Insta360 X4 vs GoPro Max

Doran GadgetKamera 360 banyak dijadikan pilihan untuk merekam video secara menyeluruh. Dalam hal ini, ada dua kamera yang patut diperhitungkan yakni Insta360 dengan mengusung seri terbarunya X4 dan GoPro yang hadir dengan Max-nya. Manakah yang terbaik dari adu fitur Insta360 X4 vs GoPro Max, simak ulasannya yang dirangkum tim Doran Gadget.

Spesifikasi Insta360 X4 vs GoPro Max

Mengenai spesifikasi Insta360 X4 maupun GoPro Max secara umum dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Spesifikasi Insta360 X4 GoPro Max
Dimensi 123.6 x 46 x 37.6 mm 69 x 64 x 25 mm
Bobot 203 gram 154 gram
Ukuran Layar 2.5 inci (touchscreen) 1.7 inci (touchscreen)
Resolusi Video Maksimal 8K (360), 4K (Single) 5.6K (360), 1440p(Single)
Resolusi Foto Maksimal 72MP 16.6MP
Ukuran Sensor 1/2 inci 1/2.3 inci
Image Stabilization FlowState Stabilization Max Hypersmooth
Audio 4 buah mikrofon 6 buah mikrofon
Pre-Recording Ya Tidak
Live Streaming Tidak Ya
Invisible Selfie Stick Ya Ya
Dukungan Mode Handsfree Voice Control, Gesture Control Voice Control
Ketahanan Air 10 ATM 5 ATM
Kapasitas Baterai 2290 mAh 1600 mAh

Baca juga: Mengenal Kamera 360 Derajat: Sudut Pandang Luas, Eksplorasi Tak Terbatas

Adu Fitur Insta360 X4 vs GoPro Max

Setelah mengetahui spesisikasi utamanya, ketahui pula berbagai fitur apa saja yang jadi keunggulan masing-masing. Mulai dari desain, kualitas foto dan video, dan pendukung lainnya. Melansir dari laman Synced dan sumber lainnya berikut di antaranya:

1. Desain dan Layar

sc: Insta360

Aspek pertama untuk perbandingan fitur Insta360 X4 vs GoPro Max ialah dari segi desainnya. Kedunya terlihat ringkas dan portable untuk dibawa ke mana saja. Namun, Insta360 X4 desainnya sedikit lebih besar dibanding GoPro Max. itu karena X4 memiliki layar cukup besar 2.5 inci, sementara GoPro Max layarnya hanya 1.7 inci saja.

Berkat layar yang besar inilah, X4 lebih mudah dioperasikan dan memberikan pengalaman ekstra kepada penggunanya. Di segi ketahanan, Insta360 X4 unggul karena layar terlindungi dengan Corning Gorilla Glass termasuk lensa yang bisa dipasang-lepas. Sehingga optimal dalam melindungi dari goresan dan kerusakan lainnya.

Dalam hal ketahanan air, Insta360 X4 mampu digunakan hingga 10 meter dan dapat bertahan di suhu ekstrem antara -20°C hingga 40°C. Sementara, GoPro Max hanya memiliki ketahanan air hingga 5 meter saja. Begitu pun ketahanan suhu yang bisa dioperasikan pada temperatur 10°C hingga 35°C.

Baca juga: 10 Rekomendasi Kamera Insta360 Terbaik untuk Bikin Vlog

2. Kualitas Foto dan Video

Insta360 X4 vs GoPro Max (3)
sc: GoPro

Bagi para content creator, kualitas foto dan video adalah hal penting utama dalam memilih action camera 360 terbaik. Di sini, Insta360 X4 menawarkan keunggulan dengan dukungan resolusi kamera hingga 8K untuk video 360 dan 4K untuk video single-lens. Lalu, untuk GoPro Max terbatas hanya bisa pada resolusi 5.6K untuk video 360 dan 1440p di mode single-lens serta 16.6 MP untuk foto.

Di samping itu, Insta360 X4 juga mendukung mode HDR untuk pengambilan video dan foto. Ini tentu tidak ditemukan pada GoPro Max. Adapun keunggulan dari HDR ialah mampu menghadirkan kualitas gambar lebih baik dan detail. Tentu, ini bisa diandalkan dalam kondisi kontras yang tinggi di area outdoor, misalnya pada saat langit cerah, sunrise maupun sunset.

Pada kondisi cahaya rendah, Insta360 X4 pun tak kalah unggul. Berkat adanya sensor gambar ½ inci dan dukungan algoritma untuk pemrosesan gambar, memungkinkannya untuk menangkap hasil rekaman lebih baik. Beda halnya dengan GoPro Max dengan sensor 1/2.3 yang hasilnya terlihat tidak sebaik X4.

3. Kualitas Audio

sc: Insta360

Kualitas foto dan video memang penting, tapi kualitas audio juga tidak boleh dikesampingkan saat memilih action cam 360. Keduanya sebenarnya mampu merekam audio yang imersif dan dapat disesuaikan. Itu artinya, audio secara otomatis menyesuaikan dengan perspektif audiens untuk 360 secara menyeluruh.

