Doran Gadget – Sistem operasi terbaru iPhone iOS 16 sudah resmi diluncurkan dan sudah banyak orang yang mengupgrade perangkatnya ke versi terbaru ini. Namun masih banyak juga pengguna yang ragu untuk mengupdate perangkatnya saat ini. Memang apa perbedaan iOS 15 vs iOS 16? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Perbedaan iOS 15 vs iOS 16 

Ada banyak perubahan terbaru yang bisa pengguna nikmati di versi iOS 16 ini, namun masih banyak yang ragu apakah semua fitur baru di iOS 16 bisa berjalan di iPhone mereka. Mengingat tidak semua perangkat bisa melakukan upgrade iOS 16. Berikut perbedaan keduanya. 

1. Lockscreen 

 

Perubahan pertama terletak pada bagian lockscreennya. Dimana versi iOS 15 tidak memiliki banyak perubahan dibandingkan iOS versi sebelum-sebelumnya. Namun diupdate terbaru ini para pengguna bisa memodifikasi layar kunci mereka dengan berbagai opsi. Mulai dari warna, font, waktu, widget, dan lainnya. 

Lockscreen juga bisa menampilkan widget seperti pengingat kalender, cuaca, baterai, alarm, zona waktu, dan lainnya. Layar kunci dengan emoji juga bisa ditambahkan. Ada fitur baru yaitu Live Activity yang bisa membantu pengguna untuk mengetahui hal-hal yang terjadi secara real time. Notifikasi juga didesain ulang untuk bisa diswipe dari bawah. 

Baca juga: 20+ Daftar iPhone yang Mendapatkan Update IOS 16

2. iMessage 

 

Ada update besar untuk aplikasi iMessage di iOS 16 yang tidak ada di iOS 15. Apple kini memberikan opsi edit yang memungkinkan pengguna untuk memperbaiki pesan yang typo dan membatalkan pengiriman pesan menggunakan Undo Send. Apple juga memberikan tombol SharePlay di Messages, sehingga pegguna dapat mengetik pesan sambil menonton. 

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengubah pesan, menandai pesan belum terbaca, hingga memulihkan pesan yang telah terhapus selama 30 hari. Untuk bisa mengedit pesan, Anda hanya memiliki waktu 15 menit setelah pesan dikirim. Sedangkan waktu Anda untuk bisa menghapus atau membatalkan pengiriman pesan hanya maksimal dua menit setelah pesan dikirimkan. 

3. Safari 

Dalam Safari, khusus pengguna update iOS 16 mereka pengguna bisa menambahkan Grup Tab untuk berbagai kumpulan situs web dengan teman dan keluarga. Kemudian fitur terjemahan website yang sudah hadir di iOS 15 kini ditambah dukungan terjemahan ke bahasa Indonesia yang baru hadir di iOS 16. Sehingga memudahkan pengguna untuk menerjemahkan website asing ke bahasa Indonesia. 

4. Live Text

Jika di iOS 15 live text hanya bisa digunakan untuk mendeteksi teks di dalam gambar atau foto, kini dengan update iOS 16 fitur live text bisa digunakan untuk mendeteksi teks yang tersedia pada video.

Dibuat dengan menggunakan kecerdasan pada perangkat untuk menambahkan teks dalam gambar dan kini diupgrade sehingga bisa memberikan teks pada video juga. Selain untuk menambahkan teks pada gambar dan video, Live Text juga bisa digunakan untuk mengkonversi mata uang, menerjemahkan teks, dan lainnya. 

Baca juga: Cara Update iOS 16 Terbaru dengan Mudah

5. Fokus 

Fitur peringatan pada iPhone ini pertama kali dirilis pada iOS 15. Bisa digunakan pengguna untuk memlih mode sesuai keinginannya. Seperti mode Don’t Disturb atau Sleep. Kini ada peningkatan di versi iOS 16 seperti kemampuan perangkat memberikan saran untuk hanya menampilkan beberapa aplikasi tertenti di layar home sesuai dengan mode yang dipilih. 

Fokus bisa diaktivasi secara otomatis pada waktu dan lokasi tertentu di iOS 16. Tidak hanya itu, fokus juga bisa diatur secara otomatis untuk aktif saat pengguna membuka aplikasi tertentu.

6. WiFi 

Perbedaan iOS 15 vs iOS 16 yang paling ketara selanjutnya adalah di bagian WiFi. dimana pada iOS 15 dan sebelumnya pengguna tak bisa melihat pasword WiFi yang tengah tersambung di iPhone. Namun pada update terbaru kali ini ada fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat password WiFi di iPhone. 

Baca juga: iOS 16 Meluncur Apa Saja Kelebihan Fiturnya?

Penutup

Itulah perbedaan antara iOS 5 vs iOS 16 yang wajib Anda ketahui. Jadi bagaimana? Apakah tertarik untuk mengupdate sistem operasi ke versi iOS 16? Bagi Anda yang belum mempunyai iPhone atau ingin membeli iPhone kini Anda bisa membelinya di Doran Gadget. Semua produk kami dijamin original dengan garansi resmi iBox. Silahkan hubungi CS kami untuk informasi lebih lanjut di sini. Jangan lupa download aplikasi Doran Gadget demi kemudahan transaksi online di sini.

Artikel terkait:

× WhatsApp