DJI Mini 3 Pro vs DJI Mini 2 vs Mavic Air 2

DJI IndonesiaSejak rumor muncul hingga resmi dirilis, topik mengenai perbedaan DJI Mini 3 Pro vs DJI Mini 2 vs  Mavic Air 2 banyak dibicarakan pecinta drone. Khususnya dari segi desain, fitur, ketahanan daya baterai, hingga yang paling penting adalah kualitas untuk foto dan video. Seperti disebutkan di website resmi DJI yang dirangkum oleh tim Doran Gadget, berikut perbandingan ketiganya yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya.

Perbedaan DJI Mini 3 Pro vs DJI Mini 2 vs  Mavic Air 2 – Desain

Perbedaan DJI Mini 3 Pro vs DJI Mini 2 vs Mavic Air 2

Perbedaan DJI Mini 3 Pro vs DJI Mini 2 vs  Mavic Air 2 pertama adalah dari segi desainnya. Terutama mengenai dimensi ketiga drone maupun bobotnya. Sebagaimana dilansir di laman DJI Guides, perbedaannya dapat dilihat di tabel berikut.

 Spesifikasi DJI Mini 3 Pro DJI Mini 2 DJI Mavic Air 2
 Bobot Drone < 249 Gram < 249 Gram 570 Gram
 Dimensi 145x90x62 mm (dilipat) 138x81x58 mm (dilipat) 180x97x84mm (dilipat)

DJI Mini Series dari segi desain memang ergonomis, khususnya di segi bobotnya yang kurang dari 250 gram. Jika Anda seorang traveler yang menginginkan drone ringkas dan dapat disimpan di tas, maka seri mini sangat cocok. Khususnya untuk adventure dan aktivitas lainnya. Berbeda halnya dengan DJI Mavic Air 2 yang terlihat cukup besar dengan bobot yang lumayan lebih berat dibandingkan dua seri lainnya.

Baca juga: Resmi Rilis, Ini Spesifikasi DJI Mini 3 Pro

Kualitas Gambar dan Video

Perbedaan DJI Mini 3 Pro vs DJI Mini 2 vs Mavic Air 2 (2)

Kualitas gambar dan video menjadi salah satu perbandingan yang sangat diperhatikan dalam memilih kamera drone. Jika melihat perbedaan DJI Mini 3 Pro vs DJI Mini 2 vs  Mavic Air 2 dari segi sensor, jelas Mini 3 Pro lebih unggul dengan ukuran sensor besar. Sensor besar akan memberikan informasi lebih baik pada sensor dan membuat kualitas gambar lebih besar, detail, dan jelas. Terutama saat ditampilkan pada layar berukuran besar sekalipun.

 Spesifikasi DJI Mini 3 Pro DJI Mini 2 DJI Mavic Air 2
 Ukuran Sensor 1/1.3 inci 1/2.3 inci 1/2 inci
 Resolusi Foto Maksimal 48MP 12MP 48MP
 Resolusi Video Maksimal 4K/60fps 4K/30fps 4K/60fps
 Vertical Shooting True Vertical Shooting Tidak Tersedia untuk Panorama Mode
 Format HDR Ya Tidak Ya
 Zoom 4X Zoom 4X Zoom 4X Zoom

Kemudian, dari segi resolusi foto DJI Mini 3 Pro sama dengan Mavic Air 2 dengan ukuran 48MP dan 4K/60fps untuk video. Ini membuatnya lebih besar daripada DJI Mini 2 dan memiliki performa yang unggul. Terutama untuk pengambilan gambar pada kondisi dengan pencahayaan minim sekalipun. Jadi, DJI Mini 3 Pro dan Mavic Air 2 cukup bagus untuk pemula yang menginginkan hasil cinematik dan tanpa banyak pengaturan.

Keuntungan lainnya dari DJI Mini 3 Pro ialah adanya fitur True Vertical Shooting. Walaupun Mavic Air 2 memiliki fitur yang sama, namun berbeda pada fitur yang terdapat di mini seri terbaru. Pada Mavic Air 2 fitur panorama secara vertikal hanya dapat digunakan untuk mengambil gambar saja. Sementara, untuk menyatukan beberapa gambar, Anda harus melakukannya dengan pemotongan digital.

Sementara itu, DJI Mini 3 Pro memiliki gimbal kamera yang memudahkan untuk rotasi saat pengambilan gambar. Kamera ini dapat berputar hingga 90°, dengan begitu pengguna tak perlu repot lagi untuk melakukan pembaruan tingkat kompresi dan kualitas gambar dengan memangkasnya.

Lalu, pengguna dapat membagikannya di media sosial seperti Instagram, TikTok, dan sebagainya tanpa harus melakukan editing. Sebab, akan menyesuaikan secara langsung berdasarkan platform yang berbeda. Dari segi kualitas gambar dan foto, DJI Mini 3 Pro memang cukup baik berkat Treu Vertical Shooting yang membuatnya unggul di sektor ini.

