DJI IndonesiaRemote controller merupakan perangkat penting dan utama dalam penerbangan drone dan manuver di udara. Khusus untuk drone DJI, pihak pabrikan pun memproduksi remote drone dengan spesifikasi tertentu. Salah satunya adalah spesifikasi DJI RC Pro yang disebut-sebut sebagai controller DJI yang memiliki ketahanan cukup tinggi. Terutama untuk proyek seperti pemetaan, videografi, dan sebagainya. Berikut ulasannya yang dirangkum oleh tim Doran Gadget dari berbagai sumber.

Spesifikasi DJI RC Pro Secara Umum

Berikut spesifikasi DJI RC Pro secara umum dari berbagai segi yang penting diketahui sebelum Anda membelinya seperti yang tertulis dalam website resmi DJI:

Dimensi dan Bobot 183.27×137.41×47.6 mm (antena dilipat dan controller tidak terpasang)
183.27×203.35×59.84 mm (antena tak dilipat dan controller terpasang)
Bobot: 680 gram
Transmisi Video O3+
Jarak Jangkau 15 km (FCC), 8 km (CE/SRRC/MIC)
Frekuensi Operasi 2.400-2.4835 GHz
5.725-5.850 GHz
Antena 4 Antena 2T4R
Transmitter Power 2.4 GHz: ≤33 dBm (FCC); ≤20 dBm (CE/SRRC/MIC)
5.8 GHz: ≤33 dBm (FCC); ≤14 dBm (CE); ≤23 dBm (SRRC)
Bluetooth Bluetooth 5.1 (2.400-2.4835 GHz0
Resolusi Layar 1920×1080
Ukuran Layar 5.5 inches
Frame Rate 60 fps
Kecerahan 1000 nits
Touch Control 10-point multi-touch
Baterai Li-ion (5000 mAh @ 7.2 V)
Lama terbang: 3 hours
Navigasi GPS + Galileo + GLONASS
Kompatibilitas DJI Mavic 3, DJI Mavic 3 Cine, DJI Air 2S

Baca juga: Perbandingan Drone Remote DJI RC vs DJI Smart Controller

Keunggulan DJI RC Pro

Setelah mengetahui spesifikasi DJI RC Pro secara umum, penting juga untuk Anda ketahui mengenai fitur-fitur terbaik dari remote controller DJI ini. Melansir dari laman Halo Robotics, setidaknya ada lima fitur unggulan yang bisa dirasakan oleh pengguna saat menerbangkan drone, di antaranya adalah:

  1. DJI RC Pro memiliki tampilan layar dengan fitur high resolution. Hal ini sangat membantu untuk menginspeksi saat pemetaan dan dapat menghasilkan gambar yang detail dan jernih. Bahkan saat berada di bawah sinar matahari secara langsung.
  2. Memiliki ketahanan yang tangguh di segala kondisi cuaca ekstrem sekalipun. Hal ini dimungkinkan berkat adanya fitur proteksi IP54. Bahkan pengguna bisa mengooperasikannya pada suhu -20° sampai dengan 50° Celcius. Dengan begitu, remote pun lebih tahan terhadap air maupun debu.
  3. Tombol fisik yang intuitif dan mudah dioperasikan oleh pilot drone. Misalnya untuk misi penyelamatan dan pencarian dalam kondisi cuaca yang ekstrem.
  4. DJI RC Pro sudah upgrade dengan 4G. Selain itu, antenanya dapat disesuaikan baik untuk pemasangan dan dilepas kembali. Berkat koneksi 4G inilah membuat koneksinya semakin lancar.
  5. Didukung dengan fitur O3+, dimana fitur ini mampu membuat koneksi transmisi lebih jauh dan performa lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Termasuk dapat diintegrasikan dengan aplikasi berbasis Android dari DJI. Tingkat latensinya juga sangat rendah di kisaran 120ms.

Baca juga: Mengenal Fungsi Tombol Remote Controller Drone

Fitur DJI RC Pro

Kemudian, dari segi fiturnya pun DJI RC Pro juga memiliki kenggulan dari berbagai segi. Mulai dari segi desainnya, kamera yang dimiliki, sensor, hingga ketahanan baterainya. Begitu pun dari segi harganya pun perlu Anda ketahui.

1. Desain Ergonomis

Fitur yang pertama ialah adalah dari segi desain. Bisa dibilang walaupun ukurannya cukup besar namun memiliki bobot yang ringan yakni sekitar 680 gram. Selain itu, dengan antena yang mudah dipasang dan dilepas, membuatnya dapat disimpan di tas khusus berukuran kecil. Terdapat tiga buah port yang dapat dipasang masing-masing yakni microSD, USB-C, dan Mini-HDMI. Kemudian juga terdapat speaker di bagian remote ini.

2. Fitur untuk Media Sosial

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, DJI RC Pro kompatibel dan terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga dengan sistem Android. Misalnya saja dengan DJI Sky Talk dan DJI Plus, Anda dapat melakukan streaming pengambilan video menggunakan drone dan dikendalikan dengan remote controller ini. Pengguna pun bisa membagikan footgae yang mereka ambil ke pengguna lainnya dengan mudah.

3. Spesifikasi DJI RC Pro – Menggunakan Prosesor Terbaru

Prosesor menjadi hal penting untuk remote drone. Oleh karena itu, untuk mendukung performa, DJI RC Pro dilengkapi dengan prosesor terbaru. Hal tersebut membuat penggunaan lebih stabil. Terutama dalam melakukan manuver drone di udara. Prosesor terbaru ini juga disebut-sebut lebih tangguh di berbagai kondisi saat penerbangan.

Baca juga: Cara Menghubungkan DJI Mini 3 Pro ke Controller

4. Ketahanan Baterai

Selanjutnya adalah dari segi ketahanan baterai. DJI RC Pro mendukung untuk waktu penerbangan lebih lama dengan ketahanan hingga 3 jam. Baterai ini memiliki kapasitas 5000 mAh dan dapat diisi ulang menggunakan charger USB dengan daya 12V atau 15V. Lama pengisian dayanya pun bervariasi. Jika menggunakan USB berdaya 12V maka diperlukan waktu sekitar 2 jam. Lalu, jika menggunakan daya 15V diperlukan waktu lebih cepat yakni 1.5 jam saja.

5. Harga DJI RC Pro

Terakhir adalah mengenai harga yang ditawarkan. Di laman resmi DJI Sendiri, DJI RC Pro dibanderol seharga 1.199,00US$. Atau jika dikonversikan ke mata uang rupiah di kisaran Rp14.5 jutaan. Harga tersebut bisa saja berubah dan lebih tinggi karena adanya kebijakan fiskal dan pajak atas barang impor yang masuk ke tanah air.

Baca juga: Cara Menghubungkan dan Menggunakan Remote DJI Mavic 3

Penutup

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai spesifikasi DJI RC Pro yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan penerbangan drone. Tak hanya untuk fotografi dan videografi saja, tetapi juga untuk proyek lainnya seperti pemetaan. Anda bisa mendapatkan drone terbaik dan aksesorisnya hanya di Doran Gadget.

Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, DJI Bali, dan DJI Manado, kami menjual produk original DJI dengan garansi resmi pabrikan. Informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan barang dan pembelian hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Follow juga Instagram Doran Gadget sekarang juga untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

×