Olahraga Saat Haid? Ini 6 Manfaat dan Cara Menyesuaikan Jadwal Olahraga

berolahraga saat haid, garmin watch garmin surabaya garmin indonesia

Garmin Indonesia Mungkin Anda pernah mengalami nyeri pada bagian perut karena sedang menstruasi atau haid. Padahal saat itu sedang rajin-rajinnya berolahraga untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Melakukan olahraga saat haid sebenarnya boleh saja dilakukan sesuai prosedur agar tubuh tetap nyaman.

Karena berbagai alasan, banyak yang melewatkan latihan saat sedang haid. Namun sebenarnya tidak ada alasan berhenti olahraga saat menstruasi atau haid. Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui ketika olahraga ketika haid.

Manfaat Olahraga Saat Haid

Manfaat fisik dan mental dari olahraga tidak berhenti hanya karena Anda sedang menstruasi. Faktanya, menjalani rutinitas sebenarnya dapat membantu meringankan beberapa keluhan umum yang menyertai menstruasi.

berolahraga saat haid, garmin watch garmin surabaya garmin indonesia

Menurut Dr. Christopher Hollingsworth yang dikutip dari situs healthline.com, periode adalah waktu yang kompleks dari sudut pandang hormonal. “Baik progesteron dan estrogen berada pada titik terendah selama seluruh fase periode siklus menstruasi, yang dapat membuat orang merasa lelah dan kurang energik,” jelasnya.

Karena itu, menghindari gerakan olahraga saat haid tidak akan menghemat energi atau membuat Anda merasa lebih baik. Alih-alih menghentikan semua aktivitas selama menstruasi, gunakan waktu menstruasi sebagai kesempatan untuk mencoba beberapa latihan baru.

Berikut lima manfaat berolahraga selama menstruasi yang akan Anda dapatkan:

Mengurangi Gejala PMS

Jika Anda mengalami kelelahan dan perubahan suasana hati pada hari-hari menjelang menstruasi dan selama siklus Anda. Latihan aerobik secara teratur dapat mengurangi gejala-gejala PMS.

Baca: Tips Gaya Hidup Sehat – 5 Alasan Body Battery Anda Cepat Habis

Manfaatkan Endorfin Anda

Karena olahraga memberi Anda endorfin alami yang tinggi, olahraga dapat meningkatkan suasana hati dan benar-benar membuat Anda merasa lebih baik. Brandon Marcello , PhD, percaya salah satu manfaat utama dari olahraga saat sedang menstruasi adalah pelepasan endorfin.

Dia juga mengatakan bahwa endorfin adalah obat penghilang rasa sakit alami. Ketika dilepaskan saat berolahraga, Anda mungkin merasa lega dari periode yang tidak nyaman.

Rasakan Lebih Banyak Kekuatan

Satu studi menemukan bahwa dua minggu pertama siklus menstruasi Anda (hari pertama adalah hari pertama menstruasi). Memungkinkan Anda mendapatkan peningkatan kekuatan yang lebih besar karena rendahnya tingkat hormon wanita.

Meningkatkan Mood Anda

Dr. Lindsey Mathews dalam situs healthline.com, mengatakan olahraga saat haid akan meningkatkan mood dan meningkatkan sirkulasi. Olahraga juga cenderung meredakan kram, sakit kepala, atau sakit punggung yang berhubungan dengan menstruasi.

Hadapi Periode yang Menyakitkan

Jika Anda mengalami menstruasi yang menyakitkan, yang juga disebut dismenore. Anda pasti tahu betapa tidak nyamannya waktu-waktu tersebut. Kabar baiknya adalah bahwa olahraga seperti jalan ringan dapat membantu Anda mengurangi gejala ini.

Baca: Kehilangan Stamina Tubuh Karena Jarang Olahraga? Begini Antisipasinya

Beberapa Olahraga yang Bisa Anda Lakukan 

Olahraga terbaik yang bisa Anda lakukan saat menstruasi adalah olahraga yang Anda sukai. Berikut beberapa olahraga yang bisa menjadi variasi untuk latihan Anda.

  • Berjalan atau Kardio Ringan
  • Latihan Kekuatan Volume
  • Pilates dan Yoga

Bagaimana Cara Menyesuaikan Olahraga Saat Menstruasi

berolahraga saat haid, garmin watch garmin surabaya garmin indonesia

Untuk memudahkan menyesuaikan latihan olahraga saat haid. Anggap saja siklus menstruasi terjadi 4 minggu atau 28 hari. Umumnya, keadaan fisik perempuan akan cukup buruk selama beberapa hari menstruasi. Kondisi tersebut akan membaik secara bertahap.

Tentang cara mengatur volume dan intensitas latihan, cukup melakukan beberapa prinsip sederhana.

  • Minggu pertama menstruasi, buat latihan menjadi serendah mungkin.
  • Pada minggu ketiga, yang juga merupakan hari fase luteal. Pertahankan volume lari karena dalam fase luteal terjadi penurunan fisik. Volume lari Anda bisa ditingkatkan secara bertahap kedepannya.

Baca: Resolusi 2021 Ingin Diet – Berikut 5 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Bersepeda

Penutup

berolahraga saat haid, garmin watch garmin surabaya garmin indonesia

 

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat tetap olahraga ketika haid. Memang ketika sedang menstruasi, badan rasanya sangat tidak nyaman. Namun dengan olahraga ringan yang menyenangkan bisa membuat tubuh merasa lebih baik.

Jika Anda termasuk orang yang gemar melakukan olahraga lari. Anda pasti membutuhkan data yang akurat untuk memahami siklus menstruasi dan menerapkannya untuk latihan. Dalam Garmin Connect, Anda bisa mencatat siklus menstruasi.

Data yang diberikan cukup lengkap. Anda akan melihat siklus menstruasi yang sedang terjadi, menstruasi berikutnya, ovulasi dan lain sebagainya. Anda bisa juga mencatat gejala-gejala yang dirasakan. Data tersebut bisa digunakan untuk rujukan dan mengamati apakah Anda berolahraga terlalu keras atau tidak.

Berbagai fitur tersebut sudah ada didalam aplikasi Garmin Connect yang tersedia gratis. Penggunaan Garmin Watch dalam latihan juga akan memudahkan Anda dalam memantau kondisi tubuh. Terlebih saat ini Garmin Surabaya sedang mengadakan promo new year sale. Dengan memanfaatkan promo tersebut, Anda bisa memiliki Smartwatch Garmin impian Anda dengan penawaran spesial.

× Whatsapp