Penting, 11 Tips Bersepeda yang Harus Anda Ketahui

tips bersepeda, jam tangan garmin

Dorangadget.com Artikel kali ini akan membahas Tips bersepeda karena bersepeda mendadak menjadi olahraga yang banyak digemari. Hal ini mengakibatkan harga sepeda dan aksesorisnya melambung tinggi. Fenomena seperti ini bisa terjadi mungkin karena banyak tempat yang tutup atau bisa juga karena kesadaran masyarakat akan kesehatan mulai tumbuh.

Sayangnya kesadaran untuk hidup sehat tersebut tidak didasari dengan pengetahuan yang cukup. Seperti ketika bersepeda, hanya mengayuh saja sebentar lalu capek dan badan pegal-pegal. Padahal hal-hal kurang mengenakkan tersebut bisa diminimalisir dan kemampuan tubuh Anda bisa dimaksimalkan agar bisa bersepeda jarak jauh.

Berikut 11 tips bersepeda yang bisa Anda gunakan untuk bersepeda jarak jauh:

Konsumsi Makanan Mengandung Banyak Serat

Ketika Anda mulai menyukai aktivitas bersepeda, perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Mulai dengan semakin rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Hal ini untuk memberikan stamina pada tubuh ketika Anda bersepeda, terlebih untuk jarak jauh.

Konsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan saat malam hari, ketika keesokannya Anda hendak berolahraga atau bersepeda. Serat dalam makanan akan memberi tambahan energi ketika Anda membutuhkannya, seperti saat berolahraga. 

Asupan Air yang Cukup

tips bersepeda, jam tangan garmin

Selain makanan yang kaya serat, Anda juga harus mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Terlebih jika Anda akan bersepeda jarak jauh. Usahakan konsumsi air Anda sudah mencukupi kebutuhan Air harian agar badan Anda dalam performa yang baik.

Tips bersepeda yakni usahakan Anda mengkonsumsi 2 gelas air mineral minimal, sebelum mulai bersepeda. Setelah itu, setiap jamnya, usahakan Anda meminum satu botol air untuk memulihkan tenaga Anda yang telah digunakan.

Cemilan Saat Bersepeda

tips bersepeda, jam tangan garmin

Jika Anda tidak sempat mengkonsumsi makanan kaya akan serat sebelum bersepeda, Anda bisa menggantinya dengan makanan lain seperti cemilan. Dalam tips bersepeda ini, cemilan yang dimaksud tentu bukan sembarang cemilan.

Makanan merupakan cadangan energi yang akan digunakan oleh tubuh, seperti saat Anda melakukan aktivitas berat. Cemilan seperti energy bar atau kue kering bisa menjadi pilihan yang tepat untuk sementara. Cemilan tersebut bisa menyediakan energi satu sampai dua jam perjalanan. 

Istirahat yang Cukup 

tips bersepeda, jam tangan garmin

Istirahat yang cukup adalah tips bersepeda yang tak kalah penting selanjutnya. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan berada dalam kondisi terbaiknya. Sebaiknya Anda memiliki pola tidur yang teratur agar tubuh Anda terbiasa dan Anda bisa lebih bugar.

Dengan olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup, kebugaran tubuh akan terjaga. Dengan begitu, tubuh Anda akan lebih siap saat diajak untuk bersepeda jarak jauh. Olahraga yang rutin harus diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Membagi Rute Saat Bersepeda

Membagi rute saat bersepeda adalah tips yang sangat penting untuk Anda yang masih pemula menekuni bersepeda, mungkin masih bingung. Bagilah rute bersepeda Anda sesuai kemampuan dan jangan memaksakan diri. Hal ini berguna untuk melatih pernapasan juga otot agar tidak kaget ketika Anda bersepeda.

Jika Anda tidak pernah bersepeda sebelumnya, coba dengan jarak 2 Km sampai tubuh Anda menjadi terbiasa. Jika sudah terbiasa, mulai tambah jaraknya secara bertahap sampai pada jarak yang Anda inginkan.

Mengayuh Dengan Stabil

tips bersepeda, jam tangan garmin

Bersepeda jarak jauh membutuhkan ketahanan fisik yang baik. Untuk menjaga ketahanan fisik Anda selama bersepeda, pastikan cara mengayuh Anda sudah benar. Agar tenaga tidak habis duluan sebelum jarak yang diinginkan.

Teknik mengayuh sepeda yakni 70% dari detak jantung optimal tubuh. Cara paling mudah mengeceknya yakni dengan berbicara ketika lelah. Selesaikan satu kalimat, jika Anda bisa menyelesaikan satu kalimat tersebut, bisa disimpulkan Anda mengayuh sepeda terlalu keras.

