Cara Bermain Golf

Doran Gadget – Golf bukan hanya sekadar olahraga, tetapi juga seni dan tantangan yang melibatkan keterampilan, strategi, dan ketenangan pikiran. Bagi mereka yang baru mengenal golf, memahami dasar-dasar dan mengetahui cara bermainnya dapat menjadi langkah awal yang menyenangkan. Mari jelajahi cara bermain golf dengan panduan lengkap berikut.

Apa Itu Golf? 

Golf adalah olahraga yang dimainkan di lapangan hijau yang luas, yang dikenal sebagai padang golf. Tujuan utamanya adalah memasukkan bola ke dalam lubang dengan jumlah pukulan sesedikit mungkin. Seorang pemain golf biasanya membawa berbagai macam stik golf atau disebut sebagai klub golf, yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Perlengkapan Golf

cara bermain golf
sc: freepik

Sebelum memulai permainan, penting untuk memahami peralatan yang diperlukan. Pemain golf biasanya membawa sekitar 14 klub yang terdiri dari driver, fairway wood, iron, wedge, dan putter. Selain itu, dibutuhkan bola golf, tee, dan tas golf untuk membawa peralatan. Penting untuk tidak hanya memahami peralatan yang dibutuhkan dan peraturan dasar dalam bermain golf, tetapi juga mengenali lapangan yang akan digunakan serta stik golf yang digunakan untuk memukul.

Bermain golf melibatkan penggunaan berbagai jenis stik golf, yang dipilih berdasarkan kondisi tertentu. Setiap stik memiliki peran khusus, seperti untuk pukulan panjang, pukulan jarak sedang, pukulan jarak pendek, dan sebagainya. Dengan memahami perbedaan ini, pemain dapat lebih efektif mengatasi berbagai situasi yang muncul selama permainan golf.

Mengenal Lapangan Golf

cara bermain golf
sc: freepik

Padang golf memiliki lubang dengan nomor tertentu, biasanya 18 lubang. Setiap lubang memiliki rintangan yang berbeda, seperti bunker, fairway, air hazard, dan rough. Pemain harus melewati lubang tersebut dengan jumlah pukulan yang sesedikit mungkin.

Selama bermain golf, pemain akan didampingi oleh seorang caddie yang bertugas membawa peralatan golf dan memberikan bantuan dalam mengarahkan pemain untuk menyelesaikan suatu hole. Pada pukulan pertama, satu bola akan dipukul dari teeing ground atau letak awal bola golf, dengan anggota tim yang memukul secara bergantian. Pukulan-pukulan berikutnya dilakukan dari posisi bola terakhir mendarat.

Pukulan pertama dari teeing ground dikenal sebagai tee shot, sementara pukulan untuk mencapai green disebut approach. Setelah mencapai green, pukulan selanjutnya untuk menggulirkan bola ke lubang disebut putting. Pemain yang berhasil memasukkan bola ke lubang dari luar green dapat menyebut pukulan tersebut sebagai chip-in. Dalam permainan ini, kolaborasi antara pemain dan caddie memiliki peran penting untuk meraih kesuksesan di setiap hole.

Baca juga: 8 Manfaat Olahraga Golf dan Alat yang Dibutuhkan

Aturan Dasar Golf

cara bermain golf
sc: freepik

Dalam dunia golf, tujuan utama pemain adalah mengarahkan bola dari teeing ground menuju green dan akhirnya memasukkannya ke dalam lubang. Lubang ini terlihat jelas dengan adanya bendera yang berkibar, menjadi penanda yang tak terbantahkan. Konsep “Par” memainkan peran kunci dalam menilai kinerja seorang pemain. Par adalah jumlah pukulan ideal yang dianggap cukup untuk mencapai lubang tertentu.

Oleh karena itu, dalam setiap pukulan, pemain berusaha meminimalkan jumlahnya agar sejajar atau bahkan di bawah angka Par, menciptakan tantangan dan kegembiraan tersendiri dalam setiap putaran permainan golf. Nah berikut ini adalah beberapa aturan dasar golf yang wajib Anda ketahui sebelum memulai memainkannya.

1. Ketahui Struktur Lapangan

Penting untuk memahami struktur lapangan dalam golf. Lapangan golf standar umumnya terdiri dari 18 hole, yang melibatkan area seperti tee, green, dan lubang yang jelas ditandai dengan bendera. Selain lapangan standar, terdapat juga lapangan berukuran kecil yang terdiri dari 9 hole. Lapangan dengan 9 hole ini sering menjadi pilihan yang cocok untuk pemula yang ingin lebih terbiasa dengan dinamika permainan golf sebelum mencoba tantangan lapangan dengan hole lebih banyak. 

