Doran Gadget – Sebagai perusahaan ekslusif yang memproduksi, mengembangkan, dan memasarkan produk mereka sendiri, Apple memang terkenal dengan konsep desain arsitektur mereka sendiri yang telah dipatenkan. Karena itu tak heran jika prosesor Apple hanya bisa digunakan pada perangkat Apple itu sendiri. Nah bagi Anda yang ingin membeli iPhone, sebaiknya cek urutan prosesor iPhone terendah hingga tertinggi di bawah ini. 

Urutan Prosesor Iphone Terendah hingga Tertinggi

Apple mengembangkan SoC A series yang menjadi otak dibalik perangkat mobile mereka seperti iPhone, iPad, dan iPod. Bahkan A series juga digunakan pada perangkat Apple TV mereka. Series terbaru adalah Apple A16 Bionic yang baru saja diluncurkan dan digunakan pada perangkat iPhone terbaru mereka yaitu iPhone 14. 

Nah, kali ini mari berkenalan dengan ururtan prosesor iPhone terendah hingga tertinggi yang digunakan pada iPhone. 

1. A7 

Diperkenalkan pada 10 September 2013, Apple A7 ini menjadi chipset untuk iPhone 5S. Memiliki kinerja 2x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya, kemampuan grafisnya juga disebut lebih unggul dibandingkan Apple A6. menggunakan fabrikasi 28nm, CPU yang digunakan adalah dual core ARMv8-A. 

2. A8 

Digunakan pada iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Apple A8 menggunakan konfigurasi prosesor dual-core 1.4 GHz 64-bit dengan GPU PowerVR GX6450 yang terintergerasi dalam konfigurasi empat klaster. Memiliki fabrikasi 20nm dengan transistor mencapai 2 miliar. 

Baca juga: 20+ Daftar iPhone yang Mendapatkan Update IOS 16

3. A9 

Mengusung konsep SoC dengan sistem berbasis ARM 64-bit di dalamnya, chipset ini diproduksi oleh TSMC dengan teknologi FinFET 16nm. Digunakan pada iPhone 6S, iPhone 6S plus, iPhone SE, dan iPad 2017. Diklaim memiliki peningkatan performa untuk CPU hingga 70% lebih baik dari sebelumnya. Kemampuan grafisnya juga meningkat hingga 90%. 

4. Apple A10 Fusion A10x fusion

A10 Fusion memiliki sistem berbasis ARM 64-bit pada sebuah chip dan memiliki sistem desain dua kluster, dual core untuk performa dan satunya dual core untuk kinerja yang lebih efisien. Disematkan pada iPhone 7 dan 7 Plus, A10 Fusion dikenalkan pada 7 Spetember 2016. Apple mengklaim kemampuan chipset satu ini lebih cepat 40% dibandingkan Apple A9 termasuk GPUnya juga lebih cepat 50%. 

5. A11 bionic

Mulai dari A11, Apple menyematkan nama Bionic untuk prosesornya. Chipset satu ini digunakan pada iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Diluncurkan pada 12 September 2017, Apple 11 Bionic mengusung konsep desain dual core 2,39Ghz untuk performa tinggi dengan empat core yang membuat performa semakin efisien. Diklaim memiliki kemampuan CPU 40% lebih bertenaga dan kemampuan grafis 50% lebih baik dibandingkan Apple 9. 

6. A12 Bionic 

Diperkenalkan pada 12 September 2018 berbarengan dengan meluncurnya iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR yang juga menggunakan A12 Bionic sebagai otaknya. Diklaim memiliki kemampuan 15% lebih cepat untuk kinerja tinggi dibanding generasi sebelumnya. Hemat daya dan efisiensinya juga meninggal lebih baik sebanyak 50%.

Baca juga: 6 Perbedaan iOS 15 vs iOS 16 yang Wajib Diketahui Pengguna iPhone

7. A13 Bionic

Hadir dengan teknologi 7nm N7P yang mengandung lebih dari 8,5 miliar transistor yang memastikan prosesor satu ini memiliki performa tinggi namun tetap hemat daya. Terdiria dari enam prosesor inti berbasis ARMv8.4-A dimana dua prosesor untuk performa tinggi dengan 2,56GHz dinamakan Lightning. Sedangkan empat prosesor lainnya untuk hemat daya dan diberi nama Thunder. A13 Bionic ini digunakan pada banyak iPhone. Mulai dari iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 pro Max, dan iPhone SE 2020 atau SE Generasi kedua. 

8. A14 Bionic 

Dibangun dengan fabrikasi 5nm, chipset satu ini disebut memiliki kemampuan kinerja machine learning 80% lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. CPUnya juga bekerja 40% lebih cepat sedangkan GPUnya lebih cepat 30% dibandingkan A12 bionic. Chipset ini digunakan pada iPhone 12 series yang terdiri dari iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. 

9. A15 Bionic 

Disebut sebagai chipset dengan 15 miliar transistor membuatnya memiliki kemampuan yang lebih cepat dan teknologi pengolahan grafis yang lebih baru. Performa corenya cukup tinggi dan diklaim mampu memberikan kinerja hingga 50% lebih cepat dibanding kompetitornya dengan kombinasi CPU baru. Digunakan pada iPhone 13 Pro, 13 Pro Max, iPhone 13, iPhone 13 mini dan iPad Mini Gen 6. 

10. A16 Bionic

Baru meluncur di bulan September 2022 dengan diperkenalkannya iPhone 14 ke permukaan, A16 Bionic ini disebut sebagai chipset tercepat yang pernah ada pada smartphone dengan CPU baru yang 40% lebih cepat dibandingkan kompetitor. Menggunakan CPU 6-inti dengan dua inti untuk performa dan empat inti untuk efisiensi yang baru. Kelebihan lainnya adalah A16 Bionic hanya menggunakan sepertiga dari kekuatan inti yang memungkinkan iPhone untuk memiliki daya tahan baterai luar biasa dan tetap bisa responsif. 

Baca juga: 30+ iPhone dengan Kapasitas Baterai Terendah Hingga Tertinggi

Penutup 

Itulah urutan prosesor iPhone dari terendah hingga tertinggi yang wajib Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin membeli iPhone dengan garansi resmi iBox di Doran Gadget. Kunjungi official store kami di sini atau melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa Anda unduh di sini.Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp