Gunung Tertinggi di Pulau Jawa - FI

Doran GadgetGunung tertinggi di Pulau Jawa jadi daftar yang wajib dikunjungi oleh para pendaki. Hal itu karena sebagian besar gunung tersebut memiliki pemandangan alam keren. Mulai dari hamparan hijau tanaman hingga jalur pendakian yang menantang. Mau tahu mana saja gunung tertinggi yang layak dikunjungi? Simak ulasannya yang dirangkum tim Doran Gadget.

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Berikut beberapa gunung di Pulau Jawa yang terkenal akan panorama menakjubkan dan ketinggiannya yang megah jika dilihat dari kejauhan.

1. Gunung Semeru

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa - Semeru
sc: Karryon

Berbicara tentang gunung tertinggi di Pulau Jawa, tentu benak kita tertuju pada Gunung Semeru. Gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Yakni meliputi Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang. Puncak tertingginya adalah Mahameru yang berada di ketinggian 3.676 mdpl.

Jika Anda mendaki melalui jalur di lereng utara, maka akan melewati sejumlah pos dengan pemandangan alam menakjubkan. Misalnya saja Ranu Kumbolo dan Ranu Pani, keduanya adalah danau yang ada di lereng gunung dan cukup luas. Biasanya, lokasi sekitar danau jadi tempat peristirahatan pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak.

Baca juga: 7 Perlengkapan Naik Gunung yang Harus Anda Perhatikan

2. Gunung Sumbing

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa - Sumbing
sc: The Jakarta Post

Selanjutnya adalah Gunung Sumbing. Sama halnya seperti Gunung Semeru, gunung ini meliputi tiga kabupaten di Jawa Tengah. Yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Temanggung. Ketinggiannya mencapai 3.372 mdpl dan masuk ke dalam jajaran gunung api mati. Tercatat, letusan gunung terakhirnya pada tahun 1730.

Untuk mendaki Gunung Sumbing, Anda bisa memilih beberapa jalur yang populer. Seperti Jalur Garung, Jalur Capiut, dan Jalur Parakan. Termasuk alternatif lainnya yakni Jalur Sipetung, Jalur Bowongso, dan Jalur kaliangkrik.

3. Gunung Arjuno

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa - Arjuno
sc: Get Lost ID

Gunung Arjuno memiliki puncak dengan ketinggian 3.339 mdpl. Kawasan puncak gunung ini dikenal dengan Puncak Ogal Agil. Secara administratif, lokasinya ada di tiga daerah di Jawa Timur. Yakni Kabupaten Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Pasuruan. Selain itu, berdekatan dengan Gunung Welirang, Gunung Kembar I dan II.

Adapun jalur pendakian yang sering digunakan ada empat jalur. Mulai dari jalur Tretes, Tambaksari, Sumber Brantas, dan Lawang. Kerennya lagi, Gunung Arjuno memiliki kawasan hutan lindung Taman Hutan Raya Raden Soerjo yang asri.

Baca juga: Suka Naik Gunung? Ini Dia 5 Hal yang Tidak Boleh Dilupakan

4. Gunung Tertinggi di Pulau Jawa – Slamet

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa - Slamet
sc: Wikipedia

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, Gunung Slamet berasal dari Bahasa Jawa yang berarti selamat. Sebab, walaupun masuk dalam kategori gunung berapi tidak pernah meletus. Jika sampai meletus, konon Pulau Jawa terbelah dua bagian. Selain itu, gunung ini memiliki suhu rata-rata terdingin di Pulau Jawa.

Secara administratif, gunung dengan ketinggian 3.342 mdpl ini masuk dalam lima kabupaten Jawa Tengah. Yakni Tegal, Purbalingga, Banyumas, Brebes, dan Pemalang. Adapun jalur pendakiannya bisa melalui Bambangan yang ada di Purbalingga. Jalur lainnya adalah jaur Dhipajaya, dan Baturraden.

5. Gunung Lawu

Gunung tertinggi di pulau jawa - Lawu 2
sc: AyoBandung

Lokasi Gunung Lawu berada di perbatasan antara Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tepatnya di antara Ngawi dan Magetan, Jawa Timur dan karanganyar, Jawa Tengah. Ketinggiannya sendiri mencapai 3.265 mdpl. Ada tiga puncak yang menarik pendaki di sini. Ketiganya adalah Hargo Dumiling, Hargo Dalem, dan Hargo Dumilah sebagai puncak tertinggi.

Di sekitar Gunung Lawu juga terdapat berbagai objek wisata populer. Salah satunya adalah air terjun Grojogan Sewu. Selain itu, objek wisata lainnya adalah Telaga Sarangan, Cemoro Sewu, Candi Cetho, dan Komplek Pemakan Pendiri Keraton Mangkunegaran.