2. Mainkan Sesuai Urutan Hole

Setiap hole dalam lapangan golf memiliki dua area penting, yaitu tee off dan lubang. Area tee off merupakan tempat di mana pemain memulai permainan dengan pukulan pertama dari teeing ground. Lubang, di sisi lain, adalah tujuan akhir yang harus dicapai, dan ditandai dengan bendera untuk memberikan panduan yang jelas.

Agar dapat mengikuti dengan baik setiap hole, disarankan untuk menggunakan peta lapangan. Peta ini dapat memberikan gambaran visual tentang urutan dan jalur setiap hole, membantu pemain untuk lebih baik memahami tantangan yang dihadapi dan memainkan permainan dengan lebih efektif. Dengan memanfaatkan peta lapangan, pemain dapat merencanakan strategi mereka dan membuat keputusan yang lebih cerdas di setiap fase permainan.

3. Bermain Sesuai Giliran di Kelompok

Penting untuk menjaga keteraturan permainan dengan bermain sesuai giliran di dalam kelompok. Hal ini bertujuan untuk mencegah kebingungan dan memastikan setiap pemain dapat memainkan pukulan mereka dengan lancar. Urutan tee off, yaitu saat pemain melakukan pukulan pertama di awal permainan, kemudian untuk pukulan kedua biasanya ditentukan berdasarkan skor hole di pukuilan pertama tadi. Pemain dengan skor terbaik pada hole sebelumnya akan mendapatkan giliran pertama, diikuti oleh pemain dengan skor terbaik kedua, dan seterusnya. 

sc: freepik

4. Jangan Pindahkan Bola di Lapangan

Penting untuk diingat bahwa dalam permainan golf, prinsip dasar adalah tidak memindahkan bola kecuali jika terhalang oleh benda buatan manusia seperti penanda jarak. Saat bola mendarat di suatu tempat yang tidak diinginkan, pemain tidak seharusnya mengambil atau memindahkannya secara sembarangan, karena hal ini melanggar aturan permainan.

Dalam situasi ketidakpastian, bijaksanalah untuk menanyakan pandangan kepada pemain berpengalaman yang mungkin memiliki wawasan lebih dalam mengenai aturan permainan golf. Hal ini tidak hanya memastikan kepatuhan terhadap aturan, tetapi juga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang cara menghadapi situasi tertentu di lapangan golf.

5. Catat Skor untuk Setiap Hole

Dalam permainan golf, penting untuk mencatat skor untuk setiap hole, yang dihitung sebagai jumlah pukulan yang diperlukan untuk menyelesaikan hole tersebut. Skor yang dicatat kemudian dibandingkan dengan Par, yang merupakan jumlah pukulan ideal yang dianggap cukup untuk mencapai lubang tertentu. S

kor yang diperoleh pada setiap hole dalam permainan golf memiliki penamaan tertentu sesuai dengan perbandingannya terhadap nilai Par untuk hole tersebut. Sebagai contoh, jika seorang pemain berhasil mencapai lubang dengan dua pukulan di bawah Par, atau memasukkan bola ke dalam lubang dengan tiga pukulan pada hole Par 5, prestasi ini disebut “Eagle”. Jika skor satu pukulan di bawah Par, itu disebut “Birdie”, sementara skor yang sama dengan Par disebut “Par”.

Sebaliknya, jika pemain mendapat skor satu pukulan di atas Par, itu disebut “Bogey”. Jika skor dua pukulan di atas Par, istilah yang digunakan adalah “Double Bogey”, dan seterusnya. Begitu seterusnya, masing-masing kategori memiliki namanya sendiri untuk mencerminkan seberapa baik atau seberapa sulit permainan yang telah dilakukan. Melalui sistem ini, pemain dapat dengan jelas menilai dan mengomunikasikan kinerja mereka selama pertandingan golf.

cara bermain golf
sc: freepik

6. Menang dengan Skor Terendah

Untuk meraih kemenangan dalam permainan golf, tujuan utama adalah menghasilkan skor paling rendah pada akhir pertandingan. Ketika kelompok Anda mencapai hole terakhir, pemain dengan skor keseluruhan terendah akan dinobatkan sebagai pemenang. Untuk memantau kemampuan Anda sepanjang permainan, perbandingan skor dengan Par pada setiap hole menjadi kunci.

Jika Anda berhasil melakukan pukulan dalam jumlah yang sama dengan Par atau bahkan di bawahnya, ini menunjukkan performa yang sangat baik. Dengan membandingkan skor Anda dengan Par, Anda dapat mengevaluasi sejauh mana kemampuan Anda dalam mengatasi tantangan setiap hole. Pemenang dalam golf bukan hanya ditentukan oleh kemahiran teknis, tetapi juga oleh kemampuan strategi dan konsistensi dalam mengelola skor sepanjang pertandingan.

