DJI IndonesiaBeberapa waktu lalu DJI mengumumkan perangkat modular gimbal kamera untuk Ronin 4D. Modul ini disebut-sebut mampu memberikan pengalaman lebih baik dengan hasil yang lebih optimal dan penggunaan lebih fleksibel menggunakan kabel khusus.

 Hal itu disampaikan dalam rilis resmi yang dilansir dari lama website DJI. Seperti apa spesifikasi DJI Ronin 4D Flex beserta fitur dan keunggulannya? Anda bisa membaca ulasannya yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget kali ini dari berbagai sumber.

Spesifikasi DJI Ronin 4D Flex

Spesifikasi DJI Ronin 4D Flex (2)
sc: DJI

Berikut tabel spesifikasi DJI Ronin 4D Flex yang perlu diketahui oleh para pengguna, terutama para pembuat film profesional untuk menghasilkan gambar dan video terbaik selama membidik objek:

Payload Maksimum 10 kilogram
Rentang Gerakan Mekanis Pitch: -180° hingga +180°
Roll: -140° hingga +140°
Yaw: -190° hingga +190°
Rentang Gerakan Kontrol Pitch: -90° hingga +90°
Roll: -30° hingga +90°
Yaw: -180° hingga +180°
Sistem Kontrol Kompatibel dengan DJI Master Wheels 3-axis
Kompatibel dengan DJI Force Pro 2 Wireless Control System
Kompatibel dengan Remote Control dengan jangkauan 2.4Ghz
Baterai 4S 4350mAh LiPo
Waktu Operasi Hingga 12 jam 
Bobot 4.8 kg (tanpa X9 camera)
Konektivitas Port Ethernet
Port HDMI
Port SDI
Port USB-C
Sensor Kompatibel untuk kamera besar sampai 60mm
Resolusi Maksimum 8K
Sistem Stabilisasi 4D Arm (Sistem Lengan Fleksibel)
Pemantauan Kamera LiDAR
Perekaman CineCore 2.0
Fitur Tambahan Fitur Axis Lock
Penguncian Posisi Kamera (Quick Lock)
Mode Standby

Baca juga: 7 Rekomendasi Gimbal Kamera DLSR dan Mirrorless Terbaik 2023

Fitur dan Keunggulan DJI Ronin 4D Flex

Ada beberapa keunggulan jika pengguna menggunakan perangkat DJI Ronin 4D Flex ini. Khususnya bagi Anda yang sedang dalam proses perekaman video yang lebih sinematik dengan kualitas terbaik. Berikut beberapa di antaranya yang dapat Anda rasakan:

1. Lebih Fleksibel

Spesifikasi DJI Ronin 4D Flex (5)
sc: Daily Motion

Ronin 4D Flex dicipatkan bagi para pembuat film profesional dengan tujuan mendapatkan gerakan kamera yang lebih fleksibel dan efisien. Selain itu menciptakan serta pengalaman terbaik dan menghasilkan kreativitas tanpa batal. Anda pun dapat memisahkan kamera gimbal X9 dari bagian utama, dengan begitu akan membuat berat Ronin 4D lebih ringan saat digunakan yakni hanya 1,8 kg saja.

Kondisi ini memungkinkan pengguna merekam dalam waktu lama, terutama dalam kondisi yang memerlukan mobilitas tinggi seperti merekam acara secara live dan pembuatan untuk dokumenter. Sebab, perlu diketahui jika bobot DJI Ronin 4D sendiri adalah 4.5 kilogram lebih.

Dengan Ronin 4D Flex juga membuat kamera gimbal X9 kompatibel dengan berbagai jenis rig. Hal itu dapatg memungkinkan pengguna profesional merekam footage yang mungkin sebelumnya sangat sulit bahkan tidak mungkin dilakukan. Misalnya saja  pengambilan gambar berkualitas sinematik dengan sudut pandang yang dinamis atau di dalam ruangan yang sempit.

Baca juga: Ini Cara Menggunakan Stabilizer Kamera dengan Mudah!

2.  Real-Time Control yang Mudah

Spesifikasi DJI Ronin 4D Flex (4)
sc: CineD

Ronin 4D Flex menjadi andalan para pembuat film profesional dengan tingkat akurasi tinggi dan mudah digunakan. Untuk menghubungkan bagian utama dengan kamera, menggunakan kabel yang sangat tipis berukuran 2 meter. Kabel ini pun dapat mentransmisikan data dengan kualitas yang sangat baik hingga resolusi 8K. Sehingga sinyal dari kamera dapat dengan cepat dan tanpa kehilangan data.

