DJI OM 5, DJI OM 4, DJI Osmo Mobile 4, DJI Osmo Mobile 5, DJI Osmo 4, DJI Osmo 5

DJI IndonesiaDJI OM 5 dirilis beberapa waktu lalu dan menjadi generasi penerus sebelumnya yakni DJI OM 4 yang rilis pada Agustus 2020. Pada generasi terbaru ini DJI berinovasi pada beberapa fitur. Termasuk menggabungkan fungsi tongsis dengan gimbal stabilizer. Lantas, apa saja perbedaan keduanya?

Spesifikasi DJI OM 5 VS DJI OM 4

Perbedaan yang cukup mencolok dari kedua perangkat ini adalah dari segi spesifikasinya. Para pecinta gadget khususnya dari brand DJI tentu berharap DJI Osmo Mobile 5 memiliki spesifikasi lebih baik dari DJI Osmo Mobile 4 yang merupakan generasi sebelumnya. Lantas, apa saja perbedaan keduanya ini?

1. Segi Desain

DJI OM 5, DJI OM 4, DJI Osmo Mobile 4, DJI Osmo Mobile 5, DJI Osmo 4, DJI Osmo 5 (2)

Jika dilihat sekilas, bentuk keduanya memang cukup mirip. Yakni mengandalkan keringkasan perangkat bagi para penggunanya. Keduanya pun memiliki tripod menjaga keseimbangan saat digunakan ketika diletakkan di atas meja atau objek tak bergerak lainnya. Hanya saja, pada DJI Osmo 5 memiliki dimensi lebih ringkas dan ringan. Jika dirinci lagi perbedaan desain keduanya adalah:

Spesifikasi Desain DJI Osmo Mobile 5 DJI Osmo Mobile 4
Dimensi 264.5 x 111.1 x 92.3 mm dan 174.7 x 74.6 x 37 mm (saat dilipat) 276 x 119.6 x 103.6 mm dan 163 x 99.5 x 46.5 mm (saat dilipat
Berat Gimbal: 292 gram
Penjepit magnetic: 34 gram
Gimbal: 292 gram
Penjepit magnetic: 34 gram
Magnetic Ring Holder: 11.4 gram
Ekstensi Ya, hingga 215 mm Tidak
Warna Sunset White, Athens Grey Athens Grey

2. Stabilitas DJI OM 5 VS DJI OM 4

DJI Osmo mobile 5. DJI OM 5, Harga DJI osmo mobile 5, Spesifikasi DJI Osmo Mobile 5 (2)

Berikutnya adalah mengenai stabilitas perangkat ketika digunakan. Kedua perangkat ini bisa dikatakan tidak ada perbedaan yang mencolok. Yakni sama-sama memiliki tripod yang digunakan untuk pemakaian di atas meja dan objek tidak bergerak lainnya. Tripod ini juga terdiri dari tiga poros utama yakni depan-belakang, kiri-kanan, dan samping.

Keduanya juga memiliki fitur Electronic Image Stabilisation (EIS) saat pengguna mengaktifkan Timelapse, Motionlapse, maupun Hyperlapse. Alhasil, bidikan kamera akan menghasilkan gambar dan video yang lebih halus.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi DJI Osmo Mobile 4 SE

3. Fitur Pintar yang Disematkan

09. DJI Osmo Mobile 4, DJI Osmo Mobile 4 SE, DJI OM 4 SE

Mengenai masalah fitur, inilah yang menjadi perbedaan paling mencolok selanjutnya dari DJI OM 5 dengan DJI OM 4. Meski beberapa fitur ada pada keduanya, namun ada pula fitur lainnya yang berbeda maupun tidak disematkan. Perbedaan fitur ini di antaranya:

Fitur DJI Osmo 5 DJI Osmo 4
ShotGuides v
ActiveTrack Versi 4.0 Versi 3.0
DynamicZoom v v
Panorama v v
Intelligent Shooting Modes v v

Dari tabel di atas, meskipun beberapa fitur terlihat sama DJI Osmo Mobile 5 bisa dikatakan lebih unggul. Terlebih dengan adanya fitur ShotGuides yang jadi fitur andalannya dan berbeda dari lainnya. Pihak DJI pun mengklaim jika fitur ini adalah yang pertama di dunia. Pengguna akan mendapatkan rekomendasi mode berdasarkan lingkungan yang difoto atau direkam. Pengguna bisa menggunakannya dengan mengakses pada aplikasi DJI Mimo maupun pembelian di PlayStore dan AppStore.

Lalu, dari segi ActiveTrack juga terdapat perbedaan. Pada DJI Osmo Mobile 4 masih menggunakan versi 3.0. Sedangkan pada DJI Osmo Mobile 5 menggunakan versi terbaru yakni ActiveTrack 4.0. Fitur tersebut akan membuat kamera lebih fokus dalam mengunci target bidikan untuk hasil lebih baik.

4. Harga DJI Osmo Mobile 5 vs DJI Osmo Mobile 4

DJI OM 5, DJI OM 4, DJI Osmo Mobile 4, DJI Osmo Mobile 5, DJI Osmo 4, DJI Osmo 5 (1)

Selanjutnya, apa yang membedakan antara DJI OM 5 dengan DJI OM 4 adalah dari segi harganya. Perbedaan ini memang menjadi pertimbangan tersendiri ketika akan memilih produk gimbal stabilizer mana yang terbaik. Harga keduanya sebenarnya tidak terlalu mencolok begitu tinggi. Di Doran Gadget harga yang dibanderol untuk keduanya yakni:

  • Harga DJI Osmo Mobile 5: Rp2.4 Jutaan
  • Harga DJI Osmo Mobile 4: Rp2 jutaan dan Rp1.4 jutaan (versi SE)

DJI OM 5 VS DJI OM 4, Mana yang Tepat untuk Anda?

02. DJI Osmo Mobile 4, DJI Osmo Mobile 4 SE, DJI OM 4 SE

Setelah membaca perbandingan keduanya, mana yang tepat bagi pengguna? Hal ini tergantung pada kebutuhan. Bila Anda membutuhkan untuk aktivitas yang tinggi dan mudah, maka bisa memilih DJI Osmo 5 dengan berbagai fitur unggulan dan dapat dijadikan tongsis untuk mengambil gambar dan video lebih baik. Sementara, jika Anda menginginkangimbal stablizer camera dengan harga yang cukup terjangkau dan fitur-fitur yang baik, pilihan tepat pada DJI OM 4.

Anda bisa mendapatkan keduanya di Doran Gadget yang merupakan distributor resmi DJI Surabaya, DJI Semarang, DJI Bali, dan DJI Jakarta. Selain produk yang dijual adalah barang asli, Anda juga berkesempatan meraih promo menarik di saat-saat tertentu. Informasi lebih lanjut Anda bisa join di channel Telegram Doran Gadget atau hubungi CS kami di sini.

Artikel selanjutnya kami membahas tentang “Perbedaan DJI Action 2 vs GoPro Hero 10 Black” dimana kedua gadget ini merupakan gadget yang patut kalian baca dahulu spesifikasinya sebelum membelinya, selain harga kecanggihan kedua gadget ini perlu dibandingkan karena memang satu kelas action camera. Selain itu beberapa fitur penting yang perlu kalian ketahui sebelum membeli salah satu action kamara ini. Simak langsung artikelnya di postingan kami “Perbedaan DJI Action 2 vs GoPro Hero 10 Black“.

Artikel terkait:

×