olahraga golf - FI

Doran GadgetOlahrga golf tentu tidak asing bagi masyarakat di Indonesia. Namun, sebagian besar masyarakat menyebut jika ini adalah olahraga orang kaya. Hal itu karena  sering dimainkan oleh para pejabat, pengusaha, dan orang-orang terpandang lainnya. Sebenarnya, golf bisa dimainkan oleh siapa saja. Tertarik untuk mencobanya? Simak dulu ulasan mengenai sejarahnya, istilah yang perlu diketahui, hingga jenis-jenis pukulannya dalam  artikel kali ini.

Sekilas Sejarah Olahraga Golf

olahraga golf
sc: History

Berbicara mengenai sejarah golf, memang cukup panjang dan beberapa versi yang berbeda-beda. Ada versi yang menyebutkan, olahraga ini pertama kali dimainkan di era 1100-an. Awalnya, para penggembala dari Skotlandia sering memukul batu berukuran kecil menggunakan tongkat ke lubang kelinci.

Di sisi lain, jauh sebelum itu ada versi lain menyebutkan 500 tahun sebelum dikenal di Skotlandia, arsip Cina menyebutkan jika golf mulai dimainkan para pejabat dalam Dinasti Tang Selatan. Dimana para pejabat tersebut menggali lubang kecil lalu memasukkan bola. Barulah setelah itu dikenalkan ke Eropa.

Sementara itu, ada juga versi yang menyebutkan jika masyarakat Belanda sudah memainkannya tahun 1297 di Loenen Aan De Vacht. Dimana olahraga ini mirip dengan golf versi yang sekarang masih dimainkan. Sedangkan istilah golf sendiri awalnya dari kata gouf dan menyesuaikan pengucapan menjadi goulf hingga golf yang artinya memukul.

Baca juga: 7 Rekomendasi Smartwatch GPS Golf Terbaik 2023

Kapan Golf Masuk Indonesia?

olahraga golf (2)
sc: Deemples

Lantas, kapan golf masuk ke Indonesia? Ini bisa diruntut sejak era kolonial Belanda. Tepatnya pada tahun 1872 dengan didirikannya Batavia Golf Club oleh Mr. A. Gray dan T.C Wilson. Awalnya klub ini beranggotakan 16 orang dari Inggris dan lapangannya ada di daerah Gambir, Jakarta dan dulu masih bernama Koningsplein.

Namun, klub ini sempat vakum selama kurang lebih 20 tahun hingga 1894. Dari situ kemudian jumlah anggotanya semakin banyak. Inilah yang membuat tempat latihan berpindah di ke Bukit Duri, Jakarta di tahun 1911. Lalu, sejak tahun 1937 pindah ke Rawamangun.

Pada tahun 1942, Jepang mulai masuk ke Indonesia. Inilah yang membuat istilah berbahasa Belanda diganti menggunakan bahasa lokal. Maka, di tahun tersebut Batavia Golf Club berubah menjadi Djakarta Golf Klub. Masuk ke era pasca kemerdekaan, orang Indonesia mulai masuk dalam kepengurusan. Misalnya tahun 1959 Mr. Senu Abdul Rahman terpilih jadi presiden klub dan dilanjutkan oleh E. Martadinata di tahun 1960.

Baca juga: 7 Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori

Istilah Golf Dasar yang Perlu Anda Ketahui

Spesifikasi Garmin Approach S70 (2)
sc: Garmin

Jika Anda masih pemula dalam memulai olahraga golf, sangat penting untuk mengetahui berbagai istilah dasar yang sering digunakan. Dimana istilah ini merujuk pada aturan permainan, apa saja yang ada di lapangan, dan lainnya. Berikut di antaranya:

