Snapdragon 8 Gen 2 Vs A16 Bionic - FI

Doran GadgetSnapdragon 8 Gen 2 vs A16 Bionic menarik untuk disimak para pecinta teknologi, khususnya smartphone. Sebab, kedua chip tersebut diklaim sebagai yang terbaik di kelasnya. Termasuk Qualcomm sendiri yang menyebut chipset baru ini bakalan memberikan nilai lebih untuk ponsel flagship Android.

Sementara, A16 Bionic merupakan chipset besutan Apple yang dipasang di iPhone seri terbaru seperti iPhone 14 Pro. Lalu, siapa yang lebih unggul antara keduanya? Simak ulasannya yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget dalam artikel kali ini.

Perbandingan Snapdragon 8 Gen 2 vs A16 Bionic

Untuk melihat perbandingan antara Snapdragon 8 Gen 2 Vs A16 Bionic ini, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui spesifikasi keduanya. Melansir dari laman Beebom, berikut tabel spesifikasinya dari segi fitur-fitur yang dimiliki:

 Fitur  Snapdragon 8 Gen 2  Apple A16 Bionic
 CPU  Octa-core, Kryo CPU  Hexa-core CPU, 16 billion transistors
 CPU Core  1x 3.2GHz (Cortex-X3)
 2x 2.8GHz (Cortex-A715)
 2x 2.8GHz (Cortex-A710)
 3x 2.0GHz (Cortex-A510)
 2x 3.46GHz High-performance cores (Everest)
 4x 2.02GHz High-efficiency cores (Sawtooth)
 Process Technology  TSMC 4nm process  TSMC’s 4nm process
 GPU  Adreno 740 GPU; Hardware-accelerated Ray Tracing  Apple-designed 5-core GPU
 AI dan Machine Learning  New AI Engine, Hexagon Processor  New 16-core Neural Engine; 17 TOPS
 ISP  Triple 18-Bit Spectra ISP; Cognitive ISP, Snapdragon Sight  Apple-designed New Image Signal Processor
 Kapabilitas Kamera  Mampu menangkap foto hingga 200MP, 36MP triple shots dengan SZL  ProRAW photos at 48MP, Photonic Engine
 Kapabilitas Video  8K HDR, Bokeh Engine 2  4K HDR Dolby Vision @ 60FPS
 Cinematic [email protected]
 Action mode
 Modem  Snapdragon X70 5G modem
 Up to 10 Gbps Peak Download
 Up to 3.5 Gbps Peak Upload
 Snapdragon X65 5G modem
 Up to 10 Gbps Peak Download
 Up to 3.5 Gbps Peak Upload
 Dukungan WiFi  Wi-Fi 7  Wi-Fi 6
 Bluetooth  Bluetooth 5.3, LE Audio, Dual Bluetooth Antenna, aptX Lossless  Bluetooth 5.3
 Fitur Lainnya  AV1 Codec Support
 NavIC Support
 No AV1 Codec Support
 No Navic Support

Baca juga: Urutan Prosesor Snapdragon Terendah Hingga Tertinggi

Snapdragon 8 Gen 2 vs A16 Bionic: Mana yang Terbaik?

Lantas, mana yang terbaik antara Snapdragon 8 Gen 2 Vs A16 Bionic? Dalam pengujian yang dilakukan pada Geekbench, Snapdragon 8 Gen 2 memperoleh skor 1485 poin dalam hal pengujian untuk single core. Di sisi lain, untuk uji yang sama, A16 Bionic skornya 1874. Sementara itu, untuk uji multi-core lagi-lagi chipset terbaru bikinan Apple ini unggul dengan skor 5371. Snapdragon 8 Gen 2 di sini tertinggal cukup jauh dengan skor hanya 4739.

Di sisi lain, Snapdragon 8 Gen 2 membawa CPU Core Cortex-A510 yang menggantikan A55. Dimana CPU Core terbaru ini diklaim mampu 35% lebih cepat, selain itu dapat menghemat daya sekitar 20%. Akan tetapi, Snapdragon 8 Gen 2 patut pula mewaspadai Apple yang menyematkan CPU Core dengan frekuensi yang lebih tinggi. Tak hanya itu saja, walaupun frekuensi tinggi, suhunya pun akan lebih stabil.

Baca juga: Urutan Prosesor iPhone Terendah hingga Tertinggi

Penutup

Itu dia ulasan mengenai perbandingan Snapdragon 8 Gen 2 dengan A16 Bionic yang perlu Anda ketahui. Dari segi spesifikasi, memang A16 Bionic lebih unggul dari hasil benchmark. Namun, untuk lebih mengetahui pastinya, kita perlu mencobanya di smartphone komersil yang menggunakan nantinya.

Agar nyaman menggunakan smartphone dengan chipset terbaru ini, Anda bisa melengkapinya dengan aksesoris gadget terbaik yang bisa Anda dapatkan di Doran Gadget. Kami menjual berbagai produk aksesoris gadget original dengan garansi resmi pabrikan.

Selain itu, dapatkan pula meraih promo terbaik di waktu tertentu. Terutama untuk pembelian di store, marketplace, website, maupun aplikasi kami. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget di smartphone Anda sekarang juga.

Artikel terkait:

× WhatsApp