Memilih Micro SD Terbaik, Perhatikan 5 Fitur Penting Ini

micro sd terbaik

Doran Gadget Kapasitas penyimpanan internal yang ada pada smartphone terkadang tidak mencukupi untuk menyimpan data-data penting. Khususnya untuk data dengan kapasitas dan ukuran besar seperti aplikasi game. Oleh karena itu, Anda pun perlu memiliki kartu micro SD terbaik untuk menyimpan data tersebut. Namun, untuk mendapatkannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Memilih Micro SD Terbaik

Dalam memilih micro SD terbaik ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Tujuannya adalah agar Anda tidak salah dalam memilih produk dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

1. Kapasitas Harus Mendukung Smartphone

micro sd terbaik

Sebagai langkah awal Anda harus memperhatikan apakah nantinya slot kartu yang digunakan kompatibel untuk smartphone. Sebab, ada beberapa jenis smartphone yang memang tidak memiliki dukungan micro SD. Di sini Anda perlu mengetahui berapa kapasitas maksimal pada memori eksternal smartphone. Jangan sampai Anda memilih kartu memori yang tidak sesuai dengan kemampuan dan kapasitas smartphone. Sebab, selain dapat mempengaruhi performa kinerjanya, Anda pun akan rugi pengeluaran.

2. Kecepatan Micro SD Terbaik

micro sd terbaik

Berikutnya, perhatikan fitur kecepatan dimiliki. Sebab, semakin cepat performanya maka semakin cepat Anda mengelola maupun transfer file besar sekalipun yang ada pada smartphone gaming maupun smartphone standar. Termasuk ketika mengelola game dan memainkannya. Biasanya, untuk membedakan kecepatan micro SD terbaik dibagi dengan istilah kelas di antaranya:

  • Pertama adalah Class 2 yang merupakan kelas terendah, kecepatannya yakni 2 MB /detik.
  • Kedua yakni Class 4 yang setingkat lebih tinggi dengan kecepatan 4 MB /detik.
  • Ketiga ada Class 6 dengan kecepatan 6 MB/detik.
  • Keempat adalah Class 8 yang memiliki kecepatan 8 MB/detik.
  • Kelima yakni Class 10 dengan kecepatan 10 MB/detik.

3. Pahami Jenisnya

micro sd terbaik

Sepintas, kartu micro SD terbaik mungkin terlihat sama dari segi desain luarnya. Namun, Anda juga perlu tahu jika sebenarnya micro SD masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan spesifikasi dan peruntukannya. Perbedaan jenis dan spesifikasinya adalah sebagai berikut:

  • SD atau Secure Digital Standard Capacity (SDSC): Kapasitas ukurannya cukup kecil dan memanfaatkan sistem file FAT16. Harganya pun cukup murah di pasaran.
  • Secure Digital High Capacity (SDHC): Kapasitasnya antara 4GB sampai 32 GB dan sistem file FAT32. Perbedaan format inilah yang tidak cocok digunakan untuk perangkat yang hanya menerima dalam format SD saja.
  • Secure Digital Extended Capacity (SDXC): Jenis ini merupakan yang tertinggi dari segi kapasitas maupun spesifikasinya. Ukurannya 64 GB hingga 2 TB dan formatnya menggunakan exFAT dan tidak bisa digunakan pada perangkat yang hanya mendukung¬† SDHC maupun SD saja.

4. Adanya Fitur Tambahan Lainnya

micro sd terbaik

Kecepatan dan spesifikasi memang penting, namun untuk mendapatkan micro SD terbaik, Anda perlu memperhatikan apakah di dalam kartu tersebut terdapat fitur Ultra High Speed (UHS) atau tidak. Fitur ini dapat diartikan sebagai kecepatan tulis minimum dalam sebuah dan kecepatan dalam mentransfer data pada micro SD. Namun, biasanya hanya terdapat untuk micro SD tertentu. Inilah yang membuat kecepatannya berbeda-beda.

UHS sendiri masih dibagi dalam tiga jenis berdasarkan kecepatan yakni UHS-I, UHS-II, dan UHS-III. Untuk UHS-I memiliki kecepatan minimal 10 MB/detik dan kecepatan maksimal yang mampu hingga 104 MB/detik. Sedangkan untuk UHS-II kecepatan membacanya 300 MB/detik dan kemampuan tulisnya 260 MB/detik. Lalu, untuk UHS-III kecepatan menulis minimal adalah 30 MB/detik dan memiliki kecepatan maksimalnya hingga 624 MB/detik. Jadi, bagi Anda yang ingin mendapatkan kecepatan transfer terbaik, maka UHS-III sangat direkomendasikan.

5. Garansi yang Diberikan

micro sd terbaik

Terakhir, tak hanya soal spesifikasi saja tetapi pastikan ketika membeli micro SD terbaik Anda juga mendapatkan pelayanan terbaik seperti adanya garansi yang diberikan oleh pihak pabrikan. Garansi yang diberikan pun beragam mulai dari 1-3 tahun untuk kesalahan yang disebabkan oleh faktor kelalaian manusia.

Brand besar seperti micro SD SanDisk misalnya, akan memberikan garansi khusus, bahkan sampai seumur hidup. Selain garansi, SanDisk juga memberikan fitur unggulan lainnya kepada penggunanya. Misalnya saja fitur Easy File Management, Fast Access, hingga BackUp Protection untuk transfer data lebih cepat dan nyaman.

Mendapatkan Micro SD Terbaik

Selain hal di atas, untuk mendapatkan micro SD terbaik Anda harus perhatikan tempat penjualannya. Pastikan toko yang menjual baik online maupun di store langsung memiliki reputasi terbaik. Misalnya memiliki kerjasama resmi dengan brand ternama, selain itu pelayanan yang diberikan harus prima serta memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam transaksi.

Salah satunya adalah Doran Gadget yang memberikan jaminan barang terbaik dan asli. Anda juga akan mendapatkan kesempatan promo menarik pada saat-saat tertentu. Untuk informasi lebih lanjut seputar aksesoris secara up to date Anda bisa join di channel Telegram kami sekarang juga.