Atur Gir Sepeda yang Sesuai

tips bersepeda, jam tangan garmin

Banyak faktor yang mempengaruhi performa Anda selama bersepeda, salah satunya adalah posisi gir sepeda. Kesalahan mengatur gir sepeda bisa mengakibatkan tenaga dan stamina terbuang percuma. Hal ini tentu kurang sesuai jika Anda hendak bersepeda jarak jauh.

Gunakan setiap gir dengan bijak, seperti saat mulai terasa berat, Anda bisa mengganti posisi gir. Dengan begitu Anda tidak akan merasa tersiksa. Tenaga dan stamina Anda juga akan tersalurkan dengan lebih optimal.

Tips Bersepeda, Ganti Posisi Duduk

tips bersepeda, jam tangan garmin

Selanjutnya yakni posisi duduk, untuk bersepeda jarak jauh, Anda harus memperhatikan banyak hal seperti posisi duduk, terlebih jika Anda masih pemula. Salah duduk akan membuat Anda lebih cepat merasa lelah dan merasa tidak betah berlama-lama bersepeda.

Cobalah dengan mengganti posisi duduk dalam perjalanan Anda menggunakan sepeda. Disarankan juga untuk mengganti posisi tangan agar tubuh tidak merasakan pegal-pegal yang membuat pengalaman bersepeda menjadi kurang nyaman. Dengan begitu, tubuh akan lebih tenang terlebih untuk jarak jauh dan durasi yang lama.

Jeda Istirahat Tidak Terlalu Lama

tips bersepeda, jam tangan garmin

Jeda istirahat memang sangat penting dilakukan agar tubuh Anda memulihkan tenaga untuk melakukan perjalanan lagi. Tips selanjutnya yakni jangan terlalu lama beristirahat, hal tersebut berkaitan dengan otot kaki Anda. Terlalu lama mengambil jeda istirahat membuat otot kaki sulit untuk mengembalikan otot kaki ke kondisi optimal.

Sebaiknya bijaklah untuk mengambil jeda istirahat, dengan durasi yang tepat, Anda akan sanggup bersepeda jarak jauh seperti yang Anda harapkan. Agar tidak berlebihan saat olahraga, gunakan timer agar tidak terlalu lama istirahat.

Ketahui Sejauh Mana Kemampuan Tubuh Anda

tips bersepeda, jam tangan garmin

Penting sekali untuk mengetahui kemampuan tubuh Anda sendiri, terlebih saat bersepeda jarak jauh. Memaksakan diri hanya akan membuat Anda sakit, sebaiknya persiapkan diri sebelum benar-benar bersepeda jarak jauh.

Latihlah tubuh Anda secara teratur, terlebih jika Anda tidak pernah olahraga atau bersepeda sebelumnya. Ketika Anda tidak mengetahui kemampuan tubuh, bisa jadi Anda mengayuh terlalu cepat dan mengakibatkan kelelahan, bahkan sebelum sampai setengah perjalanan.

Baca: 9 Tips Lari Untuk Pemula – Cocok Untuk Diet Sehat dan Gaya Hidup Sehat

Gunakan Alat Untuk Memantau Kondisi Tubuh

tips bersepeda, jam tangan garmin

Tips bersepeda selanjutnya yang tidak kalah penting namun sering diabaikan adalah penggunaan alat keamanan. Berolahraga outdoor merupakan olahraga yang lebih baik daripada olahraga indoor, namun tingkat bahaya juga lebih besar. Banyak sekali kemungkinan yang bisa mencelakai Anda, terlebih saat Anda berolahraga sendirian.

Sebaiknya gunakan alat pelindung diri seperti helm, Cleated bike shoes, kaos kaki, kacamata, bike gloves atau sarung tangan, pelindung lutu juga siku, alat penghitung detak jantung dan lain sebagainya.

Alat penghitung detak jantung sangat penting Anda gunakan, sebab dengan alat ini Anda bisa memantau bagaimana kondisi jantung. Terlebih saat berolahraga, jantung akan berdetak lebih kencang, dan ketika Anda memaksakan diri terlalu keras, hal itu bisa membahayakan. Untuk mempermudah, gunakan jam tangan yang bisa menghitung detak jantung dengan akurat seperti Garmin Watch.

Baca: 7 Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori

Penutup

jam tangan garmin, garmin sepeda monitor detak jantung

Jam tangan Garmin sudah dikenal sebagai sportwatch, yakni smartwatch yang dikhususkan untuk aktivitas berat seperti olahraga karena fitur-fitur pemantau kondisi tubuh di dalamnya. Selain itu, Jam Garmin juga bisa memantau jumlah kalori, siklus mens, rute bersepeda, pola tidur, dan lain sebagainya. Bisa dibilang jam Garmin adalah paket lengkap untuk Anda yang ingin menjalani gaya hidup sehat. SAlah satu rekomendasi yang bisa Anda pilih adalah tipe Garmin Forerunner.

× Whatsapp