Kehilangan Stamina Tubuh Karena Jarang Olahraga? Begini Antisipasinya

kehilangan stamina tubuh

Garmin IndonesiaKetika Anda rajin berolahraga dengan teratur setiap hari, tubuh Anda akan merasa selalu fit untuk memulai aktivitas. Namun ada kalanya berbagai rutinitas menghalangi Anda melakukan olahraga. Jika terus menerus seperti itu, lambat laun Anda akan kehilangan stamina tubuh.

Apapun alasannya, melewatkan jadwal latihan akan mempengaruhi stamina tubuh Anda. Penurunan stamina cukup cepat, terutama untuk kardiorespirasi atau kemampuan jantung, paru-paru dan pembuluh darah dalam mengambil dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Juga VO2 Max atau volume maksimal oksigen yang bisa diproses oleh tubuh.

Dalam artikel kali ini akan membahas seberapa cepat tubuh kehilangan stamina ketika Anda tidak melakukan olahraga rutin dan bagaimana cara mengantisipasinya.

Memulihkan Stamina Tubuh Dengan Istirahat Secukupnya

tips bersepeda, jam tangan garmin

Ketika Anda beristirahat terlalu lama atau mengurangi beban latihan. Anda akan merasakan Detraining atau kehilangan manfaat dari latihan yang selama ini dilakukan. Detraining sendiri tergantung pada banyak faktor, seperti tingkat kebugaran tubuh, durasi olahraga, fisiologi dan juga faktor genetik tubuh. Istirahat secukupnya bisa dibilang vitamin stamina tubuh.

Detraining berbeda dengan pemulihan pasca olahraga atau istirahat setelah olahraga. Pemulihan akan memberi tubuh Anda jeda sebelum memulai latihan lagi juga membuat tubuh beradaptasi dengan latihan. Garmin Watch memiliki fitur yang akan membantu memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan tubuh sebelum memulai latihan lagi.

Istirahat sejenak merupakan salah satu metode untuk mendapatkan hasil olahraga yang maksimal. Jika Anda telah berlatih cukup keras sampai mendapatkan status produktif, istirahat beberapa hari bisa menjadi pilihan. Namun jika istirahat Anda terlalu lama, tubuh akan merasakan Detraining, stamina tubuh Anda akan turun.

Volume Darah Menurun Detak Jantung Meningkat

gaya hidup sehat, body battery, jam garmin stamina tubuh

Jika Anda tidak berlatih lagi dalam jangka waktu lama, salah satu dampak yang akan dirasakan adalah penurunan volume darah. Tubuh akan mulai kehilangan adaptasi latihan yang membuat volume darah menurun, sehingga lebih sedikit darah yang kembali ke jantung.

Jika diperhatikan, detak jantung Anda akan lebih tinggi saat berolahraga dengan intensitas yang sama setelah istirahat. Biasanya tidak sampai seminggu dari latihan terakhir, tubuh Anda akan mengalami Detraining.

Efisiensi otot jantung juga akan berkurang setelah lama tidak berlatih, yang berpengaruh pada kurangnya volume darah yang dipompa jantung per detik. Lambat laun daya tahan aerobik Anda akan terganggu. Untuk menjaga kebugaran tubuh, maka disarankan untuk berlatih secara rutin.

Baca: 9 Tips Lari Untuk Pemula – Cocok Untuk Diet Sehat dan Gaya Hidup Sehat

VO2 Max Turun Dengan Cepat

stamina tubuh tips lari, diet sehat, gaya hidup sehat, jam tangan garmin

Berkurangnya volume darah yang dipompa jantung per detik juga menjadi alasan VO2Max menurun. Umumnya, pengurangan VO2Max terjadi pada 2-4 minggu detraining. Ketika Anda seorang atlet profesional, mungkin tidak akan kehilangan cukup banyak VO2Max, jika Anda pemula, maka akan kehilangan lebih banyak karena tubuh belum terbiasa.

Jika Anda tidak berlatih lagi dalam waktu yang lama, kepadatan kapiler atau pembuluh darah yang membawa oksigen ke otot akan menurun. Untuk mengembalikan VO2Max dalam kondisi terbaiknya, membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena VO2Max bukan hanya sekedar metrik stamina tubuh, tapi juga indikator kesehatan secara keseluruhan.

Tidak berlatih lagi dalam jangka waktu semakin lama akan menurunkan massa otot yang biasanya terjadi setelah 2-3 minggu. Secara bertahap massa otot akan menghilang. Intensitas latihan adalah faktor penting dalam cara meningkatkan stamina tubuh.

Baca: Penting, 11 Tips Bersepeda yang Harus Anda Ketahui

Disiplin Waktu Untuk Stamina Tubuh Membaik

menurunkan berat badan, membakar kalori, garmin watch stamina tubuh

Selama waktu istirahat setelah latihan, ada baiknya untuk tetap beraktivitas fisik untuk menjaga stamina tubuh Anda dan melawan Detraining. Anda bisa berjalan-jalan sebentar atau menaiki tangga. Intensitas latihan merupakan faktor penting dalam menjaga stamina tubuh.

Jika aktivitas tidak memungkinkan Anda untuk berlatih secara rutin. Untuk menghasilkan hasil yang sama Anda bisa mengurangi durasi latihan namun dengan beban latihan yang ditingkatkan. Jika Anda ingin mempertahankan VO2Max.

Baca: Tips Gaya Hidup Sehat – 5 Alasan Body Battery Anda Cepat Habis

Penutup

Berlatih secara rutin akan membuat tubuh menjadi bugar dan selalu bertenaga menjalani aktivitas sepanjang hari. Jika itu yang Anda inginkan agar lebih produktif, maka Smartwatch Garmin Forerunner 245 bisa menjadi teman latihan yang pas. Karena mampu memberitahu kapan waktu untuk beristirahat juga mulai berlatih lagi, mampu melihat keefektifan latihan yang Anda jalani dan berbagai fitur penunjang lainnya.

Harga Garmin Forerunner 245 Rp 4.799.000. Jam tangan Garmin Forerunner 245 adalah solusi untuk Anda yang sering lupa atau malas berolahraga karena memiliki fitur pengingat. Miliki jam Garmin Forerunner 245 selama persediaan masih ada. Anda bisa mendapatkannya dengan penawaran spesial dari Garmin Surabaya dimanapun Anda berada.

× Whatsapp