sepeda statis garmin (4)

Garmin IndonesiaOlahraga Indoor saat ini banyak diminati masyarakat. Terlebih di masa pandemi yang membatasi ruang gerak aktivitas luar ruangan. Salah satunya adalah menggunakan sepeda statis Garmin. Namun, tak sedikit pula orang-orang yang bertanya mengenai bagaimana panduan yang tepat menggunakannya? Oleh karena itulah, melansir dari laman Garmin International, tim Doran Gadget merangkum beberapa pertanyaan yang sering diajukan berikut.

Apa Itu Bike Rollers pada Sepeda Statis Garmin?

smart trainer tacx neo 2t bike trainer

Sepeda statis pada produk Garmin dilengkapi dengan perangkat bike rollers. Perangkat inilah yang memungkinkan pengguna untuk mengayuh sepeda balap maupun sepeda gunung secara indoor tanpa harus keluar rumah. Cara kerja rollers ini seperti sebuah treadmil.

Perangkat rollers juga semakin stabil dengan tiga buah silinder yang dapat menopang bobot sepeda dan penggunanya. Namun, sebagai catatan untuk menggunakannya pengguna harus bisa menahan keseimbangan seperti halnya mereka menjaga keseimbangan bersepeda di alam terbuka.

Baca juga: 15 Manfaat Menggunakan Bike Trainer yang Harus Anda Ketahui

Waktu yang Tepat untuk Menggunakannya

sepeda statis garmin (3)

Bagi para pemula, penting pula diketahui mengenai kapan waktu dan tempat yang bagus untuk menggunakan sepeda statis Garmin ini. Untuk olahraga ini sebaiknya dilakukan di ruangan yang memiliki ventilasi udara yang cukup. Hal itu karena olahraga ini dapat menyebabkan Anda mengeluarkan keringat berlebih.

Kemudian, mengenai kapan waktu yang tepat hal ini memang tidak ada yang pasti. Ada yang nyaman melakukannya saat pagi hari, atau memilih mengayuh sepeda statis ini saat malam hari. Pada intinya adalah, Anda bebas memilih waktu selama itu memberikan kenyamanan bagi Anda dan tidak berdampak negatif bagi kesehatan tubuh, itulah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini.

Baca juga: 7 Fitur Penting Pemantau Kesehatan Garmin di Masa Pandemi

Seberapa Sering Berolahraga dengan Sepeda Statis?

sepeda statis garmin (2)

Tak hanya mengenai kapan dan dimana waktu yang tepat untuk menggunakan sepeda statis saja, pertanyaan lainnya yang juga muncul adalah mengenai seberapa sering melakukannya. Sama halnya seperti poin sebelumnya, durasi penggunaan ini tergantung pada kondisi fisik dan tujuan penggunanya.

Jika Anda sebagai pengguna pemula dengan pendekatan berjenjang, maka bisa dilakukan paling tidak 2-3 kali setiap minggu selama 20-30 menit untuk membiasakan diri terlebih dahulu. Jika dirasa lebih nyaman, tambahlah intensitas latihan dan kecepatannya.

Lalu, apabila Anda berpengalaman dalam bersepeda, tak ada salahnya untuk mengkombinasikan latihan dan intensitas serta kayuhan. Misalnya, sebagian melakukan olahraga dengan menggunakan sepeda statis, sebagian waktu lagi melakukan olahraga dengan sepeda konvensional secara outdoor.

Baca juga:Garmin Tacx Boost: Cara Baru Olahraga Nyaman di Rumah

Strategi Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

sepeda statis garmin

Berolahraga indoor menggunakan sepeda statis Garmin memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Untuk hal ini, Anda perlu memiliki strategi yang konsisten dan perhatikan pola olahraga serta asupan gizinya. Agar semakin optimal, Anda bisa gunakan pula wearable gadget Garmin lainnya.

Misalnya adalah menggunakan heart rate monitor yang dipasangkan di bagian dada dan pacu detak jantung Anda hingga sekitar 60-70% dari kapasitas maksimum. Walaupun sebagian orang menjaga kecepatan mengayuh secara konstan dan dibarengi dengan olahraga kardio, Anda pun dapat mengatur kecepatan maupun intensitas kayuhan sepeda layaknya latihan otot. Hal itu juga akan membakar kalori lebih banyak dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca juga: Menurunkan Berat Badan dengan Bersepeda

Rekomendasi Sepeda Statis Garmin

sepeda statis garmin (1)

Bagaimana Sobat Doran? Anda bisa terapkan panduan menggunakan sepeda statis sebagai langkah awal untuk memulainya. Selain itu, ada produk sepeda statis Garmin yang dapat Anda pilih untuk mendukung aktvitas tersebut seperti Garmin Tacx Boost atau Tacx NEO 2T Bike Smart Trainer yang lebih lengkap. Jangan lupa untuk gunakan pula smartwatch Garmin untuk memantau kondisi stamina selama latihan.

Produk-produk tersebut bisa Anda dapatkan di Doran Gadget selaku authorized dealer Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali. Informasi pembelian mengenai produk bisa hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

×