Rekomendasi Gimbal Kamera DSLR dan Mirrorless

Doran GadgetGambar foto dan video  terbaik tidak hanya dipengaruhi oleh kamera dan kemampuan individu mengoperasikannya. Ada perangkat lain yang diperlukan, salah satunya adalah gimbal kamera DSLR maupun gimbal kamera mirrorless. Saat ini memang banyak brand dunia menjual produk tersebut.

Namun, terkadang sebagai pengguna mungkin Anda bingung menentukan mana yang terbaik dan sesuai untuk kebutuhan dan keperluan. Terlebih lagi jika digunakan untuk para profesional yang memerlukan hasil optimal. Oleh karena itu, ada baiknya Anda simak rekomendasi gimbal kamera untuk DSLR dan mirrorless terbaik 2024 yang dihimpun tim Doran Gadget kali ini.

Apa Itu Gimbal Kamera?

sc: Studio Binder

Sebelum beranjak pada rekomendasi gimbal kamera untuk DSLR dan mirrorless, terlebih dahulu perlu Anda ketahui apa itu gimbal kamera. Secara sederhana, alat ini merupakan perangkat maupun sistem dengan sensor dan motor yang berfungsi mencegah getaran saat pengambilan gambar maupun video.

Khususnya untuk pengambilan gambar bergerak, miring, maupun gerakan memutar kamera DSLR. Adapun prinsip kerjanya menggunakan sistem pitch, roll, yaw, dan sumbu XYZ. Kemudian gimbal ini akan menciptakan aliran terbalik secara berlawanan dengan getaran kamera. Hal itu bisa bekerja berkat fitur sensor yang disebut dengan Inertial Measuring Unit (IMU) yang terdapat pada kamera.

Seiring perkembangan teknologi, gimbal kamera pun dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Ini misalnya dapat dilihat dari sumbu atau axis yang dimilikinya untuk menjaga kestabilan lebih baik. Biasanya gimbal kamera DSLR maupun mirrorless memiliki dua atau tiga buah sumbu. Dengan tiga sumbu, pengambilan gambar akan lebih stabil. Namun, di sisi lain harga gimbal ini relatif lebih mahal.

Selain itu, beberapa gimbal juga kini dibekali dengan fitur remote control. Tentu, ini akan membantu pengguna mengoperasikan kamera walaupun berada di jarak yang cukup jauh sekalipun. Termasuk pula fitur pelacakan secara otomatis saat objek bergerak di bingkai dan mode video tertentu.

Baca juga: 7 Rekomendasi Gimbal Kamera Terbaik Agar Foto Makin Keren

Rekomendasi Gimbal Kamera DSLR

Berikut beberapa rekomendasi gimbal kamera DSLR dan mirrorless tahun 2024 yang bisa Anda pilih untuk aktivitas fotografi dan videografi dengan hasil terbaik:

1. DJI RS4 Series

Gimbal Kamera DSLR - DJI RS4
sc: YouTube/DJI

Pertama yang bisa Anda pilih adalah DJI RS4 dan masuk dalam jajaran Ronin Series. Gimbal ini bisa digunakan untuk Mirorrles maupun DSLR. Pengambilan gambar juga akan lebih stabil dan mampu memuat payload hingga 3 kilogram. Sementara itu, di seri DJI RS 4 Pro bisa membawa kamera dengan bobot sampai dengan 4.5 kilogram.

Material chasisnya menggunakan bahan alumunium dan coating teflon. Ini membuat sumbu tilt-nya lebih panjang. Untuk torsi motornya sendiri, diklaim ada peningkatan hingga 20% di ketiga sumbunya. Gimbal ini juga didukung Focus Pro Motor dan Focus Pro LiDAR yang menjadikan kamera lebih fokus otomatis. Kapasitas baterainya mampu hingga 29.5 jam penggunaan berkat dukungan G70 High-Capacity Battery Grip.

Harga DJI RS4: mulai Rp7 – Rp17 jutaan

Baca juga: 10 Gadget untuk Content Creator yang Wajib Dimiliki

2. Feiyutech Scorp Mini

Gimbal Kamera DSLR - Feiyutech Scorp Mini
sc: Kick Starter

Brand Feiyutech kini mulai dipertimbangkan di kalangan fotografer. Salah satunya adalah Feiyutech Scorp Mini. Seperti namanya, ini adalah gimbal mini untuk kamera mirorless, kamera pocket hingga smartphone. Meski begitu, cukup unggul dalam hal keseimbangan bobot yang lebih terpusat, bobot perangkat ringan hanya 787 gram, tangguh, dan pengoperasiannya mudah.

