Doran GadgetPanjat tebing masuk dalam salah satu olahraga ekstrem. Oleh karena itu, selain kondisi fisik yang prima, diperlukan juga alat panjat tebing yang memadai. Ini penting agar lebih aman dan meminimalisir risiko cedera karena terjatuh. Apa saja di antaranya? Ini dia yang perlu Anda ketahui.

Daftar Peralatan Panjat Tebing

Berikut beberapa perlengkapan panjat tebing yang wajib ada saat Anda melakukan aktivitas ini. Tujuannya selain lebih nyaman untuk meningkatkan keamanan ketika memanjat di tebing yang terjal dan ekstrem sekalipun.

1. Tali Karmantel

Alat Panjat Tebing (7)
sc: Bishop Lifting

Pertama adalah siapkan tali karmantel. Ini adalah perangkat utama untuk pengaman saat pemanjat terjatuh tidak sampai terjun bebas (freefall) ke tanah. Keunggulan tali ini yakni cukup kuat untuk menopang beban. Untuk jenisnya sendiri terbagi menjadi tiga di antaranya:

  • Tali statis: kelenturannya mencapai 15-20% dan digunakan untuk menuruni ketinggian (rappeling).
  • Tali dinamis: tingkat kelenturan tali ini mencapai 30% dan daya kejutnya cukup tinggi. Tak heran jika banyak dipilih untuk panjat tebing.
  • Tali semi statis: jenis ini memiliki kelenturan antara rentang tali dinamis dan statis. Sehingga, cocok untuk climbing maupun rappeling. Termasuk untuk aktivitas penyelamatan atau rescue.

Penggunaan tali karmantel ini dapat dipakai bersamaan peralatan panjat tebing lainnya.

Baca juga: 7 Manfaat Olahraga Panjat Tebing untuk Kesehatan Fisik dan Mental

2. Harness

Alat Panjat Tebing (9)
sc: Amazon

Alat panjat tebing kedua yakni harness. Alat ini merupakan penopang tubuh dan bisanya dipakai di pingang. Fungsinya adalah sebagai alat pengaman dan dihubungkan ke tali karmantel. Saat memilihnya, pastikan Anda menyesuaikan dengan jenis pendakian yang akan dilakukan. Begitu juga dengan kekuatannya agar lebih nyaman dalam berbagai gerakan.

Harness secara umum terbagi menjadi tiga jenis. Pengkategorian ini didasarkan pada bentuk dan kegunaannya. Ada yang digunakan di seluruh badan atau full body, digunakan pada dada atau chess harness, dan yang bisa diduduki ata seat harness.

3. Alat Panjat Tebing Carabiner

Alat Panjat Tebing (6)
sc: Black Ship Adventure

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan alat satu ini. Carabiner digunakan mengatitkan barang-barang agar tidak terlepas. Dalam olahraga panjat tebing, carabiner biasa digunakan untuk mengaitkan dan menghubungkan tali ke bagian lainnya. Mulai dari mur, baut, dan perangkat camping lainnya.

Material carabiner terbuat dari baja berkualitas premium. Dimana sebelum digunakan harus melalui proses uji kekuatan yang ketat. Crabiner juga terdapat gate yang dapat mengunci tali agar tidak terlepas. Anda dapat memilih jenisnya antara lain wire carabiner, straight gate carabiner, dan locking carabiner.

Baca juga:  Kisah Tommy Caldwell, BA Coros yang Jadi King of El Cap

4. Descender

Alat Panjat Tebing (8)
sc: Amazon

Descender merupakan alat untuk membantu proses menuruni tebing melalui lintasan tali. Adapun fungsi dari descender ini adalah untuk menahan laju pemanjat ketika turun dengan berpegangan pada tali. Dengan begitu, mencegah pemanjat tidak terjun bebas (free fall) karena tertahan alat ini.

Bentuk descender ini seperti angka delapan. Yakni terdapat seperti angka delapan karena dua lubang di sisi-sisinya. Hal itulah yang yang membuatnya disebut juga dengan descender figure of eight. Satu lubangnya berukuran besar dan yang satu berukuran kecil. Ini berfungsi memperbesar gesekan dan untuk pengereman.

5. Ascender

Alat Panjat Tebing (4)
sc: Climbing Technology

Ascender adalah kebalikan dari descender. Peralatan panjat tebing ini dapat digunakan untuk memanjat atau menaiki lintasan tali. Keunggulan lainnya adalah, kemampuannya mengunci beban berat. Terutama saat ditarik ke bawah, kemudian saat didorong ke atas, maka akan melonggar.

