Doran GadgetSebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia, Jogja memiliki sejumlah destinasi wisata yang memiliki daya tarik tinggi. Selama ini, sebagian dari Anda mungkin hanya mengetahui seperti Keraton Jogja, Pantai Parang Tritis, atau Malioboro saja. Namun, di Kota Pelajar ini tersimpan spot foto yang menarik.

Mana sajakah spot foto di Jogja yang menarik diabadikan, terutama dari ketinggian dengan menggunakan drone? Simak ulasannya yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget kali ini.

Tips Mengabadikan Foto dengan Drone di Jogja

sc: DJI

Sebelum menerbangkan drone dan mengabadikan spot terbaik di Jogja, ada baiknya Anda untuk ketahui terlebih dahulu tips mengambil foto. Sebab, di Jogja terdapat beberapa tempat yang memiliki aturan khusus cukup ketat. Terutama di tempat-tempat yang dianggap terhormat dan sakral seperti Keraton Jogja. Selain itu juga di Gedung Agung Jogjakarta yang menjadi salah satu istana kepresidenan.

Dengan kata lain, apabila Anda ingin menerbangkan drone dan mengambil foto dari udara harus memiliki izin terlebih dahulu. Begitu pun dengan lokasi seperti candi, perhatikan juga agenda yang ada. Sebab, tidak jarang di waktu-waktu tertentu, candi digunakan untuk tempat beribadah,

Jika ingin menerbangkan drone di tempat terbuka seperti area pegunungan maupun pantai, perhatikan juga kecepatan dan arah angin. Termasuk juga cuaca saat menerbangkan drone dan ketinggiannya serta area terlarang lainnya.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Aturan Penggunaan Drone di Indonesia

Rekomendasi Spot Foto di Jogja Menggunakan Drone

Berikut beberapa spot foto drone di Jogja yang bisa Anda abadikan saat berlibur di tanah keraton ini. Mulai dari destinasi tengah kota, pegunungan, hingga pantai.

1. Tebing Breksi

Spot Foto di Jogja - Breksi
sc: Yana Circle!

Spot foto pertama adalah Tebing Breksi yang berada di daerah Prambanan, Sleman. Dulunya tebing ini merupakan penambangan batuan alam. Namun, setelah tidak beroperasi dan ditinggalkan, kini menjadi destinasi wisata yang menakjubkan. Salah satu daya tariknya adalah panorama di tebingnya.

Tebing-tebing yang ada di sini juga memiliki warna putih  dan kecoklatan yang cerah dan indah dilihat dari ketinggian. Di waktu tertentu, sekitaran Tebing Breksi juga digelar acara seperti konser musik dan pagelaran seni lainnya.

Baca juga: 10 Spot Foto Terbaik untuk Menerbangkan Drone di Jawa Timur

2. Panorama Kota Jogjakarta

Spot Foto di Jogja - Tugu Jogja
sc: Kompas

Spot foto drone di Jogja selanjutnya adalah pusat kota Jogja. Ya, seperti banyak orang bilang, sudut kota Jogja memang selalu menarik untuk diabadikan. Bahkan tidak hanya dari bawah saja, tetapi juga dari ketinggian.

Panorama Kota Jogjakarta semakin indah saat malam hari. Anda bisa mengabadikannya mulai dari Tugu Jogja hingga Alun-Alun Utara dengan melewati atas Malioboro. Ini akan menghadirkan foto udara dan video yang menakjubkan. Meski begitu, perhatikan pula perizinannya, ya!

3. Kawasan Hutan Pinus Dlingo

Spot Foto di Jogja - Hutan Pinus Dlingo
sc: Liburan Yuk!

Bergeser ke daerah Bantul, di sini terdapat spot foto di Jogja yang keren dengan latar hutan pinus yang menyejukkan. Tepatnya di kawasan hutan pinus Dlingo, Mangunan, Bantul. Salah satunya adalah Puncak Becici yang pernah dikunjungi Barack Obama. Berada di daerah ini, membuat pengunjung merasa seperti di negeri atas awan.

Adapun beberapa spot terbaik jika difoto menggunakan drone di antaranya adalah Jurang Tembelan, Pintu Langit Dahromo, Hutan Pinus Pengger, Bukit Panguk Kediwung, dan Hutan Pinus Asri Karangasem. Sebagai catatan, apabila ingin menerbangkan drone dari atas bukit tersebut sebaiknya berhati-hati dan gunakan alas kaki yang tidak licin agar lebih aman dan nyaman.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Bali yang Bagus untuk Spot Foto Drone

4. Spot Foto di Jogja – Candi Prambanan

Spot Foto di Jogja - Prambanan
sc: Britanica

Kompleks Candi Prambanan merupakan salah satu situs candi Hindu yang berdiri megah sejak abad ke-9 sampai saat ini. Lokasinya sangat strategis di Jalan Raya Solo-Yogyakarta No.16, Sleman. Candi Prambanan dibangun untuk didedikasikan kepada tiga dewa utama dalam Hindu yakni Brahma, Wisnu, dan Siwa.

Tinggi candi sendiri adalah 47 meter dan menjulang tinggi di antara hamparan hijaunya rerumputan dan reruntuhannya. Areanya yang eksotis dan luas inilah sangat menarik untuk diabadikan dari udara dengan menggunakan drone saat Anda berkunjung ke sini.

5. Candi Abang

Spot Foto di Jogja - Candi Abang
sc: IDN Times Jogja

Seperti namanya, candi yang terletak di daerah Berbah, Sleman ini memang berwarna merah atau merah dalam Bahasa Jawa. Hal tersebut berbeda dari candi lainnya seperti Prambanan atau Ratu Boko. Itu karena candi dibuat dengan menggunakan batu bata merah.

