Tempat Jogging di Jogja - FI

Doran GadgetJogjakarta jadi destinasi favorit masyarakat di Indonesia setelah Bali. Kota ini disebut-sebut memiliki suasana yang romantis. Namun, tak hanya itu saja Sobat Doran. Kota Gudeg juga terdapat beberapa spot untuk jogging dengan nuansa alami yang menakjubkan. Mana saja tempat jogging di Jogja yang wajib dikunjungi? Ini ulasannya!

Rekomendasi Tempat Jogging di Jogja

Berikut beberapa tempat untuk jogging di Jogja yang memiliki pemandangan dan suasana asri serta membuat nyaman saat berolahraga.

1. Stadion Maguwoharjo

Tempat Jogging di Jogja - Stadion Maguwoharjo
sc: Rumah.com

Tempat yang pertama patut dikunjungi adalah Stadion Maguwoharjo yang berada di kawasan Sleman. Area di sekitar lokasi stadion cukup luas dengan pepohonan yang rimbun. Hal itulah yang membuat stadion markas klub PSS Sleman inilah asri dan nyaman untuk jogging.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini adalah di pagi hari maupun sore hari. Namun, hindari jogging pada saat ada pertandingan sepakbola atau acara lain. Dari stadion, Anda juga bisa berkunjung ke destinasi wisata keren seperti Candi Sambisari dan Jogjabay Waterpark yang berlokasi tak jauh dari stadion.

Baca juga: 9 Tempat Jogging di Semarang yang Bagus dan Hits

2. Embung Tambakboyo

Tempat Jogging di Jogja - Embung Tambangboyo
sc: TravelingYuk

Embung dalam Bahasa Indonesia bisa juga diartikan sebagai waduk. Lokasi Embung Tambakboyo tidaklah jauh dari kampus UPN, yakni sekitar 1.5 kilometer saja. Tak heran jika jadi tempat jogging favorit mahasiswa UPN maupun masyarakat umum. Apalagi tidak dipungut biaya alias gratis.

Biasanya, embung akan ramai dikunjungi untuk berolahraga pada saat pagi hari. Sebab, Anda dapat menghirup udara segar dengan pemandangan alam yang indah. Termasuk melihat Gunung Merapi dari kejauhan. Tak perlu khawatir saat perut lapar setelah berolahraga, sebab ada beberapa warung dengan aneka menu sarapan yang menggugah selera.

3. Stadion Sultan Agung

Tempat Jogging di Jogja - Stadion Sultan Agung
sc: Wikipedia

Stadion lainnya yang juga jadi favorit masyarakat untuk berolahraga di akhir pekan adalah Stadion Sultan Agung. Lokasinya berada di Bantul, kurang lebih sekitar 1 jam dari pusat kota Jogja. Di sini juga menjadi markas dari klub sepakbola Persiba Bantul. Kerennya lagi, ada lintasan untuk pacuan kuda.

Lokasi area stadion banyak dipilih selain karena asri juga lebih aman. Sebab, di sini tidak berlalu-lalang kendaraan bermotor. Kemudian, yang boleh melintas adalah sepeda untuk berolahraga. Anda pun tak perlu bingung, sebab tersedia parkir untuk kendaraan bermotor yang cukup luas.

Baca juga: 7 Tempat Jogging di Bali dengan Pemandangan Estetik

4. Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Tempat Jogging di Jogja - Alun-Alun Kidul
sc: Native Indonesia

Kurang lengkap rasanya ke Kota Pelajar ini tanpa mengunjungi alun-alunnya. Salah satunya adalah Alun-Alun Kidul yang jadi spot favorit tempat jogging di Jogja. Ini karena lokasinya mudah ditemukan dan ada di pusat kota. Ada banyak spot jogging di sini, termasuk yang paling banyak dilakukan adalah dengan mengitari alun-alun.

Meskipun Anda bisa melakukan jogging jam berapa saja, tetapi yang paling ramai adalah saat pagi hari maupun sore hari. Terutama saat hari libur atau akhir pekan tiba. Tak jauh dari lokasi, Anda pun dapat berolahraga dengan berjalan kaki ke Malioboro dan Pemandian Taman Sari.

5. Tempat Jogging di Jogja – Jati Sarono

Tempat Jogging di Jogja - Jati Sarono
sc: Kompas

Ingin menikmati suaasana pedesaan yang masih asri dengan pemandangan hijau sawah di kanan kirinya? Anda bisa langsung menuju kawasan Nanggulan, Jati Sarono, Kulon Progo. Walaupun di sini bukan jogging track yang resmi, namun cocok untuk lari pagi sembari menghirup udara segar yang masih alami.

Kawasan ini adalah sebuah jalanan kecil yang tidak terlalu ramai dan padat. Selain menikmati pemandangan dan udara segar, Anda pun bisa merasakan kehangatan dan keramahtamahan penduduk setempat. Khususnya saat pagi hari saat masyarakat beraktivitas di sawah.

