DJI IndonesiaDrone remote atau remote controller adalah bagian penting dalam mengoperasikan drone. DJI sendiri memiliki remote khusus untuk memudahkan pengguna, khususnya untuk mengontrol manuver drone ketika di udara.

Selama ini ada dua jenis perangkat pengendali yang dikeluarkan oleh DJI yakni remote controller itu sendiri dan Smart Controller. Apa perbedaan masing-masing dan fiturnya, serta mana yang tepat untuk Anda pilih? Simak ulasannya di artikel yang dirangkum tim Doran Gadget kali ini.

Spesifikasi Drone Remote DJI

cara update firmware dji mavic 3

Secara umum, remote controller untuk drone DJI dibagi menjadi tiga tipe yakni DJI RC Standard, DJI RC Pro, dan DJI RC-N1. Kemudian, DJI juga mengembangkan drone remote yang didesain lebih canggih yakni DJI Smart Controller. Berikut spesifikasi keempatnya yang perlu diketahui:

 Spesifikasi DJI RC PRO DJI RC DJI RC-N1 Smart Controller
 Kompatibilitas Drone DJI Mavic 3 ( termasuk Cine)
 DJI Air 2S
 DJI Mini 3 Pro DJI Mini 3 Pro
 DJI Mini 2
 DJI Mavic Air 2
 DJI Air 2S
 DJI Mavic 3
 DJI Mini 2
 DJI Air 2S
 DJI Mavic Air 2
 DJI Mavic 2 Pro dan Zoom
 DJI Mavic 2 Enterprise Series
 DJI Mavic 2 Enterprise Advanced
 DJI Phantom 4 Pro V2. 0
 Layar Built-in Ya Ya Tidak Ya
 Ukuran Layar 5.5 inci 5.5 inci Tergantung pada mobile device
 Mendukung untuk device 180mmx86mmx10mm
 Kompatibel juga dengan holder tablet
 5.5 inci
 Resolusi dan tingkat kecerahan 1,000 cd/m²
 1920 x 1080 resolution
 700  cd/m²
 1920 x 1080 resolution
 Tergantung pada mobile device 1,000 cd/m²
 1920 x 1080 resolution
 Bobot 686 gram 392 gram 387 gram tanpa mobile device 630 gram
 Transmisi (CE) 8 kilometer 8 kilometer Hingga 8 kilometer 6 kilometer
 Frekuensi 2.400-2.4835 GHz
 5.725-5.850 GHz
 2.400-2.4835 GHz
 5.725-5.850 GHz
 2.400-2.4835 GHz
 5.725-5.850 GHz
 2.400-2.4835 GHz
 5.725-5.850 GHz
 Live View Hingga 1080p/60fps 1080p/60fps Hingga 1080p/60fps (tergantung pada performa device) 1080p/60fps
 Occusync O3+ DJI O3 DJI Air 2S/Mini 3 Pro: DJI O3
 DJI Mavic 3: O3+
 Occusync 2.0
 Lama Operasional 3 jam Sekitar 4 jam 6 jam tanpa pengisian ulang device
 6 jam jika digunakan bersamaan dengan pengisian daya baterai device
 2.5 jam
 Kapasitas Penyimpanan 32GB internal dan mendukung penyimpanan micro SD hingga 512GB mendukung penyimpanan micro SD hingga 512GB Tergantung pada mobile device ROM 16 GB + dan mendukung penyimpanan micro SD hingga 128GB
 Dijual Terpisah Ya
 Tidak Tidak Ya, namun saat ini sudah tidak tersedia secara terpisah
 Ketahanan Air Tidak Tidak Tidak Tidak

Baca juga: Mengenal Fungsi Tombol Remote Controller Drone

Fitur Drone Remote DJI

Setelah Anda mengetahui mengenai spesifikasi ketiga tipe drone remote DJI dan smart controller. Penting juga untuk diketahui fitur apa saja yang dimiliki oleh keempat tipe tersebut. Melansir dari laman Heliguy, berikut beberapa di antaranya:

1. DJI RC Pro

DJI RC Pro dirilis pada akhir tahun 2021 bersamaan dengan DJI Mavic 3 dan remote ini menjadi generasi terbaru yang menggantikan DJI Smart Controller. Dimana pada perangkat ini memiliki peningkatan fitur yang signifikan. Misalnya saja konsumsi daya yang rendah dan penggunaan lebih lama serta kontrol yang lebih halus. Untuk pengisian daya baterai maksimal, setidaknya perlu diisi ulang selama 2 jam.

