Garmin Watch Spesifikasi Garmin Forerunner 265 jadi perbincangan hangat di kalangan atlet dan para pehobi lari. Apalagi sejak diluncurkan pada awal Maret 2023 lalu. Seri ini merupakan generasi penerus dari sebelumnya yakni Forerunner 255.

Tentu, ada sejumlah pembaruan fitur dan spesifikasinya. Apa sajakah dan keunggulan apa yang ditawarkan? Simak ulasannya yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget dari berbagai sumber berikut ini!

Spesifikasi Garmin Forerunner 265

sc: Garmin

Berikut spesifikasi Garmin Forerunner 265 yang perlu diketahui sebelum Anda memtuskan untuk memilih dan membelinya sebagaimana dilansir dari laman resmi Garmin International:

Dimensi dan Bobot 46.1 x 46.1 x 12.9 (mm) / 47gram
Material Lensa Corning Gorilla Glass
Material Bezel Fiber yang diperkuat polymer
Band Quick Release Ya (22 mm, Industry standard)
Material Strap Silikon
Fitur Touchscreen Ya
Layar Berwarna Ya
Ukuran Layar 1.3″ (32.5 mm) diameter
Tipe Layar dan Resolusi AMOLED Optional Always-On Mode / 416 x 416 pixels
Ketahanan Air 5 ATM
Ketahanan Baterai Hingga 13 Hari
Kapasitas Memori 8 GB

Baca juga: Harus Tahu, Ini Macam-Macam Lari dalam Olahraga!

Fitur dan Keunggulan Garmin Forerunner 265

Kehadiran Garmin Forerunner 265 memang menjadi perhatian sebab, jam tangan tersebut jadi penerus dari generasi Forerunner 255 sebelumnya. Tentu, pihak pabrikan telah menyematkan beberapa pembaruan penting untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna. Berikut keunggulan dan fitur Garmin Forerunner 265 yang perlu diketahui.

1. Desain Ringkas dengan Dua Pilihan

sc: DC Rainmaker

Fitur dan keunggulan pertama bisa dilihat dari segi desainnya. Jam tangan ini hadir dalam dua tipe ukuran yang berbeda yakni Forerunner 265 dan Forerunner 265S. Untuk seri regulernya berdiameter 46mm, sedangkan Forerunner 265S mengacu untuk ukuran ‘Small’ yang cocok untuk pergelangan tangan kecil berukuran 42mm. Bobotnya adalah 47 gram.

Smartwatch lari ini pun dibekali dengan lima buah tombol layaknya smartwatch Garmin lainnya. Tiga tombol di sisi kiri untuk menu navigasi, sedangkan dua tombol di sisi kanan digunakan untuk fingsi konformasi dan back. Meski begitu, Forerunner 265 juga memiliki fitur touchscreen untuk penggunaan lebih nyaman. Sedangkan untuk pilihan warna yang ditawarkan adalah:

  • Black Bezel and Case with Black/Amp Yellow Silicone Band
  • Black Bezel with Whitestone Case and Whitestone/Neo Tropic Silicone Band
  • Black Bezel with Light Pink Case and Light Pink/Whitestone Silicone Band
  • Black Bezel with Whitestone Case and Whitestone/Tidal Blue Silicone Band
  • Black Bezel and Case with Black/Powder Gray Silicone Band
  • Black Bezel with Aqua Case and Aqua/Black Silicone Band

Baca juga: Daftar Harga Garmin Forerunner Series

2. Layar AMOLED yang Nyaman

sc: Garmin

Keunggulan kedua adalah bisa dilihat dari sektor layar. Di sini Garmin Forerunner 265 menggunakan layar AMOLED always-on. Sedangkan untuk ukuran layarnya adalah 1.1 inci atau sekitar 2.79 cm untuk seri 265S. Lalu, di seri Forerunner 265 reguler ukuran layarnya adalah 1.3 inci (3.3 cm).

Berkat layar AMOLED yang dipasang ini, Forerunner 265 memiliki visual yang tajam. Mulai dari kekontrasan, kecerahan, hingga dari segi saturasi warna. Termasuk tingkat ketajamannya. Inilah yang membuatnya terlihat jernih saat digunakan outdoor.

Tingkat sensitivitas sentuhan smartwatch ini juga tinggi. Dengan begitu, pengguna cukup hanya melakukan scrolling dan tap on. Hal itu memudahkan pengguna saat melakukan pergantian mode. Misalnya, adanya animasi saat transisi dan ini membuatnya semakin keren dan memberikan kesan ‘smart’ yang maksimal di jam tangan ini.

3. Spesifikasi Garmin Forerunner 265 – Baterai

sc: NexPit

Hal paling penting saat mempertimbangkan smartwatch lari terbaik ketiga ialah dari ketahanan baterainya. Penggunaan baterai ini memang berbeda-beda karena tergantung dari mode yang diaktifkan. Mulai dari mode smartwatch, hingga mode pengaktifkan GPS. Ketahanan baterai ini di antaranya adalah:

  • Mode smartwatch: hingga 13 hari
  • Mode GNSS Hanya GPS: hingga 20 jam
  • Mode GNSS SatIQ (AutoSelect): hingga 16 jam
  • Mode All-Systems GNSS + Multi-Band: hingga 14 jam
  • Mode GPS-Only GNSS dengan musik: hingga 7 jam
  • Mode SatIQ (AutoSelect) GNSS dengan musik: hingga 6.5 jam
  • Mode All-Systems GNSS + Multi-Band dengan musik: hingga 6 jam

Pengisian daya di jam tangan ini dilakukan dengan menggunakan charger garmin model plug-in.