Baca juga: 5 Fitur Penting Pada Device untuk Naik Gunung

6. Gunung Welirang

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa - Welirang
sc: Tahura Raden Soerjo

Gunung Welirang masuk kategori gunung api aktif dengan ketinggian 3.156 mdpl. Lokasinya ada di daerah perbatasan antara Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika dilihat dari lokasinya, gunung ini masih berdekatan dengan Gunung Arjuno. Oleh karena itu, kawasan ini juga masuk di Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Karena lokasi yang berdekatan itulah, Gunung Welirang disebut-sebut sebagai kembaran dari Gunung Arjuno. Istilah Welirang berasal dari Bahasa Jawa yang berarti belerang. Hal itu karena puncak gunung ini sering diselimuti oleh asap putih. Dimana asap putih tersebut mengeluarkan belerang.

7. Gunung Raung

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa - Raung
sc: TravelingYuk

Gunung tertinggi di Pulau Jawa lainnya adalah Gunung Raung yang ada di daerah timur Jawa Timur. Dengan tipe kerucut, gunung ini memiliki ketinggian 3.332 mdpl. Jika secara administratif, Gunung Raung masuk di kawasan Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Banyuwangi.

Salah satu daya tarik utamanya adalah jalur pendakian yang cukup menantang. Untuk puncaknya sendiri ada empat titik dengan ketinggian berbeda-beda. Yakni Puncak Bendera, Puncak Tusuk Gigi, dan yang tertinggi adalah Puncak Sejati.

Baca juga: 7 Wisata Outdoor Terbaik Indonesia Ini Sudah Mendunia Lho!

8. Gunung Merbabu

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa - Merbabu
sc: Phinemo

Gunung Merbabu terletak di empat kabupaten di Jawa Tengah. Mulai dari Kabupaten Boyolali, Kabupaten Salatiga, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Semarang. Bahkan sejak tahun 2004, kawasan Gunung Merbabu juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

Ketinggian gunung ini mencapai 3.145 mdpl. Ada sejumlah jalur pendakian yang bisa Anda pilih melalui beberapa kabupaten di atas. Suasana pendakian semakin syahdu saat cuaca hujan. Namun, Anda perlu berhati-hati karena jalur pendakian bisa saja cukup licin.

9. Gunung Tertinggi di Pulau Jawa– Ciremai

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa - Ciremai
sc: Wikipedia

Tak hanya Jawa Timur dan Jawa Barat saja, daftar gunung tertinggi lainnya juga ada di Jawa Barat. Yakni di perbatasan antara Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan. Puncak tertingginya berada di 3.078 mdpl dan masuk dalam kategori gunung api aktif. Namun, saat ini kondisinya masih dalam status istirahat.

Berdasarkan catatan sejarah, letusan Gunung Ciremai pertama kali terjadi di tahun 1698. Sedangkan untuk letusan berskala besarnya terakhir kali terjadi di tahun 1938. Beberapa jalur pendakian yang bisa dilewati antara lain Apuy, Palutungan, Linggarjati, Linggasana, dan Sadarehe.

Baca juga: Spesifikasi Coros Vertix 2: Smartwatch Canggih untuk Teman Mendaki

10. Gunung Sindoro

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa - Sindoro
sc: Pinterest

Terakhir ada Gunung Sindoro yang berlokasi di daerah Temanggung dengan ketinggian 3.150 mdpl,  Jawa Tengah. Jika dilihat dari segi geografis, lokasi gunung ini berada tidak terlalu jauh dengan Gunung Sumbing. Dengan panorama yang indah, tak heran jika Gunung Sindoro kerap dijadikan lokasi favorit pendaki dan wisata.

Hal itu karena memiliki hamparan ladang yang luas. Bahkan, para wisatawan pun bisa mencoba mencoba sensasi menanam sayur dan teh secara langsung. Termasuk mencoba teh hangat dan ditemani dengan deretan pinus yang asri. Tentu, ini menambah pengalaman  tersendiri bukan?

Penutup

COROS VERTIX 2 GPS Adventure Watch
sc: Coros

Nah, itu dia Sobat Doran beberapa gunung tertinggi di Pulau Jawa yang memiliki pemandangan menakjubkan. Bagi Anda para pendaki sejati, sebaiknya kunjungi gunung-gunung tersebut setidaknya sekali seumur hidup untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan.

Agar pendakian semakin aman dan nyaman, siapkan perlengkapannya sebaik mungkin. Contohnya adalah smartwatch yang bisa memantau kondisi kesehatan selama pendakian. Termasuk mengetahui tingkat kemiringan dan kondisi sekitar. Salah satunya dengan Coros Vertix 2 yang memiliki fitur lengkap dan harga bersahabat.

Anda bisa mendapatkannya di Doran Gadget dengan jaminan garansi resmi dan produk original. Selain membeli di store, Anda juga dapat membelinya melalui website dan aplikasi Doran Gadget. Kumpulkan poin sebanyak mungkin di setiap pembelian untuk ditukar dengan aksesoris gadget favorit. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di nomor 087834601568.

Artikel terkait:

>