Cara memakai iPhone (1)

Doran GagdetCara memakai iPhone terkadang cukup sulit. Terlebih bagi para pemula dan pengguna yang benar-benar pertama kali menggunakannya. Apalagi sistem operasinya pun berbeda dengan sistem Android. Tak hanya itu saja, dengan mengetahui cara pemakaian maupun penggunaan iPhone dapat menghindarkan Anda dari ponsel ilegal atau black market (BM)

Cara Memakai  iPhone

Berikut beberapa cara memakai iPhone bagi pengguna baru maupun pengguna lama yang ingin mengganti ponsel dengan iPhone baru.

1. Periksa Fungsi dan Bodinya

5. iphone 12 purple harga, iphone 12 warna ungu, iphone 12 ungu, iphone 12 purple

Sebagai langkah awal, Anda dapat memastikan fungsi ponsel terlebih dahulu. Untuk hal ini, Anda biasanya akan diminta mencobanya setelah perangkat dibuka dari boks. Pada saat itulah, cobalah untuk memeriksa kondisinya. Misalnya beberapa fungsi pentingnya seperti perangkat audio, kamera, dan sambungan pada perangkat WiFi dan seluler.

Begitu juga dengan perangkat lainnya seperti bodi perangkat. Pastikan kondisi bodi perangkat tidak ada cacat. Mengapa demikian? Sebab, meskipun iPhone dibuat dengan komponen premium namun tak menutup kemungkinan terdapat kesalahan pada saat proses produksinya.

2. Buat Apple ID

Cara memakai iPhone selanjutnya ialah membuat Apple ID. Ingat, Apple ID merupakan akun wajib yang harus dimiliki oleh pengguna perangkat produksi Apple. Hal ini karena tanpa akun ini, Anda tak bisa menggunakan perangkat dengan optimal. Begitu juga untuk mengunduh berbagai aplikasi di AppStore maupun digunakan untuk menyimpan data di iCloud.

Cara membuatnya pun sebenarnya cukup mudah, misalnya dengan klik tautan ini pada browser di laptop. Lalu, pilih ‘Create Your Apple ID’ dan masukkan data penting seperti nama pengguna, alamat, hingga tanggal lahir. Kemudian, masukkan pula email yang aktif untuk username maupun password yang digunakan. Begitu juga dengan nomor ponsel yang aktif dan digunakan pada perangkat.

3. Cara Memakai iPhone – Aktifkan Perangkat

Cara Membuka Layar iPhone

Berikutnya, cobalah untuk mengaktifkan perangkat iPhone Anda. Untuk hal ini, perlu beberapa proses. Sebagai contoh, saat ponsel telah hidup maka pengguna diminta memilih bahasa yang digunakan pada perangkat. Beberapa pilihan bahasa ini di antaranya adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, dan lainnya.

Lalu, tautkan iPhone dengan koneksi internet baik itu menggunakan jaringan seluler maupun WiFi untuk mengaktifkan. Jangan lupa untuk memilih fitur keamanan penguncian perangkat seperti memasukkan Face ID atau melalui password berupa angka.

Baca juga: Cara Membuka Layar iPhone Tanpa Lepas Masker

4. Memulihkan Data

Setelah mengaktfikan fitur keamanan, cara memakai iPhone bisa dilanjutkan dengan memulihkan data pada perangkat. Jika Anda merupakan pengguna baru maka bisa memilih opsi ‘Don’t Transfer Apps & Data’. Namun, jika sebelumnya pernah menggunakan iPhone maka pilih pemulihan data ‘Restore from iCloud Backup’ apabila data disimpan dan dicadangkan pada iCloud.

Jika data dicadangkan pada iTunes maka bisa memilih opsi ‘Restore from Mac or PC’. Sedangkan jika data terdapat pada Android dan ingin dipindah di iPhone maka pilih opsi ‘Move Data from Android’ dan akan muncul kode tertentu. Masukkan kode itu melalui aplikasi Move to iOS di perangkat atau ponsel Android dan pilih opsi ‘Connect’ dan lanjutkan dengan ‘Next’ di ponsel Android untuk bisa dikirim ke iPhone.

Apabila Anda mentransfer data dari iPhone lama ke iPhone baru pilih opsi ‘Transfer Directly from iPhone’ dan dekatkan kedua iPhone. Setelah muncul pesan ‘Set Up New iPhone’ pada ponsel lama dan pilih ‘Continue’. Opsi pemindahan iPhone lama ke iPhone baru ini juga muncul di halaman awal pengaturan bahasa untuk mengaktivasi perangkat.

