iPhone 13: Rumor Baterai, Fitur, dan Tanggal Rilis

iphone 13

Doran GadgetiPhone 13 dirumorkan akan segera rilis! Ini tentu menjadi kabar yang menggembirakan bagi mereka yang sudah menantikan kehadirannya. Namun seperti biasa, sebelum Apple memberikan kepastian tentang tanggal rilis, model hingga harganya, selalu ada banyak rumor yang beredar.

Termasuk untuk iPhone 13 ini. Banyak yang memprediksikan fitur-fitur baru yang akan diusung oleh iPhone generasi terbaru ini. Dalam artikel kali ini, Doran Gadget akan mengajak Anda untuk membedah satu per satu rumor iPhone 13 secara detail!

Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kita mulai dari kabar terbaru yang muncul tentang baterai iPhone seri 13 ini. Konon, ada bocoran dari China yang mengungkapkan bahwa kapasitas baterai akan meningkat 18% dari generasi sebelumnya.

Peningkatan kapasitas baterai ini bertujuan untuk mengakomodasi fitur-fitur baru yang mengkonsumsi banyak daya seperti display ProMotion. Memang belum ada angka pasti tentang berapa kapasitas baterai untuk iPhone kali ini, namun jika benar kenaikan kapasitas adalah 18%, maka iPhone 13 Pro Max sebagai kelas tertinggi akan memiliki daya baterai sebesar 4352 mAh.

Dengan kapasitas baterai yang bertambah, jangan heran kalau iPhone seri 13 ini juga lebih berat dari pendahulunya ya. Apple juga dirumorkan akan menggunakan teknologi LTPO untuk menghemat konsumsi baterai agar tidak cepat habis.

Rumor Fitur Terbaru iPhone 13 

Fitur selalu jadi aspek yang menarik saat membahas iPhone terbaru, tidak terkecuali untuk penerus iPhone 12 ini. Yuk, kita bedah secara rinci satu per satu rumor fitur yang dikabarkan akan diusung oleh smartphone flagship Apple ini.

Seri dan Nama

Sama seperti pendahulunya, yaitu seri 12 yang hadir dalam 4 ukuran berbeda, seri 13 juga dikabarkan tersedia dalam 4 ukuran. Masalah lineup atau penamaan juga sangat menarik nih. Sejak meluncurkan iPhone X, Apple tidak lagi membedakan smartphone rilisannya dengan huruf “S”.

Ada kemungkinan untuk seri 13 ini juga akan ada iPhone 13 Pro dan Pro Max juga selain versi mininya.

Desain iPhone 13

Dari segi ukuran, Apple   sepertinya tidak akan membuat banyak perubahan dengan 4 pilihan berbeda, seperti yang sudah dibahas di atas. Demikian pula dengan desain yang diramalkan tidak banyak berubah karena desain terakhir iPhone sudah sangat canggih dan modern.

Mungkin yang berbeda adalah ketebalan dan beratnya, untuk mengakomodasi penambahan kapasitas baterai.

  • Notch lebih kecil

iphone 13

Menurut situs Jepang Mac Otakara, notch pada layar depan iPhone seri 13 ini akan lebih kecil dari seri sebelumnya. Bocoran tentang notch ini diperoleh setelah versi mockup 3D iPhone terbaru keluar dan menunjukkan ukuran notch yang lebih kecil. Dari tinggi 5.35mm menjadi 5.30mm, sementara lebarnya menurun dari 34.83mm ke 26.80mm.

  • Kembalinya Touch ID?

Menurut Bloomberg, Apple sedang melakukan pengujian untuk Touch ID in-screen, yang kemungkinan akan menandai perubahan besar pada sistem biometric Apple sejak peluncuran iPhone X.

Keberadaan Touch ID pada rilisan terbaru Apple ini akan melengkapi Face ID, sehingga memberi kemudahan pada pengguna yang kesulitan membuka iPhone saat mengenakan masker.

Display ProMotion 120Hz

iphone 13

Rumor tentang refresh rate sebesar 120Hz ini sudah ada sejak peluncuran iPhone 12, namun karena konsumsi baterai yang sangat tinggi maka fitur ini tidak pernah hadir dalam seri tersebut.

iPhone rilisan terbaru ini diperkirakan sudah mumpuni untuk fitur ini, dengan kapasitas baterai yang semakin besar. Apple juga membutuhkan teknologi LTPO seperti yang ada di Samsung dan LG. 

Peningkatan Kamera

Sebagai smartphone high-end, iPhone seri 13 ini akan mendapatkan peningkatan dengan lensa 6 elemen dan aperture f/1.8 yang bisa memberikan hasil jepretan yang lebih baik dalam kondisi minim cahaya.

Dari segi desain, setiap kamera pada seri 13 diperkirakan 0.9mm lebih besar dari generasi sebelumnya.

Chip 5G

iphone 13

Generasi terbaru iPhone akan ditenagai oleh chipset Snapdragon X65 dan X70 yang artinya sudah bisa digunakan untuk jaringan 5G! Mereka juga akan memberikan pilihan dukungan jaringan 5G atau mmWave untuk memudahkan pengguna yang di negaranya belum ada 5G.

Apple juga terus berupaya memangkas biaya produksi iPhone terbaru supaya harganya bisa lebih bersahabat dan lebih mudah dibandingkan seri 12.

Kapasitas Maksimum 1TB?

Ada juga rumor yang mengatakan bahwa iPhone seri 13 ini memiliki kapasitas maksimum hingga 1TB, meningkat 2 kali lipat dibandingkan seri sebelumnya yang “hanya” 512GB saja.

Tanggal Rilis iPhone 13: Kuartal Terakhir 2021?

Ini dia nih yang paling ditunggu-tunggu. Kapan iPhone terbaru ini akan rilis? Meski belum ada tanggal pasti, Apple diperkirakan akan meluncurkan smartphone ini pada musim gugur tahun 2021 ini.

Jika benar, maka kemungkinan besar Apple akan melanjutkan tradisi perilisan iPhone di kisaran bulan September. Apabila tidak ada halangan (iPhone 12 mengalami penundaan perilisan karena pandemi global tahun lalu). Maka iPhone 13 akan benar-benar tiba di tahun ini!

Simak terus update terbaru tentang harga iPhone 13 atau kabar teknologi lainnya dengan join di channel Telegram Doran Gadget sekarang juga!