Doran GadgetSuka olahraga yang menantang? Panjat tebing adalah salah satu yang bisa Anda coba. Olahraga ini memang memerlukan keahlian khusus. Namun, tidak ada salahnya Anda mencobanya dengan didampingi oleh profesional yang berpengalaman. Tidak hanya sekadar memacu adrenalin saja, olahraga yang dikenal juga dengan rock climbing ini punya banyak manfaat. Apa sajakah? Simak sampai tuntas, Sobat Doran!

Mengenal Olahraga Panjat Tebing

Olahraga Panjat Tebing (3)
sc: Evening Sends

Pada dasarnya, olahraga panjat tebing adalah aktivitas memanjat di tebing yang curam dengan ketinggian tertentu. Karena termasuk dalam olahraga ekstrem, maka diperlukan fisik dan stamina yang kuat. Termasuk perlengkapan yang digunakan nantinya, khususnya dalam hal keamanan.

Dalam perkembangannya, olahraga ini terbagi dalam beberapa jenis. Ini tergantung pada tingkat kesulitan hingga teknik yang digunakan, di antaranya adalah:

  • Bouldering: memanjat dengan perangkat pendukung seperti menggunakan tali pengaman. Terutama untuk dinding tebing yang rendah dan menggunakan crash pad agar lebih aman saat pendaki terjatuh.
  • Speed Climbing: di sini para pendaki berusaha untuk menjadi yang pertama mencapai puncak tebing dalam waktu singkat. Medannya pun tidak terlalu menantang.
  • Lead Climbing: pendaki melakukan aktivitas memanjat bersamaan. Ada seorang pemimpin yang mengikatkan tali di trek untuk pelindung tim dibelakangnya.
  • Deep Water Solong: adalah panjat tebing yang ekstrem. Dimana seorang pendaki memanjat di tebing tanpa tali pengaman dan dibawahnya terdapat perairan yang dalam. Tujuannya adalah meminimalisir risiko terluka atau cedera saat terjatuh.
  • Dry Tooling: yakni memanjat dengan bantuan crampon dan kapak. Beda halnya dengan panjat tebing biasa yang mengandalkan lengan dan kaki, untuk dry tooling adalah memanjat dengan alat khusus

Baca juga: Mengenal Fitur Multi-Pitch Smartwatch Coros untuk Panjat Tebing

Manfaat Olahraga Panjat Tebing

Ada beberapa manfaat olahraga rock climbing, tidak hanya bagi kesehatan fisik saja, tetapi juga membuat psikis menjadi lebih tangguh.

1. Meningkatkan Massa Otot dan Stamina

Tommy Caldwell
sc: epictv.com

Manfaat pertama yang bisa dirasakan adalah massa otot akan meningkat dan membuat fisik lebih kuat. Sebab, ketika Anda memanjat, maka seluruh otot dalam tubuh bekerja lebih keras hingga titik maksimal.

Terlebih lagi jika dilakukan secara rutin dan berkala, massa otot pun akan meningkat lebih cepat. Begitu pun dengan stamina tubuh juga dapat meningkat. Sehingga, bagian penting dari tubuh Anda seperti tulang dan otot menjadi lebih kuat.

Baca juga: Kisah Tommy Caldwell, BA Coros yang Jadi King of El Cap

2. Membakar Kalori yang Efektif

Sama halnya olahraga lain seperti lari, panjat tebing juga efektif membakar kalori di dalam tubuh. Sebagian orang beranggapan jika rock climbing menjadi olahraga untuk melatih kardio tanpa harus monoton.

Adapun jumlah kalori yang terbakar memang tergantung pada tingkat kesulitan medan. Lalu, berdasarkan intensitas yang dilakukan hingga kecepatan saat memanjat. Biasanya, tingkat rata-rata kalori yang terbakar ketika melakukan olahraga ini setidaknya sekitar 400 kalori dalam kurun waktu 30 menit.

3. Melatih dan Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Tommy Caldwell
sc: rxrsports.com

Inti dari olahraga panjat tebing adalah kekuatan tubuh. Dengan semakin sering Anda melakukan latihan, maka massa otot akan tumbuh dan terlatih. Sehingga, keseimbangan tubuh pun akan terbentuk.

Seseorang yang melakukan panjat tebing secara berkala dapat menyejajarkan tubuh bagian atas dan bawah. Di samping itu, koordinasi antar anggota tubuh menjadi lebih baik dan sinkron. Mulai dari koordinasi tangan, kaki, mata, hingga pikiran secara bersamaan.