5. Masukkan Apple ID yang Sudah Dibuat

Setelah semua pemulihan dan pengaturan data maupun file telah dilakukan, lanjutkan dengan memasukkan Apple ID yang sudah dibuat tadi. Tepatnya di kolom yang telah tersedia. Ikutilah semua instruksi yang sudah diberikan agar bisa mengakhiri proses. Ingat, pastikan pada saat memasukkan Apple ID ini sudah benar untuk mempermudah proses penggunaan.

6. Cara Memakai iPhone – Install Aplikasi Lewat AppStore

Ketika Anda berhasil memasukkan Apple ID, maka nantinya ponsel dapat muncul dan masuk di layar ‘Home’. Secara otomatis, aplikasi bawaan pun sudah terunduh. Misalnya saja Peta, FaceTime, Cuaca, dan lainnya.

Pengguna juga bisa menambahkan aplikasi dari pihak ketiga. Caranya melalui AppStore, kemudian cari aplikasi yang diinginkan pada kolom pencarian. Lanjutkan dengan memilih opsi ‘Unduh’ dan tunggu beberapa saat hingga aplikasi terpasang pada perangkat.

Baca juga: Beli iPhone Baru? Ini 9 Hal yang Wajib Anda Lakukan!

7. Aktifkan Fitur Find My

Cara memakai iPhone

Tak perlu khawatir saat ponsel hilang, sebab pada iPhone Anda bisa mengaktifkan fitur Find My. Dengan fitur ini akan memudahkan dalam pencarian ponsel yang hilang. Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah berikut:

  • Ketuk ikon bergambar gerigi untuk bisa mengakses pada menu pengaturan.
  • Klik banner Apple ID yang ada di atas halaman menu pengaturan.
  • Pilih ‘Lacak’ dan ‘Cari iPhone Saya’ kemudian lanjutkan dengan geser toggle menjadi warna hijau.

8. Pasang iTunes

Pengguna juga dapat memasang dan mengaktifkan aplikasi iTunes. Anda bisa menginstalnya di perangkat desktop baik komputer maupun laptop. Fungsinya adalah untuk tempat penyimpanan dan menghubungkan iPhone dengan perangkat desktop. Khususnya untuk perangkat dengan sambungan kabel. Termasuk mengirimkan media yang berasal dari iPhone ke desktop lewat iTunes. Pengguna pun dapat memperbarui versi pada sistem operasi lewat iTunes desktop.

9. Beli di Tempat Terpercaya

iphone 13 terbaru. iPhone 13 Pro

Untuk menanggulangi hal-hal yang tak diinginkan, seperti produk tidak original maupun barang ilegal, sebaiknya belilah iPhone di tempat terpercaya. Memang, Inodnesia tidak terdapat Apple Store. Akan tetapi, Anda dapat membeli di distributor yang sudah ditunjuk seperti Digimap dan iBox.

Selain itu, juga bisa di distributor yang mendapatkan kepercayaan dari Apple misalnya Doran Gadget. Keunggulan membeli di distributor resmi selain aman, juga peredaran produknya sesuai dengan aturan yang ada di tanah air.

10. Cara Memakai iPhone – Perhatikan Garansinya

Terakhir, selain membeli di tempat terpercaya perhatikan pula garansi resmi yang diberikan. Hal ini penting untuk menjamin produk dalam keadaan baik ketika digunakan. Apalagi penngguna baru terkadang mengalami masalah-masalah tertentu.

Oleh karena itu, saat membeli gadget baru ini Anda dapat menanyakan perihal garansi ke penjual. Misalnya berapa lama garansi tersebut diberikan, cara klaim garansi, tempat klaim garansi, hingga apa saja cakupan garansinya.

Baca juga: 8 Cara Cek iPhone Asli dan Palsu dengan Mudah

Penutup

iphone 13, iphone 12, iphone 13 vs iphone 12

Setidaknya itulah beberapa cara memakai iPhone yang perlu diperhatikan. Khususnya bagi Anda yang baru pertama kali menggunakannya. Kini, Anda bisa mendapatkan berbagai produk iPhone unggulan hanya di Doran Gadget selaku distributor resmi Apple Surabaya, Apple Jakarta, Apple Semarang, dan Apple Bali.

Semua barang yang dijual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Anda bisa membelinya di jaringan store kami, marketplace, website, maupun melalui aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

× WhatsApp