dji ronin 4d, ronin 4d, dji ronin (6)

DJI IndonesiaBeberapa waktu lalu, DJI Ronin 4D resmi rilis di pasaran. Kamera sinema ini dirancang khusus bagi para profesional yang menginginkan fleksibilitas tinggi dan biaya pembuatan sinematik terjangkau serta kualitas tinggi.

Berbagai pihak pun menyebut jika kamera sinema ini sangat andal dengan segudang fitur canggih yang dimilikinya. Apa sajakah fiturnya? Berikut di antaranya yang telah dihimpun tim Doran Gadget dari laman resmi DJI, TechRadar, dan KompasTekno.

Active Vertical 4 Axis Stabilization

dji ronin 4d, ronin 4d, dji ronin (2)

DJI telah menyematkan fitur stablisasi empat sumbu untuk kamera ini. Dengan begitu, kamera lebih tahan getaran di empat arah di berbagai kondisi. Anda dapat leluasa merekam gambar dengan baik meskipun sambil berjalan maupun berlari hingga perekaman video secara spontan.

Kamera pada seri Ronin 4D menggunakan Zenmuse X9 dengan dua varian yakni 6K dan 8K. Masing-masing kamera mampu membuat rekaman video dengan 60K/6O fps maupun 4K/120 fps yang memiliki sistem codec H.264 dan juga Apple ProRes. Ada pula ProRes RAW yang membantu pengguna untuk editing video. Pengguna dapat mengoperasikan kamera ini pada tiga mode yakni auto, manual, maupun Automated Manual Focus yang menjadi ciri khas dari DJI.

DJI Ronin 4D Dibekali Fitur Sensor LiDAR

dji ronin 4d, ronin 4d, dji ronin (4)

Tak hanya dilengkapi dengan stabilizer untuk meredam getaran saat digunakan, kamera sinema ini memiliki fitur sensor yang sensitif yakni Light Detection and Ranging (LiDAR). Pada dasarnya, sensor tersebut merupakan peraba optik yang dapat beroperasi dengan menggunakan pulsacahaya. Di mana teknologi ini dapat mengukur jarak dari sebuah objek maupun benda yang ada di sekitarnya.

Sekadar informasi, sensor LiDAR ini juga disematkan pada beberapa produk unggulan dari Apple. Seperti iPhone seri 12 Pro dan 12 Pro Max serta iPad Pro 2020. Dengan sensor LiDAR, Ronin 4 diklaim mampu mengenali dan mengetahui sekaligus memindai bidikan dengan 43.200 titik sensor peraba di jarak sekitar 10 menit. Itulah yang membuat fokus objek terkunci dengan cepat. Selain itu, teknologi ini juga mampu membuat gambar tetap tajam walaupun pada kondisi yang minim cahaya.

Latency Rendah dan Jangkauan Jauh

dji ronin 4d, ronin 4d, dji ronin (5)

Soal keandalan dari DJI Ronin 4D memang sudah tak diragukan lagi. Salah satunya berkat kehadiran fitur dan teknologi transmisi O3 Pro. Teknologi ini mampu mentransmisikan video yang dibidik secara langsung (live) ke sebuah monitor pemantau dengan cepat beresolusi 1080p/fps. Sementara, untuk jarak jangkaunya sendiri mampu hingga 20 ribu kaki atau sekitar 6.000 meter.

Kenyamanan dan keunggulan penyaluran hasil bidikan kamera tersebut didukung dengan enkripsi AES 256-bit. Dengan dukungan ini, hasil video telihat semakin smooth dan tingkat latency yang ada pun sangat minim. Di sisi lain, O3 Pro juga dilengkapi dengan dukungan frekuensi band DFS yang membuatnya tetap stabil meskipun dalam kondisi lingkungan dengan sinyal yang padat dan area bangunan yang kompleks.

Baca juga: DJI Osmo Mobile 5 Rilis, Hadirkan Perpaduan Tongsis dan Gimbal

Media Penyimpanan, Perekaman Suara, dan Baterai DJI Ronin 4D

dji ronin 4d, ronin 4d, dji ronin (1)

Terkadang, masalah yang dialami oleh para kreator video sinema adalah mengenai kapasitas media penyimpanan. Sehingga mereka kesulitan menyimpan hasil rekaman video momen-momen terbaik. Beruntungnya, DJI Ronin 4D ini memiliki empat jenis dukungan untuk memori penyimpanan. Di antaranya adalah USB SSD, Cfexpress, PROSSD 1TB DJI, maupun menggunakan kartu memori Type-B.

Sementara itu, untuk sektor baterai pada produk ini sebenarnya tidak jauh dari Ronin 2 dan Inspire 2. Yakni mengadopsi baterai TB50 Intelligent Battery berkapasitas 4280 mAh yang dapat digunakan untuk pengambilan video kurang lebih selama 2.5 jam. Termasuk digunakan pada saat cuaca eksttrem seklipun.

Harga yang Ditawarkan

dji ronin 4d, ronin 4d, dji ronin (6)

Berbicara mengenai harga yang dipasarkan untuk DJI Ronin 4D ini memang beragam. Pihak DJI sendiri merilis harga yang berbeda dengan dua seri unggulan. Untuk seri 6K dibanderol seharga 7.200 US$ atau sekitar Rp102 jutaan. Seri tersebut meliputi bodi kamera, Zenmuse X9-6K Gimbal Camera, LiDAR Range Fider, High-Bright Main Monitor, Hand Grips, Top Handle, baterai TB50, dan case. Pembeli nantinya bisa mulai memesan pada bulan Desember 2021.

Lalu, seri lainnya adalah versi 8K dengan berbagai fitur yang lebih powerfull seperti Zenmuse X9-6K Gimbal Camera dan Memori PROSSD 1TB DJI. Harganya sendiri dibanderol 11.500 US$ atau setara dengan Rp163 jutaan.

*Dapatkan informasi menarik lainnya seputar teknologi dan gadget serta promo menarik dari DJI Surabaya dengan klik  di sini atau join di Telegram kami.

Artikel terkait:

×

WhatsApp Chat

× WhatsApp