kemudian, seiring berjalannya waktu muncul cakram CD dan DVD dengan kapasitas lebih besar dibanding disket.

Kini semakin banyak pilihan dengan bentuk yang ringkas serta kapasitas lebih besar pula. Mulai dari flashdisk, microSD, SD card, hingga media penyimpanan hardisk eksternal yang memiliki kapasitas hingga tingkatan Tera Byte.

Anda pun bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan membelinya di tempat terpercaya seperti di Doran Gadget. Kami menjual berbagai jenis media penyimpanan dengan harga bersaing dan produk original. Dapatkan promo menarik pada saat-saat tertentu. Informasi lebih lanjut dan up to date, join di Telegram Doran Gadget dari smartphone Anda.

Artikel terkait:

>