Doran Gadget – Apple telah meluncurkan update iOS terbarunya yaitu iOS 16. Update iOS terbaru ini dapat dinikmati oleh para pengguna iPhone series 8 dan series setelahnya. Ada beberapa fitur tambahan yang menarik dan perbaikan bug juga perbaikan celah keamanan. Karena itu, bagi yang menggunakan iPhone 8 dan ke atas, wajib untuk melakukan update ke versi terbaru. Bagi Anda yang masih bingung cara update iOS ke iOS 16 nanti, mari simak beberapa cara berikut ini! 

Update iOS Melalui OTA atau iTunes

Ada dua cara yang bisa dipilih untuk melakukan update iOS. Pertama menggunakan OTA (Over The Air) yang merupakan sebuah program untuk melakukan pembaruan dari perangkat lunak melalui koneksi nirkabel perangkat. Singkatnya, Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal data pembaruan secara langsung melalui iPhone menggunakan koneksi internet. Cara kedua bisa menggunakan iTunes yang memang merupakan platform buatan Apple yang bisa digunakan untuk update iOS. 

Baca juga: Baru Pertama Punya, Perhatikan 10 Cara Memakai iPhone Ini

Cara Update iOS via OTA

Cara paling mudah untuk update iOS adalah melalui OTA, simak lengkapnya berikut ini. 

  • Pergi ke pengaturan dan klik opsi umum atau general
  • Kemudian pilih opsi ‘Pembaruan Perangkat Lunak’
  • Tunggu hingga muncul tulisan data pembaruan sistem operasi iOS 16, kemudian klik opsi ‘Unduh dan Instal’
  • Setelah selesai mengunduh, silahkan instal iOS 16 dan tunggu hingga selesai. Pastikan daya baterai lebih dari 50% agar iPhone tidak mati saat proses instalasi

Baca juga: iOS 16 Meluncur Apa Saja Kelebihan Fiturnya?

Cara Update iOs via iTunes

Jika tidak memiliki ruang yang cukup, Anda bisa menggunakan iTunes yang terhubung dengan komputer untuk memperbarui iOS 16 tanpa harus mengosongkan ruang penyimpanan iPhone secara manual. Simak caranya berikut ini! 

  • Buka iTunes pada komputer dan sinkronasikan dengan iPhone
  • Setelah sinkronisasi selesai, klik ikon ponsel untuk mengakses menu pengaturan iPhone di iTunes dan klik Summary
  • Klik opsi update pada tab Summary untuk iTunes mengunduh data iOS 16
  • Sekesai mengunduh, silahkan instal data tersebut ke iPhone
  • Tunggu beberapa menit dan jika iPhone telah reboot, maka Anda sudah mendapatkan akses ke iOS 16. 

Itulah cara update iTunes yang bisa Anda coba. Ada banyak fitur terbaru dari iOS 16 yang tidak boleh untuk dilewatkan. Sayangnya tidak semua iPhone mendapatkan upgrade OS terbaru kali ini. Jadi pastikan iPhone Anda telah kompatibel untuk melakukan pembaruan operasi sistem ke versi iOS 16.

Baca juga: 20+ Daftar iPhone yang Mendapatkan Update IOS 16

Dapatkan iPhone Original Resmi di Doran Gadget

Berhubung hanya versi iPhone 8 ke atas yang mendapatkan update terbaru iOS 16, maka segera upgrade iPhone kamu ke versi terbaru. Ada berbagai macam pilihan smartphone iPhone yang bisa Anda beli di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi iBox. Jangan lupa download aplikasi Doran Gadget untuk mendapatkan gratis poin cashback sebesar Rp25.000 yang bisa langsung dibelanjakan. Hubungi CS kami di siniuntuk informasi lebih lanjut. 

Artikel terkait:

>