Baca juga: 8 Drone DJI dengan Kamera Terbaik 2022

Perbedaan DJI Mini 3 Pro vs DJI Mini 2 vs  Mavic Air 2 – Performa Penerbangan

Mengenai perbedaan DJI Mini 3 Pro vs DJI Mini 2 vs  Mavic Air 2 yang cukup menarik untuk disimak ialah bagaimana performa ketiganya saat diterbangkan? Ini bisa dilihat dari lama penerbangan, jarak transmisi, dan kecepatannya.

 Spesifikasi DJI Mini 3 Pro DJI Mini 2 DJI Mavic Air 2
 Ketahanan Baterai Maksimal 34 Menit (Flight Intelligent Battery Reguler)

 47 Menit (Flight Intelligent Battery Plus)

 31 Menit 34 Menit
 Jarak Maksimum 12 Km FCC, 1080p 10 Km FCC, 720p 10 Km FCC, 1080p
 Kecepatan Terbang Melawan Angin 38.5 Kph 29-38 Kph 29-38 Kph

Jika melihat tabel di atas, maka dalam hal performa di udara khususnya ketahanan baterai, DJI Mini 3 Pro memang unggul. Apalagi dengan opsi dua baterai yang dapat dipilih. Tentu dengan tambahan waktu sekitar 13 menit pada Flight Intelligent Battery Plus, Anda dapat melakukan pengambilan gambar di sekeliling, dan memaksimalkan penggunaan fitur yang ada.

Kemudian, dari jarak jangkau penerbangan DJI Mini 3 Pro cukup unggul dan stabil untuk pengambilan gambar pada jarak hingga 12 Km FCC. Namun, jika Anda menginginkan kecepatan yang lebih, maka pilihannya adalah Mavic Air 2. Yakni dengan jangkauan kecepata hingga 19m/s dalan Sport Mode. Ini tentu lebih tinggi dibandingkan DJI Mini 3 Pro maupun Mini 2 yang hanya 16m/s.

Baca juga: Keunggulan DJI Mini 3 Pro dari Seri Sebelumnya

Kemudahan Fitur untuk Pemula

Keunggulan dan perbedaan ketiga drone ini tak hanya dapat dilihat dari kualitas video, foto, dan gambar saja melainkan juga fitur tambahannya. Seperti fitur yang memudahkan bagi pemula yang tertera pada tabel berikut:

 Spesifikasi DJI Mini 3 Pro DJI Mini 2 DJI Mavic Air 2
 Sensor Rintangan Tri Directional Obstacle Sensing: Forward, Downward, Backward (APAS 4.0) Tidak Ada Tri Directional Obstacle Sensing: Forward, Downward, Backward (APAS 3.0)
 MasterShots Ya Tidak Tidak
 Auto Focus Focus Track Tidak Focus Track
 Quick Shots Ya Ya Ya
 Timelapse Ya Tidak Ya

Baik DJI Mini 3 Pro dan Mavic 2 sama-sama dilengkapi dengan sensor rintangan tiga arah atau tri-directional untuk menjaga drone tetap aman selama penerbangan. Terlebih lagi pada Mini 3 Pro sudah menggunakan firtur sistem Pilot Assitance (APAS 4.0). Dengan begitu, drone tersebut akan secara otomatis menghindari rintangan selama berada di jalur penerbangan. Hal ini juga akan membuat proses membidik gambar lebih fokus.

Adanya fitur MasterShots dapat merekam video secara sinematik dengan hanya beberapa ketukan saja. Berkat fitur ini, drone secara otomatis akan membuat pergerakan kamera emakin mudah dan dapat melakukan pengaturan musik untuk transisi gambar. DJI Mini 3 Pro memiliki fitur tersebut, ini artinya para pemula pun dapat membuat video keren sekalipun selama beberapa menit.

Fitur pemula lainnya terlihat pada DJI Mini 3 Pro dan Mavic Air 2 yakni terdapat fitur FocusTrack, QuickShots, dan Timelapse. Para pengguna akan mendapatkan pengalaman terbaik untuk menghasilkan scene terbaiknya dalam membidik dan merekam objek yang bergerak.

Baca juga: 5 Tips Pengambilan Video Menggunakan Drone DJI

Penutup

DJI mini 2 dji pocket 2 tips traveling produk dji original

Itulah beberapa perbedaan mengenai DJI Mini 3 Pro vs DJI Mini 2 vs  Mavic Air 2. Dari ulasan di ata, untuk pemula memang drone DJI Mini 3 Pro cukup unggul dengan fitur lengkap. Apalagi untuk fitur keamanan dan beragam sensor yang ideal bagi kelas pemula.

Kini, Anda bisa mendapatkan drone terbaik DJI tersebut di Doran Gadget selaku toko resmi DJI Surabaya, DJI Semarang, DJI Bali, dan DJI Jakarta. Semua produk dijamin original dengan garansi resmi pabrikan. Informasi lebih lanjut mengenai pembelian hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Follow juga akun Instagram Doran Gadget untuk melihat promo-promo terbaik di waktu tertentu.

Artikel terkait:

× WhatsApp