iphone 13, iphone 12, iphone 13 vs iphone 12

Doran Gadget – Maraknya iPhone hardcopy (palsu) yang dijual bebas di pasaran memang suka bikin khawatir para pengguna iPhone, semuanya was-was apakah iPhone mereka termasuk barang yang asli atau palsu. Jangan khawatir! Meskipun ada banyak barang palsu di luar sana, cukup mudah untuk cek iPhone asli atau palsu secara mandiri. Karena iPhone memiliki fitur unik tersendiri yang membuatnya beda dari smartphone lainnya. 

Agar tidak curiga lagi, Anda bisa ikuti delapan cara mudah untuk mengecek apakah iPhone tersebut palsu atau asli. Cara ini bisa digunakan untuk mendeteksi iPhone palsu di banyak tipe, mulai dari iPhone 6, iPhone 6s, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone X, dan lainnya. Mari simak cara cek iPhone asli dan palsu yang dilansir dari 9guider selengkapnya di bawah ini: 

Cara Cek iPhone Asli dan Palsu

cek iphone asli

1. Cek iPhone Asli dengan Nyalakan Siri 

Coba cek apakah ada aplikasi siri pada iPhone tersebut, jika ada, coba luncurkan dan lihat apakah aplikasi tersebut berfungsi dengan baik. Jika tidak berfungsi maka kemungkinan besar iPhone tersebut adalah palsu. Karena Siri merupakan mobile assistant khusus Apple yang hanya bisa digunakan di iPhone original. 

2. Jalankan iTunes dan Apple Store 

iPhone original memang mengharuskan Anda untuk mengunduh aplikasi di Apple Store dan mendengarkan lagu lewat iTunes. Jika App Store dan iTunes tidak bisa digunakan, maka bisa dipastikan itu adalah iPhone palsu. 

3. Cek Website Apple untuk Status Garansi dan Jangkauan Jaringan

Cara lain untuk cek iPhone asli atau palsu bisa dilihat dari warranty status & network coverage atau status garansi dan jangkauan jaringan. Caranya mudah, cukup pergi ke situs Apple dan input serial number dari iPhone Anda. Jika iPhone tersebut asli, maka akan terdapat detail tentang iPhone yang keluar di website.

Baca juga: Perbedaan RAM iPhone dan Android, Pengguna Gadget Harus Tahu

4. Cek Warna Persentase Baterai

Untuk melihat apakah iPhone tersebut asli atau palsu bisa digunakan dengan melihat battery percentage color atau warna persentase baterainya. iPhone original memiliki warna putih untuk persentase baterainya di home screen. 

5. Cek Kapasitas Storage 

Ini juga salah satu cara yang biasanya digunakan untuk cek iPhone asli atau palsu. iPhone original tidak memiliki slot tambahan untuk memory card. Jika ada iPhone yang memiliki slot tambahan untuk memory card maka bisa dipastikan itu adalah palsu. 

6. Perhatikan OS (iOS) untuk Cek iPhone Asli

Jangan lupa untuk cek operating systemnya juga, iPhone menggunakan iOS sebagai official operating systemnya. Jika ada iPhone yang tidak menggunakan iOS maka sudah pasti itu adalah iPhone palsu. 

7. Cek Keyboard

Ada perbedaan antara iPhone asli dan palsu. iPhone original memiliki tulisan ‘space’ atau ‘spasi’ pada bar spasinya, juga ada emoji di sebelah kiri sebelum bar spasi. Sedangkan iPhone palsu biasanya tidak memiliki tulisan ‘space’ pada bar spasinya, dan yang palsu memiliki tombol koma bukannya langsung bar emoji. 

Baca juga: iPhone 13: Rumor Baterai, Fitur, dan Tanggal Rilis

cek iPhone asli

8. Fitur Kunci / Lock Feature – 8 Cara Cek iPhone Asli dan Palsu dengan Mudah

Salah satu cara paling mudah untuk melihat apakah iPhone tersebut asli atau palsu lewat gaya kuncinya (lock screen). Pada iPhone original, ada animasi fitur ‘slide to unlock’ untuk membuka kunci. Nah itulah beberapa informasi yang kami rangkum supaya kalian lebih bisa berhati – hati lagi dalam membeli iphone bekas nantinya, semoga bermanfaat untuk pembaca, jangan lupa share jika manfaat.

Dapatkan iPhone Asli Hanya di Doran Gadget 

02. iphone 12 purple harga, iphone 12 warna ungu, iphone 12 ungu, iphone 12 purple

Itulah 8 cara ampuh untuk cek iPhone asli atau palsu. Jika masih ragu, Anda bisa membeli iPhone di Doran Gadget yang sudah terbukti selalu menjual barang original. Temukan berbagai macam pilihan iPhone original dan berbagai macam accesories original iPhone dengan mengunjungi website resmi Doran Gadget di siniUntuk informasi lebih lanjut bisa hubungi call center kami via WhatsApp di nomor 087834601568.

Artikel terkait:

× WhatsApp