Adanya fitur wind reduction di kedua kamera dapat meningkatkan kualitas audio untuk perekaman di area outdoor. Hal yang membedakan di sini adalah, Insta360 X4 memiliki Active Wind Reduction dalam meredam dan mengurangi kebisingan saat kondisi angin kencang.

Akan tetapi, pada jumlah mikrofon GoPro Max lebih banyak dengan enam buah mikrofon. Sementara, Insta360 X4 hanya dibekali empat mikrofon saja. Keuntungannya, dengan mikrofon yang lebih banyak GoPro Max dapat menangkap audio lebih mendetail dan menghadirkan pengalaman yang imersif.

4. Ketahanan Baterai

Insta360 X4 vs GoPro Max
sc: Trusted Reviews

Bagaimana soal ketahanan baterainya? Ini pun jadi pertimbangan yang utama pula. Apalagi jika Anda sering menggunakannya di area outdoor. Maka hal tersebut merupakan poin penting. Mengingat, Anda akan sedikit kesulitan menemukan sumber untuk mengisi daya ulang baterai ketika habis.

Insta360 X4 memiliki kapasitas baterai 2290 mAh dan dapat menangkap gambar selama 135 menit untuk video 5.7K dengan sekali pengisian daya. GoPro Max dibekali dengan baterai berkapasitas 1600 mAh. Dengan kapasitas itu memiliki kemampuan merekam gambar dan video hingga 80 menit penggunaan.

Lama pengisian daya baterai juga berbeda. Dimana Insta360X4 dapat diisi ulang hingga penuh hanya dalam waktu 55 penit hingga penuh dan 80% hanya dala 38 menit. Sebaliknya, GoPro Max memerlukan waktu lebih lama untuk pengisian sampai penuh sekitar 3 jam.

5. Fitur Pendukung Lainnya

apa itu surfing (2)
sc: TeqClub

Untuk menunjang penggunaan yang optimal, baik Insta360 X4 maupun GoPro Max sama-sama dibekali fitur pendukung unggulan. Misalnya fitur Reframing untuk memilih sudut terbaik dalam merekam video 360°. Termasuk pada saat pasca produksi. Masing-masing bisa dilakukan dengan aplikasi bawaan pabrikan yakni Insta360 App dan Insta360 untuk X4. Sedangkan untuk GoPro menggunakan aplikasi GoPro Quik.

Dimana kedua tools tersebut menawarkan beragam fitur edit. Akan tetapi Insta360 X4 lebih unggul dari GoPro Quik dengan dukungan pengeditan menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan video yang kreatif dengan mudah. Misalnya fitur Deep Track hingga Sky Swap.

Termasuk juga fitur lain seperti Pre-Recording, Cancel Recording, Voice Control, Gesture Control hingga Auto Dash untuk dashcam konten motovlog. Lalu ada Stats Dashboard yang dapat menampilkan data dari perangkat Apple Watch maupun Garmin. Satu hal yang tidak dimiliki Insta360 X4 dibanding GoPro Max adalah dukungan untuk live streaming. Dan hal itulah yang membuat GoPro Max unggul.

6. Harga Insta360 X4 vs GoPro Max

Insta360 X4 vs GoPro Max (4)
sc: 360 Bubble

Terakhir adalah mengenai perbandingan harga kedua kamera. Di Indonesia sendiri harga Insta360 X4 dibanderol mulai Rp9 jutaan. Sedangkan untuk GoPro Max mulai Rp8 jutaan. Namun harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu di tingkat penjual atau distributor resmi tanah air.

Hal tersebut dikarenakan berbagai faktor. Mulai dari kebijakan fiskal hingga pajak atas barang impor yang masuk. Oleh karena itu, sebelum membelinya pastikan Anda up to date harga terbarunya untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Baca juga: 8 Kamera GoPro Terbaik Abadikan Aksi Anda, Cocok untuk Vlog!

Mana yang Terbaik untuk Anda?

Insta360 X4 vs GoPro Max (2)
sc: YouTube/Zander Round

Lalu, mana yang terbaik dan tepat untuk Anda pilih? Jika dilihat dari segi kualitas foto dan video, fitur pendukung yang komprehensif, maka Insta360 X4 lebih unggul dibanding GoPro Max. Termasuk juga ketahanan baterai dan pengoperasian yang mudah.

Di sisi lain, GoPro Max memang unggul dalam hal harga yang lebih terjangkau. Begitu pun soal desain yang compact dan kualitas audio serta mikrofon lebih baik. Khususnya juga untuk kemampuan dan kebutuhan live streaming. Apapun itu, dalam memilihnya adalah sesuaikan kebutuhan maupun penggunaan dan budget.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Kamera Vlog untuk YouTuber 2024

Penutup

Nah, itu dia Sobat Soran perbandingan antara Insta360 X4 vs GoPro Max yang perlu Anda ketahui dan bahan pertimbangan untuk memilih. Selain sesuai kebutuan dan penggunaan, pastikan Anda membelinya di tempat terbaik dan terpercaya.

Salah satunya adalah Doran Gadget yang menjual produk GoPro dan Insta360 original dengan garansi resmi. Dapatkan pula promo menarik di setiap pembelian melalui website dan aplikasi Doran Gadget. Ikuti komunitas content creator terbesar Doran Creator via WhatsApp dengan cara klik di sini!

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>