Baca juga: Pentingnya Latihan Keseimbangan bagi Pelari

4. Mencegah Penyakit Kronis dan Melatih Organ Jantung

Tak cukup sampai di situ saja, olahraga memanjat dapat mencegah penyakit kronis pada seseorang. Bahkan, saat seseorang melakukan panjat tebing selama 20 menit maupun lebih, ini bisa membantu dalam menurunkan potensi dari penyakit kronis seperti diabetes tipe-2 dan hipertensi.

Kemudian, detak jantung menjadi lebih cepat. Ini akan membuat kalori terbakar lebih banyak. Kondisi paru-paru pun menjadi lebih sehat. Disebutkan dalam British Journal of Sport Medicine, olahraga ini mampu meningkatkan kesehatan paru-paru sama halnya dengan olahraga lain seperti lari dengan kecepatan sedang.

5. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Olahraga Panjat Tebing
sc: AlpInsider

Selain meningkatkan kesehatan fisik, panjat tebing memiliki manfaat baik bagi kesehatan mental. Khususnya mengurangi tingkat stres yang tinggi dan kecemasan. Hal itu karena aktivitas ini meningkatkan komunikasi pada sistem kardiovaskular dengan organ lain. Lalu juga meningkatkan produksi senyawa kimia neuromodulator norepinefrin untuk mengatasi stres.

Begitu pula dengan kecemasan tinggi hingga tahapan depresi. Ini seperti ditulis dalam BMC Psychiatry. Hal yang sama juga pernah dipublikasikan dalam Perceptual and Motor Skills, dimana melakukan pengujian pengidap kecemasan untuk melakukan panjat tebing dalam waktu tiga bulan. Alhasil, tingkat kecemasan mereka pun mengalami penurunan.

Baca juga: 3 Latihan Pernapasan Mendalam agar Relaks dan Kurangi Stres

6. Meningkatkan Percaya Diri dan Mengurangi Rasa Takut

Bagi orang yang pertama kali melakukan panjat tebing, tentu muncul rasa takut. Namun, lambat laun, rasa takut ini menurun saat Anda melawannya ketika berada di ketinggian. Secara tidak langsung, aktivitas fisik ini dapat mengurangi kecemasan somatik maupun kognitif.

Ini membuat seseorang lebih percaya diri. Apalagi saat Anda mencapai puncak ketinggian. Semakin sering berlatih, rasa percaya diri pun semakin meningkat. Dengan percaya diri yang baik, ini akan membantu Anda dalam mencapai apa yang diinginkan dan menjalani proses tanpa ragu.

7. Meningkatkan Memori Otak dan Melatih Kesabaran

Olahraga Panjat Tebing (1)
sc: The Atlas Heart

Manfaat panjat tebing yang terakhir adalah dapat meningkatkan memori otak. Saat memanjat Anda diharuskan untuk berkonsentrasi dalam menentukan langkah selanjutnya. Jika sedikit saja Anda kehilangan fokus, bukan hanya salah langkah, bahkan bisa tergelincir atau terjatuh.

Otak yang lebih fokus dan konsentrasi baik langsung dan tak langsung akan meningkatkan memori otak. Di sisi lain, juga meningkatkan kesabaran seseorang. Sebab, pada awalnya Anda akan mengalami kegagalan dalam mencoba. Namun, dengan kesabaran dan terus berlatih akan membuat Anda terbiasa. Tentu hal seperti ini akan terbawa di kehidupan sehari-hari.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Jam Tangan Outdoor Terbaik, Baterai Tangguh!

Gadget yang Cocok untuk Rock Climbing

sc: COROS

Agar olahraga rock climbing semakin aman dan nyaman, terutama dalam memantau ketinggian dan kesehatan, Anda pun perlu menggunakan gadget pendukung salah satunya adalah smartwatch.

Memang, beberapa smartwatch dirancang khusus untuk olahraga ini. Misalnya brand Garmin yang memiliki fitur lengkap, terutama di seri outdoor seperti Garmin Instinct Series, Garmin Fenix 7, hingga Garmin Epix 2.

Brand smartwatch untuk panjat tebing lainnya yang layak dipilih adalah COROS Vertix 2 yang memiiki fitur Multi-Pitch. Dimana fitur tersebut dapat memantau dan merekam kondisi tubuh dan capaian yang diraih selama Anda memanjat.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

>