Kapasitas baterainya cukup besar hingga 2500mAh dengan voltase pengoperasiannya 6,8V-8,4V. Bekat kapasitas itu, gimbal bisa digunakan hingga 13 jam penggunaan. Cukup dengan mengisi daya hingga penuh sekitar 1.6 jam saja, Anda dapat menggunakannya sepuasnya. Feiyutech Scorp Mini dapat menampung kamera hingga 1.2 kilogram

Harga Feiyutech Scorp Mini: mulai Rp3.9 jutaan

3. Moza AirCross 3

Gimbal Kamera DSLR - Moza AirCross 3
sc: Gudsen MOZA

Gimbal untuk kamera mirrorless lainnya adalah Moza AirCross 3 yang mendukung untuk pengambilan gambar lebih baik.Bobotnya pun cukup ringan di kisaran 1.3 kilogram saja dan 1.5 kilogram dengan tripod. Untuk payload yang mampu dibawanya yakni mampu hingga 3.2 kilogram.

Baterainya menggunakan Li-On 2S1P dengan kapasitas 3400mAh. Dengan begitu membuat ketahanannya mampu hingga 19 jam penggunaan. Kontrol pada gripnya dapat dilakukan dengan dua tombol dalam mengatur mode dan arah. Kerennya lagi ada fitur penggunaan dalam mode re-center, terbalik, maupun four follow.

Harga Moza AirCross 3: Rp6.4 jutaan

4. Moza AirCross 2

sc: Gudsen

Rekomendasi yang keempat adalah Moza AirCross 2 yang merupakan generasi penerus dari sebelumnya. Stabilizer ini dilengkapi dengan berbagai mode, termasuk penggunaan dalam mode landscape maupun portrait saat merekam video dan foto yang menjadi bidikan utamanya.

Dari segi desainnya, Moza AirCross 2 terlihat ergonomis dan ramping. Sehingga, mudah dibawa ke mana saja saat traveling. Meskipun desainnya ramping, gimbal ini mampu menahan bobot hingga 3.2 kilogram. Sementara bobot gimbal sendiri sekitar 1 kilogram. Lalu, kapasitas baterainya 3.000 mAh dan bisa digunakan hingga 12 jam.

Harga Moza AirCross 2: Rp5.2 jutaan – Rp6.9 jutaan

Baca juga: 7 Tips Memilih Kamera Vlog Terbaik

5. Zhiyun Crane 2

sc: YouTube/Tomas Villegas

Zhiyun Crane 2 kompatibel untuk DSLR maupun mirrorless. Termasuk pula penggunaan untuk camcorder. Jika dibandig generasi sebelumnya, Zhiyun Crane 2 diklaim lebih responsif dan torsi motor yang mengalami peningkatan. Tak hanya itu saja, kestabilan pengambilan gambar maupun videonya pun lebih baik.

Gimbal ini mampu menahan beban kamera hingga 3.2 kilogram. Keunggulan lainnya adalah dari segi baterainya yang memiliki kapasitas jumbo 6.000 mAh. Dengan tipe baterai 18650 Lithium tersebut, membuatnya mampu digunakan sampai dengan 18 jam penggunaan normal.

Harga Zhiyun Crane 2: Rp5.5 jutaan – Rp6. jutaan

Baca juga: 5 Cara Membuat Video dengan Stabilizer Makin Keren

6. DJI RSC2 Gimbal Stabilizer

sc: YouTube/DJI Japan

Keenam, Anda bisa memilih DJI RSC2 untuk pengambilan gambar long shoots. Beban maksimal yang dapat ditampung oleh gimbal kamera DJI ini adalah 3 kilogram. Lalu, bobot gimbalnya sendiri sekitar 1.3 kilogram dengan material yang kokoh dan desain lebih ramping saat dilipat.

Pengaturannya semakin mudah dengan layar tipe OLED, namun DJI RSC2 tidak memiliki fitur touchscreen. Di sini Anda bisa memilih beberapa mode unggulan untuk hasil lebih baik. Mulai dari Pan Follow, Lock, Pan, Sport, SmoothTrack, dan Tilt Follow. Baterainya mampu dioperasikan hingga 14 jam penggunaan.

Harga DJI RSC2: Rp5.6 jutaan – Rp6.6 jutaan

7. Feiyu Tech G6 Max

sc: Fotografia Moderna

Di nomor empat ada Feiyu Tech G6 Max yang sangat stabil dan ringan. Walaupun desainnya ringan, gimbal kamera ini bisa menopang beban hingga 1.2 kilogram. Sementara itu, untuk bobot gimbalnya sendiri sekitar 665 gram saja. Dengan begitu, sangat cocok digunakan untuk DSLR, mirrorless, smartphone, maupun kamera saku.