Drone remote ini juga memiliki tombol-tombol penting seperti Individual Back, Flight Pause dan Return to Home. Termasuk mode penerbangan yang bisa disesuaikan dengan kondisi. Layarnya pun sudah mendukung fitur touchscreen dan memiliki tingkat kecerahan tinggi, bahkan ketika dibawah cahaya matahari langsung tetap jelas.

2. DJI RC

Bagi Anda pengguna DJI Mini 3 Pro, remote ini sangatlah tepat. Sebab, selain diluncurkan dengan rlis drone tersebut pada Mei 2022, peruntukannya pun khusus hanya untuk DJI Mini 3 Pro saja. Layarnya sudah mendukung touchscreen dan terintegrasi dengan aplikasi seperti DJI Fly App.

Kontrol drone menjadi lebih mudah berkat dua tombol pengaturan gimbal. Satu untuk mengontrol tilt dan tombol lainnya untuk mengatur zoom. Juga ada tombol kustomisasi yang digunaka dalam merekam video dan menjaga fokus objek bidikan. Sayangnya, remote ini tidak dibekali tombol Back. Dengan kata lain, pengguna mengontrol drone dengan touchscreen. Desain untuk port SD Card semakin aman karena memiliki pelindung antii-air.

Baca juga: Resmi Rilis, Ini Spesifikasi DJI Mini 3 Pro

3. Drone Remote – DJI RC-N1

Selanjutnya adalah DJI RC-N1 yang merupakan drone remote DJI untuk beberapa drone di seri Mini dan Mavic. Beda dari seri lainnya, pada remote ini tak dibekali dengan layar. Jadi, pengguna perlu menambahkan layar menggunakan smartphone atau mobile device lainnya. Selain itu, DJI RC-N1 cukup populer, walaupun tidak selengkap DJI RC, DJI RC Pro, dan Smart Controller setidaknya mumpuni untuk mengontrol penerbangan.

Karena tidak dibekali layar dan memiliki tingkat kecerahan layar berbeda-beda tergantung device, maka pengguna dapat menggunakan pelindung seperti Monitor Hood. Tujuannya untuk melindungi perangkat smartphone dari paparan cahaya matahari langsung dan membuat penggunaan lebih nyaman. Di sisi lain, DJI RC-N1 dibekali dengan holder untuk tablet berukuran 7-10 inci.

4. DJI Smart Controller

Apa yang menjadi keunggulan dari DJI Smart Controller adalah memiliki dukungan untuk port HDMI. Dimana dapat digunakan untuk merekam video hingga 4K. Selain itu juga terdapat slot untuk microSD, port untuk USB type-C, dan USB type-A. Penggunaannya cukup sering dalam pengoperasian seri Enterprise. Hal ini karena, beda tipe dan seri drone beda pula fungsinya. Meski begitu, DJI Smart Controller dibekali pula dengan tombol dasar seperti Back, Return to Home, Flighht Pause, dan Flight Mode.

Anda bisa menggunakannya dengan dukungan aplikasi pihak ketiga. Termasuk dukungan pada sistem Android menggunakan DJI Mobile SDK. Di sisi lain, transmisinya memang lebih rendah dibanding ketiga remote sebelumnya. Begitu pula dengan daya baterainya. Namun, soal kenyamanan penggunaan memang tak diragukan lagi.

Baca juga: Cara Menghubungkan dan Menggunakan Remote DJI Mavic 3

Drone Remote Terbaik untuk Anda

menghubungkan remote dji mavic 3 (1)

Setidaknya itulah ulasan singkat mengenai beberapa seri drone remote yang dikeluarkan oleh DJI. Dengan mengetahui perbandingan dan spesifikasi di atas, setidaknya dapat membantu dalam memilih mana remote yang tepat untuk drone Anda sesuai kebutuhan.

Pastikan Anda mendapatkan remote tersebut di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget sebagai toko resmi DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Bali,dan DJI Semarang. Selain jaminan barang asli, Anda juga akan mendapatkan keuntungan lain seperti promo, poin cashback, dan sebagainya. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami di sini, dan follow Instagram kami untuk mengetahui promo yang ada.

Artikel terkait:

× WhatsApp