Baca juga: 15 Seri Smartwatch Garmin dengan Ketahanan Baterai Terlama

4. Fitur Kesehatan

sc: Garmin

Sementara itu, dari sektor fitur kesehatan Garmin Forerunner 265 sangat lengkap untuk memantau kesehatan secara realtime. Mulai dari PulseOX, Body Battery untuk melihat energi yang tersisa di dalam tubuh, pemantau kualitas tidur (Sleep Score Monitoring), hingga kesehatan untuk wanita seperti pemantau siklus menstruasi dan kehamilan.

Selain itu juga terdapat fitur Heart Rate Variability (HRV) yang memantau detak jantung per menit saat pengguna tidur. HRV ini pun bisa dikatakan akurat, sebab menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh Firstbeat Analytics. Begitu pula dengan pemantau stres dan Health Snapshot untuk melihat rekaman data kesehatan jantung.

5. Spesifikasi Garmin Forerunner 265 – Fitur Olahraga

sc: Hodinky365

Fitur olahraga pada Garmin Forerunner 265 pun tak kalah keren untuk mendukung aktivitas kebugaran dan lari. Anda bisa menggunakan berbagai mode dan fitur unggulan tersebut antara lain yakni untuk lari, bersepeda, dan lainnya. Kemudian ada fitur Garmin Coach yang bisa dijadikan panduan untuk olahraga lari 5-10 kilometer maupun marathon.

Fitur Recovery Time akan memberikan data kapan Anda harus beristirahat dan melanjutkan latihan kembali. Anda dapat menghubungkannya dengan aplikasi Garmin Connect  untuk melihat hasil yang maksimal. Berbagai mode yang dapat dipilih antara lain Run, Track Run, Ultra Run, Virtual Run, Treadmill, Indoor Track, Trail Run dan Treadmil.

Sedangkan untuk mode olahraga antara lain Bike, Bike Indoor, eBike, MTB, hingga  eMTB. Beberapa olahraga air seperti Pool Swim, Open Water, Hike, Ski, Snowboard, XC Classic Ski, SUP, Row, dan Row Indoors. Anda pun bisa memilih mode kebugaran seperti Walk, Strength, Cardio, HIIT, Yoga, Pilates, Breathwork, Elliptical, dan Stair Stepper, serta lainnya.

Baca juga: 3 Fitur Baru Smartwatch Garmin untuk Kesehatan dan Olahraga

6. Fitur Lainnya

sc: Tom’s Guide

Tak hanya fitur kesehatan dan olahraga saja, spesifikasi garmin Forerunner 265 juga semakin lengkap dengan adanya fitur pendukung pintar lainnya. Beberapa fitur ini di antaranya adalah:

  • Anda dapat mendownload dan memutar musik dari platform online seperti Deezer, Spotify, dan Amazon Music dari smartphone yang diintegrasikan dengan jam tangan ini.
  • SatIQ Technology dan Multi-Band GPS yang membuat sistem navigasi dan pelacakan area semakin akurat dan tidak boros baterai.
  • Fitur PacePro yang dapat Anda gunakan untuk menentukan jadwal latihan dan diintegrasikan dengan GPS untuk menemukan rute terbaik.
  • Smart Notification untuk mengirimkan pesan teks dan email serta peringatan di smartwatcgh Anda saat terhubung dengan smartphone Android maupun iPhone.
  • Fitur keselamatan yang akan mengirimkan pesan darurat ke pengguna lain yang sudah dipilih saat terjadi kondisi tak terduga.
  • Garmin Pay untuk pembayaran non-tunai di beberapa negara yang mendukung fitur ini.
  • Fitur Livetrack yang dapat mengetahui lokasi secara realtime saat jam tangan digunakan.
  • Terhubung dengan Garmin Connect App dan Connect IQ Store.

7. Harga Garmin Forerunner 265

sc: Garmin

Terakhir adalah mengenai harga Garmin Forerunner 265 Series. Seperti dijelaskan sebelumnya, jam tangan ini hadir dalam dua varian yakni dengan ukuran 42mm dan 46mm. Namun, harga keduanya tetap sama yakni di kisaran 449.99US$ sebagaimana dilansir dari laman resmi Garmin International. Hal itu setara dengan sekitar Rp6.9 jutaan.

Namun, masih belum ada informasi kapan jam tangan ini akan diluncurkan untuk pasaran Indonesia. Termasuk harga yang dipasarkan. Sebab, harga di Indonesia bisa saja berubah karena penyesuaian terhadap kebijakan fiskal dan barang impor yang masuk ke tanah air.

Baca Juga: 5 Perlengkapan Lari yang Stylish dan Bikin Nyaman

Kesimpulan

Dari ulasan mengenai spesifikasi Garmin Forerunner 265 di atas, dapat disimpulkan jika jam tangan lari ini sangat cocok untuk Anda sebagai atlet maupun pehobi lari di tahun ini. Hal tersebut karena kemampuannya yang bisa diandalkan. Mulai dari tingkat akurasi GPS, baterai tangguh, hingga layar yang jernih walaupun digunakan di bawah terik matahari sekalipun saat lari.

Nantikan informasi mengenai kehadiran dan penjualan jam tangan ini di Indonesia dengan follow Instagram Doran Gadget atau hubungi admin kami via WhatsApp di sini. Sebagai authorized dealer Garmin SurabayaGarmin JakartaGarmin SemarangGarmin Bali, Garmin Manado, dan Garmin Banjarmasin, kami menjual produk Garmin original dengan garansi resmi pabrikan.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

× WhatsApp