Beberapa fitur unggulannya antar lain tiga sumbu utama yang dapat mengunci kamera saat digunakan dan meredam getaran, sehingga membuatnya lebih stabil. Lalu ada fitur Quick Release System dan Magic Focus Ring dengan berbagai peningkatan di sektor rotasi, fokus, zoom, dan lainnya. Ketahanan baterainya mampu digunakan hingga 12 jam.

Harga Feiyu Tech G6 Max: Rp2.9 jutaan – Rp4.8 jutaan

8. Manfrotto MVG220

sc: Amazon

Manfrotto MVG220 sangat cocok untuk pengguna yang menginginkan fitur serbaguna. Dengan tiga sumbu utama, membuatnya mudah digunakan di berbagai jenis kamera DSLR maupun mirrorless. Bobot gimbal ini sekitar 1.1 kilogram saja dan mampu menopang kamera dengan bobot hingga 2.2 kilogram. Tentu, ini sangat cocok untuk vlogger maupun videografer.

Pengoperasiannya juga mudah dengan fitur touchscreen pada layar LCD. Bahkan, engan aplikasi Manfrotto Gimbal Apps, Anda bisa mengoperasikan berbagai fitur secara remote di smartphone. Hanya saja kapasitas baterai untuk gimbal kamera ini hanya 7 jam penggunaan saja.

Harga Manfrotto MVG220: Rp5.5 jutaan – Rp6.2 jutaan

9. Gimbal Kamera Mirroless – Zhiyun WeeBill 3

sc: Camera Jabber

Di nomor enam ada seri Zhiyun WeeBill 3 yang disebut-sebut tangguh dalam hal ketahanan baterainya. Ini karena dalam sekali pengisian daya penuh, dapat digunakan hingga 21 jam penggunaan normal. Kemampuannya tersebut didukung dengan kapasitas baterai sebesar 7.800 mAh.

Beralih ke sektor desain, gimbal ini dirancang lebih ergonomis dan nyaman digunakan karena lebih ringan namun powerful. Terlebih lagi dengan tambahan fitur Quick Release System. Bahkan, pengguna bisa mengakses berbagai fitur unggulan yang terhubung dengan smartphone melalui ZY Play App.

Harga Zhiyun WeeBill 3: Rp6.8 jutaan – Rp7.5 jutaan

10. DJI RS3 Pro Gimbal Stabilizer

sc: YouTube/DJI

Rekomendasi terakhir ada DJI RS3 Pro dimana seri ini masuk dalam kategori flagship gimbal kamera DSL dan gimbal kamera mirrorless. Hal tersebut dikarenakan kemampuannya yang mampu menopang kamera hingga bobot 4.5 kilogram. Beda dari seri sebelumnya, RS3 Pro sudah dibekali fitur touchscreen dengan layar tipe OLED untuk menggunakan dan pengaturan mode yang dipilih.

Fitur lainnya yang tidak kalah penting adalah adanya lensa berteknologi LiDAR Range Finder. Teknologi ini dapat membuat fokus lebih akurat, termasuk menggunakan lensa manual menjadi auto-focus  hingga 14 meter. Ditambah lagi adanya fitur ActiveTrack Pro membuat pengambilan gambar semakin stabil. Ketahanan baterai dari gimbal ini adalah 12 jam penggunaan.

Harga DJI RS3 Pro: Rp13.6 jutaan – Rp17.3 jutaan

Baca juga: Spesifikasi DJI RS 3 dan RS 3 Pro: Apa Saja Fiturnya?

Pilih Sesuai Kebutuhan Anda

dji ronin 4d, ronin 4d, dji ronin (2)
sc: Drone DJ

Itu dia beberapa rekomendasi gimbal kamera DSLR dan gimbal kamera mirrorless terbaik di tahun ini dengan berbagai keunggulan masing-masing. Apapun pilihannya, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan keperluan. Di sini, Anda dapat mempertimbangkannya dari segi keseimbangan, bobot, ukuran, segi baterai, kemampuan, dan yang pertimbangan harga.

Selain membeli sesuai dengan kebutuhan, pastikan juga Anda membelinya di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget yang menjual gimbal kamera terbaik dari DJI beserta aksesorisnya. Produk yang dijual merupakan original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan pula berbagai promo menarik di setiap pembelian, khususnya melalui website dan aplikasi Doran Gadget.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>