Dulunya, candi ini berbentuk seperti piramida. Namun, seiring berjalannya waktu tertutup rerumputan dan menjadi layaknya bukit yang hijau. Di sekitar candi pun terhampar padang rumput yang luas. Saat musim hujan tiba, area di sini akan berwarna hijau segar dan memanjakan mata saat dilihat dari ketinggian.

Baca juga: 4 Tips Memilih dan Rekomendasi Drone untuk Traveling

6. Pantai Sinden dan Pulau Kalong

Spot Foto di Jogja - Pantai Sinden Pulau Kalong
sc: Visiting Jogja

Selain Pantai Parang Tritis, pantai lainnya yang menawarkan keindahan hamparan pasir putih dan lautan biru adalah Pantai Sinden. Lokasinya berada di daerah Girisubo, Gunung Kidul. Dari pusat kota memerlukan waktu setidaknya 50-60 menit untuk menuju lokasi pantai ini.

Di Pantau Sinden juga terdapat pulau yang bisa diseberangi menggunakan jembatan gantung yakni Pulau Kalong. Jika dilihat dari atas menggunakan drone, akan nampak bentang alam yang berkontur. Pemandangan yang menjadi ikonik adalah jembatan yang indah dari ketinggian.

7. Bukit Klangon

Spot Foto di Jogja - Bukit Klangon
sc: Visiting Jogja

Bukit Klangon yang ada di sekitaran lereng Gunung Merapi, tepatnya di Cangkringan, Sleman cocok untuk Anda kunjungi di akhir pekan. Khususnya bagi yang menginginkan ketenangan dan kedamaian serta melepas lelah setelah seminggu bekerja. Pesona alam yang penuh kehijauan dan masih segar, menjadi daya tariknya.

Anda dapat mengabadikan lokasi sekitar menggunakan drone latar gunung merapi yang nampak berdiri megah. Terlebih lagi saat kondisi cuaca cerah di pagi atau sore hari. Namun, pastikan sebelum mengunjunginya kondisi Gunung Merapi tidak sedang dalam status waspada.

Baca juga: 8 Tips Memilih Drone untuk Fotografi Udara

8. Candi Ratu Boko

Spot Foto di Jogja - Ratu Boko
sc: Native Indonesia

Kompleks bangunan Candi Ratu Boko adalah situs yang konon dipercaya sebagai sebuah keraton untuk tempat tinggal bangsawan tanah Jawa. Sebagai bangunan berbentuk kompleks, ada tiga candi utama bekas pemujaan. Lalu, ada pula kolam dengan sumber air alami yang mengalir.

Terdapat pula gapura yang megah untuk menyambut pengunjung. Sementara, dari bagian atasnya, Anda bisa melihat pemandangan kota Jogjakarta yang memukau. Dari kejauhan juga nampak Candi Kalasan dan Candi Prambanan di sebelah utara dan latar belakang Gunung Merapi. Tentu, ini sangat menarik diabadikan dengan drone.

9. Monumen Jogja Kembali

Spot Foto di Jogja - Monjali
sc: Indonesia Virtual Tour

Bagi Anda yang suka dengan sejarah, Monumen Jogja Kembali memang sayang untuk dilewatkan. Monumen ini dibangun untuk memperingati kembalinya Jogjakarta sebagai ibukota dari pihak Belanda pada 29 Juni 1949. Di dalam bangunan ini memang banyak diorama yang bercerita tentang perjuangan rakyat Jogjakarta mempertahankan kemerdekaan.

Dari luar, bangunan ini nampak megah dan terlihat seperti limas atau bentuk tumpeng  yang unik apabila Anda memotretnya dari atas menggunakan drone. Namun, untuk menerbangkannya, ketinggian yang disarankan tidak melebihi 100 meter. Sebab, daerah di sekitar Monjali merupakan titik awal pesawat take off dan landing.

Baca juga: 10 Tips Mencegah Drone Menabrak atau Jatuh

10. Wisata Bhumi Merapi

Spot Foto di Jogja - Bumi Merapi
sc: Traveloka

Spot foto di Jogja yang terakhir bisa Anda datangi adalah Wisata Bhumi Merapi. Lokasinya ada di Jalan Kaliurang Km.20, Sleman, Yogyakarta. Salah satu daya tariknya adalah terdapat beberapa spot dengan bangunan bergaya Eropa. Mulai dari bangunan bergaya pedesaan masyarakat Alpen hingga pemukiman Santorini.

Selain foto dari atas atau udara, Anda dapat menggunakan drone FPV untuk merasakan sensasi yang berbeda mengelilingi tempat ini. Namun, untuk menggunakan drone tersebut, ada baiknya Anda mengajukan izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola agar tidak mengganggu pengunjung lainnya.

Penutup

fitur rth drone DJI
sc: DJI

Bagaimana, menarik bukan Sobat Doran, beberapa spot foto di Jogja yang keren diabadikan menggunakan drone? Jadi, tempat yang akan Anda kunjungi di tahun ini? Di mana pun destinasinya, pastikan lakukan persiapan dengan matang. Mulai dari akomodasi hingga perlengkapan drone yang akan dibawa nantinya.

Termasuk mematuhi semua peraturan maupun larangan yang ada. Jangan sampai karena ketidaktahuan Anda menjadi salah paham saat mengambil foto dari udara. Terlebih lagi jika Anda melakukan pengambilan foto atau video untuk aktivitas komersial.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

×