DJI IndonesiaSetelah beberapa waktu lalu DJI merilis Mini 3 Pro, brand yang dikenal dengan produk drone terbaik ini kembali meluncurkan produk baru. Yakni dua buah gimbal kamera DJI RS 3 dan RS 3 Pro serta transmitter. Tentu, keduanya menjadi pilihan tepat bagi para pembuat film profesional karena teknologi yang dimilikinya. Seperti apa spesifikasi DJI RS 3 dan RS 3 Pro beserta fiturnya? Simak ulasannya di artikel ini.

Spesifikasi DJI RS 3 dan RS 3 Pro

Berikut perbandingan spesifikasi DJI RS 3 dan RS 3 Pro yang perlu Anda ketahui sebelum memilih dan membelinya, seperti dilansir dari website resmi DJI:

 Spesifikasi DJI RS 3 DJI RS 3 PRO
 Bobot Gimbal 1.3 kg 1.5 kg
 Bobot Maksimum 3.0 kg 4.5 kg
 Kombinasi Lensa dan Kamera Sony: A7S3/A7M4/A7C/A1 + FE 24-70 mm F2.8
 Canon: R5/R6 + RF 24-70 mm F2.8
 Nikon: Z6 II/Z7 II + Z 24-70mm f/2.8
 Panasonic: GH6 + M4/3 12-60 mm F2.8-4.0
 Fuji: X-T4 + X 16-55 mm F2.8
 Red: Komodo + RF 24-70 mm F2.8
 Blackmagic Design: BMPCC 6K Pro + EF 24-70 mm F2.8
 Sony: FX6/FX3 + FE 24-70 mm F2.8
 Canon: C70/R5C/R3 + RF 24-70 mm F2.8
 Nikon: Z9 + Z 24-70 mm F2.8
 Panasonic: S1H + L 24-70 mm F2.8
 Ekspansi Tidak Ada Vehicle mount, Steadicam, slider, cable cam, jib
 Axis Lock Automated axis locks Automated axis locks
 Material Arm Axis Aluminum alloy Carbon fiber
 Quick Release  Dual-layered Dual-layered, extended
 Stabilization Algorithm 3rd-Gen RS Stabilization Algorithm 3rd-Gen RS Stabilization Algorithm
 Shutter Connection Bluetooth, shutter release cable Bluetooth, shutter release cable
 Parameter Setting Screen 1.8” OLED full-color touchscreen 1.8” OLED full-color touchscreen
 Shortcut Gimbal mode switch Gimbal mode switch
 Focusing System Tidak Ada LiDAR focusing system (multi-point)
 Video Transmission System DJI Ronin Image Transmitter DJI Transmission, DJI Ronin Image Transmitter
 Expansion Port NATO RSA, NATO, charging adapter port
 Ketahanan Baterai 12 jam dengan pengisian 2.5 jam 12 jam dengan pengisian 1.5 jam

Baca juga: 7 Rekomendasi Gimbal Kamera Terbaik 2022

Fitur yang Dimiliki

Seperti disebutkan sebelumnya, gimbal kamera terbaru dari DJI ini merupakan generasi selanjutnya dari RSC 2. Fitur yang paling mencolok di antaranya adalah sistem penguncian secara otomatis pada gimbal saat dibawa. Kemudian, touchscreen-nya RS 3 dan RS Pro lebih besar dengan ukuran 1.8 inci OLED dan ada switch untuk penggunaan mode pengambilan gambar seperti Pan Follow atau Tilt Follow.

Dari segi performa dari spesifikasi DJI RS 3 dan RS 3 Pro lebih halus, begitu pun dengan perpindahannya. Performa yang lebih stabil ini berkat adanya teknologi 3rd-Gen RS Stabilization Algorithm. Inilah yang membuatnya cukup unggul dibandingkan seri sebelumnya.

Bicara mengenai ukurannya, memang cukup lebih besar. Misalnya saja pada RS 3 Pro yang memiliki arm yang panjang. Sehingga dapat memuat kamera dan lensa yang berukuran besar sekalipun. Gimbal terbaru DJI juga bisa menahan bobot yang berat antara 3 kilogram sampai dengan 4.5 kilogram untuk seri Pro.

Fitur lainnya yang tidak kalah penting adalah adanya lensa berteknologi LiDAR Range Finder. Teknologi ini dapat membuat fokus lebih akurat, termasuk menggunakan lensa manual menjadi auto-focus  hingga 14 meter. Ditambah lagi adanya fitur ActiveTrack Pro membuat pengambilan gambar semakin stabil.

Baca juga: Perkenalkan DJI Ronin 4D, Kamera Sinema dengan Segudang Fitur Canggih

DJI Juga Luncurkan DJI Transmission

Selain meluncurkan dua gimbal stabilizer, DJI juga meluncurkan transmitter untuk sistem wireless video yang disebut DJI Transmission. Dimana teknlogi ini memungkinkan pengguna memonitor dan mengontrol kamera dari jarak jauh, khususnya menggunakan DJI RS 3 Pro secara bersamaan.

Kerennya lagi, transmisi ini diklaim dapat memonitor video secara langsung hingga jarak 6 kilometer pada 1080p dan 60fps. Hal tersebut dimungkinkan berkat dukungan dari teknologi Dynamic Frequency Selection (DFS) dengan frekuensi antara 2.4GHz dan 5.8GHz. Dimana frekuensi ini memiliki tingkat interferensi rendah dan pengguna dapat melakukan pengeaturan secara manual dalam memlih channel untuk menghindari tumpang tindih frekuensi dengan perangkat lain.

Nantinya, DJI Transmission memiliki layar berukuran 7 inci dan tingkat kecerahan 1500-nit. Dengan begitu, memudahkan pengguna saat mengoperasikannya di berbagai kondisi. Dilansir The Verge, produk ini akan mulai dijual pada bulan September 2022.

Baca juga: DJI Ronin-S Gimbal: Stabilizer Terbaik Pilihan Profesional

Penutup

Bagaimana Sobat Doran, keren bukan gimbal stabilizer terbaru dari DJI di atas? Selain mengetahui mengenai spesifikasi DJI RS 3 dan RS 3 Pro, penting juga mengetahui harga keduanya. Di Indonesia sendiri untuk harga DJI RS 3 dijual mulai dari Rp7.4 jutaan. Sedangkan DJI RS 3 Pro harga yang dipasarkan adalah sekitar Rp13.6 jutaan.

Anda bisa mendapatkannya di toko resmi DJI Indonesia seperti Doran Gadget. Kami menjual produk DJI original dengan garansi resmi pabrikan. Mulai dari drone, gimbal kamera, dan aksesoris lainnya. Selain garansi dan jaminan barang asli, ada berbagai promo menarik. Informasi lebih lanjut follow Instagram Doran Gadget atau hubungi CS kami via WhatsApp dengan klik di sini.

Artikel terkait:

× WhatsApp