Review Smartwatch Samsung Galaxy Watch FE

Doran GadgetSamsung akhirnya merilis smartwatch terbaru seri Galaxy Fan Edition. Produk ini terlihat seperti rebrand seri Galaxy Watch 4 yang dirilis tahun 2021 lalu. Namun, memiliki sejumlah peningkatan di berbagai aspek. Apa saja fitur unggulannya? Simak review Samsung Galaxy FE di artikel ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Watch FE

Adapun mengenai spesifikasi Samsung Galaxy Watch FE secara umum dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Dimensi 39.3 x 40.4 x 9.8mm
Bobot 26.9 gram
Tipe Layar Super AMOLED, Always-on Display Full Color
Resolusi Layar 396 x 396 pixel
Ukuran Layar 1.2 inci
Prosesor Exynos W920 Dual Core
Kapasitas Baterai 247mAh WPC-based wireless charging
Sensor Pendukung Samsung BioActive Sensor (Optical Heart Rate + Electrical Heart + Bioelectrical Impedance Analysis), Accelerometer, Barometer, Gyro Sensor, Geomagnetic Sensor, Light Sensor
Sistem Operasi WearOS Powered by Samsung
OneUI Watch
Konektivitas LTE, Bluetooth 5.3, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n 2.4+5GHz, NFC, GPS/Glonass/Beidou/Galileo
Ketahanan Air & Debu IP68, 5ATM, MIL-STD810H
Kompatibilitas Android 11 dan yang lebih baru
Warna Pink Gold, Black

Fitur Unggulan Samsung Galaxy Watch FE

Mengenai fitur unggulan yang dimilikinya adalah sebagai berikut. Mulai dari desain, pemantau olahraga dan kesehatan, ketahanan baterai, hingga pendukung lainnya:

1. Desain dan Layar

Review Samsung Galaxy Watch FE
sc: GSM Arena

Pertama dari segi desain dan layarnya. Ukuran jam tangan ini tersedia dalam satu ukuran saja yakni 40mm. Casingnya terbuat dari bahan aluminium yang kokoh dan kuat. Strapnya menggunakan mode one-click band, itu artinya pengguna lebih mudah dalam mengganti tali jam dengan cepat.

Layarnya menggunakan tipe Super AMOLED berukuran 1.2 inci. Dimana layar ini menghadirkan resolusi sebesar 396×396 pixel. Kemudian didukung dengan Sapphire Crystal Glass untuk memberikan perlindungan optimal dari goresan dalam penggunaan sehari-hari. Terdapat dua varian warna yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan, yakni Pink Gold dan Black.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Watch 6 Series dan Harganya!

2. Kapasitas Baterai dan Performa

Bagaimana dengan kapasitas baterainya? Dalam hal ini Samsung menyematkan baterai berkapasitas 247mAh. Namun, tidak dijelaskan secara spesifik sampai berapa lama ketahanannya saat digunakan. Pengisian dayanya menggunakan mode wireless charging WPC.

Beralih ke performanya, Samsung Galaxy Watch FE disokong dengan prosesor Exynos W920. Dimana performa itu semakin unggul dengan adanya RAM berkapasitas 1.5GB dan penyimpanan 16GB. Sistem operasinya menggunakan WearOS dengan interface OneUI 5 Watch. Penggunaannya kompatibel dengan smartphone berbasis Android 11 dan lebih baru berkapasitas RAM 1.5GB.

3. Fitur Kesehatan dan Olahraga

Review Samsung Galaxy Watch FE (3)
sc: Samsung

Dalam keterangannya, Samsung mengedepankan pengalaman pemantauan kesehatan lebih baik di Galaxy Watch FE ini. Guna mendukung hal tersebut, pihak pabrikan melengkapinya dengan sensor unggulan. Sebut saja seperti Samsung BioActive Sensor yang lebih akurat dari sebelumnya. Termasuk dalam memantau pola tidur.

Ada pula fitur HR Alert yang bisa digunakan memantau detak jantung. Terdapat fitur pemberitahuan irama detak jantung tak teratur atau Irregular Heart Rhythm Notification (IHRN). Begitu pun dalam memantau tekanan darah dan kondisi kesehatan jantung yang lebih baik.

Fitur Body Composition dapat memberikan data kebugaran tubuh untuk melihat perkembangan dalam berolahraga. Kemudian, tersedia pula 100 jenis workout, termasuk fitur analisis lari tingkat lanjut guna memberikan panduan agar hasil lebih optimal. Fitur Personalized Heart Rate Zone dapat memberikan pandangan kepada pengguna dalam menetapkan tujuan olahraga berdasarkan kemampuan fisik.

Baca juga: Cara Menghubungkan Samsung Galaxy Watch 5 ke HP Samsung

4. Terhubung dengan Ekosistem Galaxy

Selain dibekali dengan berbagai fitur kesehatan dan olahraga, sama halnya di Galaxy Watch lainnya, Samsung Galaxy Watch FE juga dilengkapi beragam fitur pendukung untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Misalnya saja Find My Phone untuk menemukan ponsel yang hilang.

Pengguna juga bisa mengontrol kamera smartphone dari jarak jauh melalui Camera Controller. Di sini, bisa digunakan untuk mengganti angle, mode, hingga zoo secara langsung dari smartwatch. Ada pula fitur seperti Samsung Wallet untuk memudahkan transaksi non-tunai.

5. Harga Samsung Galaxy Watch FE

Review Samsung Galaxy Watch FE (2)
sc: Samsung

Lantas, berapa harga Galaxy Watch FE di Indonesia? Melansir dari laman resmi Samsung Newsroom, harga jual di tanah air dibanderol sekitar Rp3.2 jutaan. Penjualan sendiri mulai dilakukan pada tanggal 24 Juni 2024. Tanggal tersebut adalah selang seminggu pasca peluncurannya secara global.

Sebagai catatan, harga itu berlaku untuk pembelian resmi Samsung di tanggal 24 Juni-31 Juli 2024. Harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu di tingkat distributor. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu up to date harganya untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Baca juga: Samsung Galaxy Watch 4 vs Galaxy Watch 5, Siapa Lebih Unggul?

Penutup

Review Samsung Galaxy Watch FE (1)
sc: Samsung Newsroom

Itulah review mengenai Samsung Galaxy Watch FE. Dari tampilannya, jam tangan pintar ini memang direkomendasikan bagi Anda yang stylish dan aktif dalam memantau kesehatan sepanjang hari. Kini, Anda bisa mendapatkan smartwatch Samsung terbaik di Doran Gadget.

Sebagai mitra resmi penjualan produk Samsung di Indonesia, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan pula berbagai promo menarik untuk setiap pembelian secara online melalui website maupun aplikasi Doran Gadget.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>