Baca juga: 10 Tempat Jogging di Malang untuk Lari Santai!

6. Alun-Alun Lor Yogyakarta

Tempat Jogging di Jogja - Alun-Alun Utara Jogja
sc: Rumah123

Alun-Alun Lor berlokasi tak begitu jauh dari Alun-Alun Kidul. Sebenarnya, lokasi keduanya berada di daerah komplek keraton. Akan tetapi, di alun-alun utara ini masyarakat tidak sepadat dan seramai di alun-alun selatan. Terutama pada hari biasa dan akhir pekan pagi hari.

Tentu, ini sangat cocok bagi Anda yang ingin jogging di tengah kota Jogja tanpa dilihat banyak orang. Namun, hindari jogging di tempat ini apabila ada acara tertentu, Sobat Doran. Sebab, pasti akan padat dan tidak nyaman untuk lari. Di sekitaran alun-alun pun juga banyak para penjual makanan dan minuman.

7. Stadion Mandala Krida

Tempat Jogging di Jogja - Stadion Mandala Krida
sc: TribunNewsWiki

Tempat jogging di Jogja dengan latar belakang stadion adalah Stadion Mandala Krida. Tidak jauh berbeda dengan dua sebelumnya yakni Stadion Sultan Agung dan Stadion Maguwoharjo, di sini ada banyak spot untuk jogging. Anda pun bisa mencoba trek lari dan lapangan olahraga lainnya.

Di sekitaran stadion juga ditumbuhi pepohonan-pepohonan yang rindang. Sehingga sangat nyaman untuk berolahraga. Terutama di pagi hari dan sore hari. Selain nyaman, di tempat ini lebih aman karena bebas dari kendaraan bermotor.

Baca juga: 15 Rekomendasi Tempat Jogging di Surabaya

8. Grha Sabha Pramana UGM

Tempat Jogging di Jogja - SGrha Sabha Pramana UGM
sc: UGM Residence – Universitas Gadjah Mada

Di kampus UGM terdapat spot untuk jogging yang keren, salah satunya adalah Grha Sabha Pramana. Walaupun berada di komplek kampus UGM, masyarakat umum pun bisa menggunakannya. Jadi, tidak hanya bagi mahasiswa saja yang dapat lari pagi di sini. Apalagi tidak dipungut biaya.

Biasanya, masyarakat akan berlari mengitari gedung, atau bisa di lapangan yang ada di bagian depannya. Mengingat luasnya area ini, bahkan tidak hanya digunakan untuk lari saja, melainkan juga untuk olahraga lain seperti pencak silat, parkour, capoeira, dan sebagainya.

9. Lapangan Denggung Sleman

Tempat Jogging di Jogja - Lapangan Denggung Sleman
sc: Instagram/ @dhian_hardjodisastro

Bergeser ke daerah Sleman, Anda dapat menuju ke Lapangan Denggung. Lokasinya berada di pusat pemerintahan kabupaten Sleman. Atau ini berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota Jogja. Tak hanya jogging track, di sini juga ada fasilitas umum lainnya seperti playground untuk anak-anak dan alat olahraga lainnya.

Area lapangan ini tidak begitu terlalu kecil, namun juga tidaklah seluas alun-alun. Namun, ada banyak pohon yang rimbun dan membuatnya lebih sejuk. Lokasinya pun mudah diakses karena berada di persimpangan jalan utama di Sleman.

Baca juga: 15 Rekomendasi Tempat Lari di Bandung yang Hits dan Keren

10. Bendungan Sermo

Tempat Jogging di Jogja - Waduk Sermo
sc: Bara Outdoor

Terakhir ada Bendungan Sermo yang beralamat di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Lokasinya bisa dicapai kurang lebih 1 jam dari pusat kota Jogja.  Waduk ini dibangun pada tahun untuk keperluan irigasi sekitarnya. Di sisi waduk menjulang tinggi tebing batu kapur yang menakjubkan.

Ditambah lagi ditumbuhi pepohonan yang membuatnya nampak asri dan segar. Sambil lari, Anda dapat menikmati panorama pemandangan bendungan dan sungai yang terbentang di sepanjang jalan menuju area ini. Menarik bukan untuk dikunjungi?

Baca juga: Daftar Komunitas Lari di Indonesia yang Bisa Diikuti, Join Sekarang!

Lari Bersama, Tumbuh Bersama!

Jadwal Event Lari 2024
Sc: Pngtree

Yuk, mulai hari ini tingkatkan semangat olahraga lari Anda untuk hidup yang lebih baik. Tak ingin ketinggalan ajang lomba lari seru di berbagai kota di Indonesia? Kunjungi laman Jadwal Event Lari 2024 untuk mengetahui jadwal event lari terdekat. Disana, Anda dapat menemukan berbagai komunitas lari  inspiratif yang bisa jadi support system yang baik. So, tunggu apalagi?  Catat jadwalnya dan siapkan diri Anda sekarang juga!

Artikel terkait:

>