DJI IndonesiaTak sedikit para pengguna drone bertanya mengenai apa saja perbedaan antara DJI Mini 3 vs Mini 3 Pro. Sebab, bentuk dan desain kedua drone tidak jauh berbeda. Meski begitu, tentu ada beberapa perbedaan di dalamnya dan peruntukannya. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimaknya dalam artikel yang dirangkum oleh tim Doran Gadget kali ini.

Perbandingan DJI Mini 3 vs Mini 3 Pro

Kedua seri Mini 3 ini memang memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Terutama dari teknologi maupun fitur yang dimilikinya. Secara umum, melansir dari laman DP Review berikut tabel perbedaan dari DJI Mini 3 vs Mini 3 Pro:

SpesifikasiDJI Mini 3DJI Mini 3 Pro
Dimensi dan Bobot148x90x62 mm (249 gram)145x90x62 mm (249 gram)
Kamera12MP, Type 1/1.3 (10 x 7.5mm)48MP, Type 1/1.3 (10 x 7.5mm)
Lensa24mm (equiv.) F1.724mm (equiv.) F1.7
Format FotoJPEG+ RawJPEG+ Raw
Pembesaran4K:2x, 2.7K:3x, 1080p:4x4K:2x, 2.7K:3x, 1080p:4x
Resolusi video4K/30p4K/60p
Video Bitrate100 Mbps150 Mbps
Video ProfilNormalNormal
D-Cinelike
Transmisi VideoDJI O2, 720p/30p, 10kmDJI O3, 1080p/30p, 12km
Mode FokusQuickShots
Panorama
QuickShots (termasuk asteroid), Panorama, MasterShots, Hyperlapse, APAS 4.0
Orientasi PortraitYaYa
Lama Terbang38 menit (Intelligent Flight Battery)
51 menit (Intelligent Flight Battery Plus)
34 menit (Intelligent Flight Battery)
47 menit (Intelligent Flight Battery Plus)
Sensor RintanganDownward Vision SystemForward, Backward, Downward Obstacle avoidance

Baca juga: Spesifikasi dan Harga DJI Mini 3: Drone Keren untuk Bikin Konten

Fitur dan Keunggulan Drone

Masing-masing drone di seri ini memiliki perbedaan fitur dan keunggulannya. Baik dari segi kamera, sensor, dan lainnya. Termasuk dari segi harganya. Selengkapnya Anda bisa simak di bawah ini.

1. Desain

Sebagaimana disebutkan dalam tabel di atas, untuk desainnya kedua drone tidak ada perbedaan yang mencolok. Bahkan, baik pada seri DJI Mini 3 maupun DJI Mini 3 Pro beratnya sama. Yakni kurang dari 250 gram, dengan begitu drone sangat ergonomis dan bisa dibawa ke mana saja dengan mudah.

Hanya saja DJI Mini 3 Pro sedikit lebih ringkas dengan dimensi 145x90x62 mm. Sementara untuk untuk DJI Mini 3 148x90x62 mm. Anda dapat melipat drone ini dan memasukkannya ke dalam tas kecil khusus. Jadi, sangat nyaman ketika dibawa di pesawat.

Baca juga: Resmi Rilis, Ini Spesifikasi DJI Mini 3 Pro

2. Kamera

Selanjutnya adalah di sektor kameranya. Pada seri Pro memang unggul dengan resolusi 48MP dengan lensa 24mm. Dengan begitu, Anda dapat membuat bidikan video hingga resolusi 4K/60p. Selain itu, juga ada mode yang cukup lengkap seperti QuickShots, Panorama, MasterShots, Hyperlapse, dan APAS4.0 yang membuat gambar lebih stabil.

Kemudian, untuk seri DJI Mini 3 memiliki resolusi kamera 12MP. Resolusi tersebut dapat digunakan 4K/30p. Walaupun begitu, terdapat lima mode QuickShot untuk mempercantik hasil. Mulai dari Rocket, Boomerang, Helix, Dronie, dan Circle.

3. DJI Mini 3 vs Mini 3 Pro – Baterai

Bagaimana dari segi baterainya? Baik drone DJI Mini 3 dan Mini 3 Pro dilengkapi dua buah baterai yang bisa digunakan, namun tidak bersamaan. Yakni Intelligent Flight Battery seri standar dan Intelligent Flight Battery Plus.

Di sini, DJI Mini 3 cukup unggul karena memiliki waktu terbang yang cukup lama yakni 38 menit dengan Intelligent Flight Battery dan 51 menit Yakni Intelligent Flight Battery plus. Sedangkan DJI Mini 3 Pro hanya 34 menit dan 47 menit. Hal itu, bisa jadi karena pengguna mengaktifkan berbagai fitur unggulan sehingga baterai akan bekerja lebih.

Baca juga: Cara Menggunakan dan Merawat Baterai Drone DJI yang Benar

4. Sensor Rintangan

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sensor rintangan. Sebab, dengan sensor ini memungkinkan drone dapat menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Seperti terjatuh maupun menabrak objek lain di sekitarnya. Kedua drone memiliki sensor tersebut. Hanya saja, DJI Mini 3 lebih berfokus pada Downward Vision System saja. Sedangkan Mini 3 Pro lebih ke tiga sisi yakni Forward, Backward, dan Downward.

Kemudian, juga ada fitur Return to Home (RTH). Fitur RTH inilah yang membuat drone kembali ke titik awal ketika sinyal mulai melemah maupun daya baterai hampir habis. Dengan begitu pengguna atau pilot drone menjadi lebih aman dan nyaman saat menerbangkannya.

5. Harga DJI Mini 3 vs Mini 3 Pro

Tidak hanya mengenai spesifikasi dan fiturnya saja, perbedaan antara DJI Mini 3 vs Mini 3 Pro juga terlihat dari segi harga yang dipasarkan. Dalam hal ini, seri DJI Mini 3 memang sedikit lebih terjangkau jika dibandingkan dengan seri Pro. Adapun harga di distributor adalah:

Sebagai catatan, harga tersebut berbeda-beda di setiap negara, termasuk di Indonesia. Hal itu karena adanya kebijakan fiskal dan pajak atas barang impor yang masuk. Dengan begitu akan sedikit berpengaruh pada harganya.

Baca juga: Berapa Jarak Terbang DJI Mini 3 Pro? Simak Penjelasannya!

Penutup

Itulah perbedaan mengenai drone DJI Mini 3 vs Mini 3 Pro yang perlu diketahui. Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan jika DJI Mini 3 merupakan versi standar. Dimana drone ini sangat cocok bila Anda memilihnya dengan mempertimbangkan segi harga dan pengguna pemula. Namun, jika Anda pilot drone menengah dan profesional tak salah jika memilih DJI Mini 3 Pro dengan beragam fitur unggulannya.

Apapun pilihannya, penting untuk membelinya di tempat terpercaya. Salah satunya di Doran Gadget. Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, DJI Bali, DJI Banjarmasin, dan DJI Manado, kami menjual drone terbaik dengan produk original dan garansi resmi pabrikan. Raih pula promo menarik untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

×