7. Mulailah dengan Lapangan Par 3

Bagi para pemula yang ingin memperdalam keterampilan dasar dalam bermain golf, lapangan Par 3 dapat menjadi pilihan yang sangat sesuai. Pada lapangan ini, semua hole memiliki jarak yang lebih pendek dibandingkan dengan lapangan standar. Langkah ini dirancang khusus untuk memberikan pemula pengalaman yang lebih terkendali dan dapat membantu mereka fokus pada pengembangan teknik dasar permainan golf.

Dengan jarak yang lebih pendek, pemula dapat lebih mudah mengatasi setiap hole, memperoleh kepercayaan diri, dan meresapi keindahan serta dinamika dari olahraga golf. Lapangan Par 3 menjadi pilihan yang ideal untuk memulai perjalanan golf bagi mereka yang baru mengenal dunia ini dan ingin membangun fondasi yang kuat dalam kemampuan bermain golf.

Baca juga: Mengenal Olahraga Golf dan Istilahnya yang Perlu Diketahui

Cara Dasar Bermain Golf 

cara bermain golf
sc: freepik

Untuk menjadi mahir dalam permainan golf, penting untuk menguasai beberapa teknik dasar. Pertama-tama, teknik memegang stik golf memegang peranan penting dalam menghasilkan pukulan yang baik. Ada beberapa teknik memegang stik yang dapat dipelajari, antara lain baseball grip, overlapping golf grip, dan interlocking golf grip.

Setelah memahami cara memegang stik, langkah selanjutnya adalah mempelajari teknik mengayun. Ini melibatkan backswing, yaitu mengayunkan stik ke belakang tubuh sampai melewati kepala, dan downswing, yang mengatur kekuatan ayunan agar pas mengenai bola.

Selanjutnya, pahami teknik dasar memukul yang mencakup tee shot untuk pukulan pertama di teeing ground, fairway shot setelah tee shot, bunker shot ketika bola keluar dari area, putting saat bola sudah dekat dengan lubang, dan teknik punch yang berguna ketika angin kencang di lapangan golf. Dengan menguasai teknik-teknik ini, Anda dapat meningkatkan keterampilan dan keakuratan pukulan dalam permainan golf.

sc: freepik

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk memukul bola golf dengan benar: 

  • Berdiri dengan pinggul dan lutut agak ditekuk, kaki dibuka selebar pinggul, dan bobot tubuh merata di antara bagian tengah kaki.
  • Hadapkan sisi tubuh yang tidak dominan ke arah sasaran, misalnya, angkat tongkat golf ke arah kanan dan ayunkan ke bawah ke arah kiri.
  • Angkat tongkat golf ke belakang sejajar dengan tanah, pastikan ujungnya menghadap ke atas.
  • Angkat tongkat hingga mencapai 90 derajat, geser bobot tubuh ke sisi dominan, dan putar bahu untuk mengarahkan tongkat ke atas.
  • Ketika mengayunkan tongkat ke bawah, geser bobot tubuh ke sisi yang lain, pastikan tubuh tetap di tengah.
  • Luruskan bagian tubuh yang menghadap sasaran saat memukul bola, dengan bobot tubuh bergeser ke sisi yang tidak dominan.
  • Rentangkan kedua lengan penuh untuk menindaklanjuti pukulan, jangan berhenti setelah memukul dan pastikan berhenti mengayun tongkat golf di bawah ketinggian tangan dengan ujung kepala tongkat mengarah ke atas.

Baca juga: Review Smartwatch Golf Garmin Approach S70: Spesifikasi dan Harga

Penutup

jam garmin golf smartwatch golf jam tangan golf garmin approach

Nah, itu cara bermain golf yang wajib Anda ketahui. Karena ada banyak macam teknik, maka belajar bermain golf lebih baik dilakukan secara langsung. Sehingga akan lebih baik untuk mengikuti kelas golf agar bisa mengikuti cara bermain golf dengan mudah seperti yang telah disebutkan di atas.

Kini, Anda bisa lebih nyaman bermain golf dengan menggunakan smartwatch khusus golf dari series Garmin Approach yang  memiliki sejumlah keunggulan dan fitur lengkap untuk olahraga golf. Anda bisa mendapatkan jam tangan tersebut di Doran Gadget. Sebagai authorized partner Garmin SurabayaGarmin JakartaGarmin SemarangGarmin BaliGarmin ManadoGarmin Banjarmasin, dan Garmin Bandung, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Kunjungi store kami di kota-kota tersebut atau membeli secara online melalui website maupun aplikasi Doran Gadget. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk, konsultasi, dan kesediaan produk, Anda dapat menghubungi admin kami via WhatsApp. 

Artikel terkait:

>