Selain itu, kabel ini juga dapat mengirimkan sinyal pengendalian dan pemantauan secara real-time. Koneksi kabel yang kuat ini memberikan fleksibilitas lebih dalam memposisikan kamera, bahkan di tempat yang terbatas sekalipun. Bahkan, perangkat  ini juga dapat digunakan sebagai remote head untuk merekam video dengan kualitas sinematik yang tinggi.

3. Memiliki Lensa Canggih Terbaru

Spesifikasi DJI Ronin 4D Flex (6)
sc: DJI

Dalam perilisan DJI Ronin 4D Flex, pihak pabrikan juga merilis lensa kamera dengan sistem canggih yakni lensa DL PZ 170-28mm T.30. Dengan diluncurkannya lensa kamera ini, itu artinya untuk pertama kalinya DJI merilis lensa zoom di kelas sinema pertamanya.

Kamera ini memiliki bobot yang sebenarnya tidak begitu berat, yakni sekitar 520 gram saja. Bobot yang ideal tersebut dapat diandalkan dan diintegrasikan dengan kamera canggih Zenmuse X9.

Sebagai penggeraknya, zoom lensa ini menggunakan motor servo. Hal inilah yang membuat hasil bidikannya sangat impresif, lebih halus, dan tanpa memerlukan focus eksternal maupun kalibrasi lensa. Pengguna pun dapat menggunakan dua mode yakni autofocus atau manual focus. Kedua mode ini pun diklaim memiliki tingkat presisi yang tinggi.

Baca juga: Perkenalkan DJI Ronin 4D, Kamera Sinema dengan Segudang Fitur Canggih

4. Kompatibilitas dan Performa Perangkat

Spesifikasi DJI Ronin 4D Flex (3)
sc: YM Cinema

Ronin 4D Flex dapat digunakan dengan berbagai perangkat dari DJI Ronin. Termasuk Adanya Hand Grips dan Main Monitor dari Ronin 4D memberikan sinematografer hasil yang lebih baik.

Termasuk mode sinematik, stabilizer dengan tiga sumbu, fokus LiDAR, hingga pengendalian profesional lebih profesional.Peralihan antara mode Flex dan konfigurasi yang terintegrasi saat pengambilan gambar sangat pun lebih cepat tanpa harus menambahkan perangkat khusus lainnya.

Untuk pengambilan gambar statis, terdapat fitur Pan Axis Quick-Lock standar dengan perangkat yang dapat memperluas kemampuan payload gimbal. Dukungan ini membuat Ronin 4D Flex bisa digunakan untuk lensa telefoto, cinema zoom, dan anamorphic untuk memberikan pilihan pengguna dalam menentukan sudut pandang yang diinginkan.

5. Spesifikasi DJI Ronin 4D Flex – Harga

Spesifikasi DJI Ronin 4D Flex
sc: YouTube/Chris Hau

Terakhir adalah mengenai berapa harga DJI Ronin 4D Flex yang dipasarkan. Di Amerika Serikat, perangkat ini dijual dengan harga 929US$. Jika dikonversikan ke kurs Rupiah maka, harganya sekitar Rp14 jutaan.

Namun, untuk menggunakan perangkat ini pastikan Anda telah memiliki gimbal Ronin 4D terlebih dahulu. Harga untuk DJI Ronin 4D ini adalah mulai 6799US$ atau sekitar Rp103 jutaan. Sementara untuk lensa canggih DL PZ 170-28mm T.30 dibanderol seharga 1339US$ atau sekitar Rp20 jutaan.

Baca juga: Spesifikasi DJI RS 3 dan RS 3 Pro – Apa Saja Keunggulannya?

Penutup

Spesifikasi DJI Ronin 4D Flex (1)
sc: YouTube/DJI

Setidaknya itulah ulasan mengenai perangkat dan spesifikasi DJI Ronin 4D Flex. Tentu, dengan keunggulan yang dimilikinya, membuat gimbal tersebut sangat direkomendasikan bagi para pembuat film profesional dengan efek sinematografi yang menakjubkan di setiap gerakan yang lebih fleksibel, bebas, dan lebih efisien.

Tertarik memiliki perangkat gimbal tercanggih DJI saat ini? Anda pun perlu bersabar. Sebab, pihak DJI masih belum mengonfirmasi kapan produk tersebut bakal diluncurkan untuk pangsa pasar di tanah air. Meski begitu, Anda dapat melengkapi aksesoris dan gimbal DJI lainnya dari Doran Gadget.

Sebagai salah satu official store  DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI BaliDJI Manado, dan DJI Banjarmasin, kami menjual produk DJI original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, juga ada promo menarik untuk setiap pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsAppdi nomor 087834601568. Informasi mengenai promo produk DJI bisa follow akun Instagram Doran Gadget dan DJI Enterprise Indonesia.

Artikel terkait:

×