Ukuran ascender sendiri beragam, ini tergantung pada beban dan kebutuhan saat melakukan panjat tebing. Sebab, beberapa ascender dirancang khusus untuk menjaga keselamatan pendaki di saat ekstrem. Mulai dari tali berlumpur, basah, dan lainnya. Sehingga, kuncian ini tidak membuat tali terlepas.

Baca juga: 7 Perlengkapan Naik Gunung yang Harus Anda Perhatikan

6. Hammer

Alat Panjat Tebing (5)
sc: Climbing Technology

Hammer atau palu dalam panjat tebing tidak hanya digunakan pada lokasi dengan bebatuan yang ekstrem saja. Lebih dari itu, ini digunakan pada saat melepas maupun menanam piton yang ada di bagian celah tebing. Sehingga Anda dapat memanjat dengan aman.

Pada bagian ujung hammer atau palu ini dirancang khusus. Yakni terdapat lubang kecil untuk mengencangkan mur. Pegangan pada hammer juga dibuat khusus agar lebih nyaman saat digunakan dan lebih kokoh.

7. Webbing

Alat Panjat Tebing (1)
sc: Amazon

Perlengkapan panjat tebing selanjutnya yakni webbing. Bentuknya menyerupai tas ransel yang pipih. Walaupun berbentuk pipih, tali ini sudah teruji kualitasnya. Hal tersebut membuatnya tetap kuat untuk menopang beban berat dan berbeda dengan webbing yang digunakan pada tas ransel.

Material webbing terbuat dari bahan nylon. Hal itu membuatnya tidak kaku dan lentur saat digunakan. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan ukuran yang berbeda-beda. Fungi dari webbing sendiri adalah untuk sling maupun digunakan dalam sistem anchor.

Baca juga: 10 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa dengan View Menakjubkan

8. Alat Panjat Tebing Chalk Bag

Alat Panjat Tebing (3)
sc: Mountain Equipment

Seperti namanya, peralatan satu ini adalah tas kecil yang digunakan menyimpan bubuk kapur. Bubuk kapur diperlukan dalam panjat tebing yang berfungsi untuk mengurangi kelembapan tangan atau basah. Dengan begitu, tangan lebih kering dan cengkeraman pada tali menjadi stabil.

Desain tas ini pun dirancang lebih nyaman dengan bukaan yang lebar. Di samping itu, juga terdapat gesper atau pelepas samping maupun lingkaran. Sehingga, lebih mudah dipasangkan pada baju. Untuk kapurnya sendiri terbuat dari bahan magnesium dengan kualitas terbaik.

9. Piton

Alat Panjat Tebing (2)
sc: The American Alpine Club

Piton adalah perangkat penting dalam kegiatan panjat tebing yang berfungsi sebagai alat penancap saat mendaki tebing. Piton dapat dimasukkan ke dalam celah-celah tebing atau ditanamkan ke permukaan tebing dengan bantuan palu.

Terdapat dua jenis piton yang umum digunakan. Yang pertama adalah tipe pisau pipih, yang dirancang khusus untuk celah yang sempit, sedangkan yang kedua adalah tipe sudut, biasanya digunakan untuk celah yang lebih lebar.

Baca juga: Mengenal Fitur Multi-Pitch di Smartwatch untuk Panjat Tebing

10. Sepatu Khusus

Alat Panjat Tebing
sc: Outdoor Hire

Dalam olahraga panjat tebing, diperlukan penggunaan sepatu khusus yang telah dirancang untuk memberikan stabilitas pada pijakan sekaligus melindungi kaki dari potensi cedera.

Terdapat dua variasi sepatu panjat tebing yang tersedia, yaitu sepatu yang memiliki karakteristik kaku dan yang memiliki fleksibilitas tinggi. Pemilihan jenis sepatu ini bisa disesuaikan dengan tingkat kesulitan medan panjat yang akan dihadapi.

Perlengkapan Panjat Tebing Tambahan

sc: Coros

Selain perlengkapan di atas Anda dapat menggunakan alat panjat tebing pendukung lainnya. Salah satunya adalah smartwatch yang dilengkapi fitur untuk olahraga panjat tebing unggulan seperti COROS Vertix 2. Salah satunya adalah fitur Multi-Pitch, fungsi dari fitur ini adalah untuk melacak dan menganalisis teknik pendakian atau memanjat.

Jadi, Anda bisa mengetahui secara langsung atau realtime data-data saat memanjat. Mulai dari ketinggian, kemiringan lereng, detak jantung, hingga tingkat kesulitan. Data-data tersebut akan tersimpan secara otomatis di aplikasi Coros.

Dapatkan smartwatch COROS Vertix 2 di Doran Gadget. Sebagai authorized partner COROS Indonesia, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, juga ada berbagai promo menarik untuk setiap pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Follow Instagram kami untuk melihat berbagai promo menarik yang berlaku di waktu tertentu.

Artikel terkait:

>