  1. Tee: Alat yang digunakan untuk mengangkat bola di atas permukaan tanah sebelum pukulan pertama pada lubang (hole) yang disebut “tee box.”
  2. Fairway: Bagian lapangan yang diratakan dan dirawat dengan baik, tempat pemain berusaha meletakkan bola dengan tepat setelah pukulan tee.
  3. Rough: Area di luar fairway yang biasanya memiliki rumput lebih panjang dan lebih sulit untuk bermain.
  4. Bunker: Lubang berbentuk cekungan yang diisi pasir, sering kali ada di sekitar green.
  5. Green: Area di sekitar lubang yang memiliki rumput pendek dan dirawat dengan sangat baik, tempat pemain berusaha untuk mengakhiri hole dengan memasukkan bola ke dalam lubang.
  6. Hole: Sasaran akhir dalam golf, terdiri dari lubang (hole) yang biasanya berjarak 4.25 inci dan dikelilingi oleh green.
  7. Par: Jumlah pukulan yang dianggap sebagai standar untuk menyelesaikan hole. Par umumnya berkisar dari 3 hingga 5 pukulan per hole.
  8. Birdie: Menyelesaikan hole dengan satu pukulan di bawah par.
  9. Eagle: Menyelesaikan hole dengan dua pukulan di bawah par.
  10. Bogey: Menyelesaikan hole dengan satu pukulan di atas par.
  11. Double Bogey: Menyelesaikan hole dengan dua pukulan di atas par.
  12. Handicap: Skor relatif yang mencerminkan kemampuan seorang pemain dan digunakan dalam sistem penyesuaian poin untuk kompetisi.
  13. Driver: Tongkat yang biasanya digunakan untuk pukulan tee pada hole yang panjang.
  14. Putter: Tongkat khusus yang digunakan di green untuk mengarahkan bola ke dalam lubang.
  15. Slice: Pukulan di mana bola cenderung berbelok ke arah kanan (untuk pemain tangan kanan) atau ke kiri (untuk pemain tangan kiri).
  16. Hook: Pukulan di mana bola cenderung berbelok ke arah kiri (untuk pemain tangan kanan) atau ke kanan (untuk pemain tangan kiri).
  17. Mulligan: Kesempatan kedua atau pukulan tambahan yang diberikan oleh pemain dalam situasi non-kompetitif.
  18. Caddie: Orang yang membantu pemain dengan membawa tongkat dan memberikan saran strategis selama permainan.
  19. Stroke Play: Format permainan di mana skor total selama seluruh putaran digunakan untuk menentukan pemenang.
  20. Match Play: Format permainan di mana dua pemain atau tim bersaing untuk memenangkan setiap hole.
  21. Tee Time: Waktu yang ditentukan ketika seorang pemain atau kelompok pemain diizinkan untuk memulai putaran mereka.
  22. Divot: Potongan rumput yang terangkat dari fairway oleh pukulan.
  23. Green Fee: Biaya yang harus dibayar untuk bermain di lapangan golf.
  24. Bunker Rake: Alat yang digunakan untuk meratakan pasir di bunker setelah pemain menggunakannya.

Sebenarnya masih ada istilah lain yang digunakan, namun istilah-istilah di ataslah yang cukup banyak disebutkan. Baik itu pada saat latihan maupun turnamen di berbagai tingkatan.

Baca juga: 5 Olahraga Indoor untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Jenis Pukulan dalam Olahraga Golf

olahraga golf (1)
sc: Southampton Golf Club

Selain mengetahui berbagai istilah dalam olahraga golf, penting juga mengetahui jenis-jenis pukulannya. Ada banyak jenis pukulan pada olahraga ini. Dimana hal tersebut ditentukan berdasarkan tongkat yang digunakan, jarak jangkauan, dan lainnya. Di antaranya yakni:

  1. Pukulan Tee (Tee Shot): Ini adalah pukulan pertama pada setiap hole, di mana pemain berusaha untuk memasukkan bola ke dalam fairway atau sejauh mungkin dari tee box.
  2. Fairway Wood Shot: Menggunakan tongkat fairway wood (seperti 3-wood atau 5-wood) untuk pukulan yang panjang dari fairway.
  3. Iron Shot: Menggunakan tongkat iron (biasanya dengan nomor 3 hingga 9) untuk mengontrol jarak dan akurasi. Iron shot sering digunakan untuk pukulan di fairway atau saat berada di rough.
  4. Chip Shot: Pukulan pendek dari sekitar green yang biasanya digunakan untuk mengontrol tingkat tanah dan membawa bola lebih dekat ke lubang.
  5. Pitch Shot: Pukulan pendek dengan tinggi yang digunakan untuk melewati rintangan dan membawa bola lebih dekat ke lubang.
  6. Bunker Shot: Pukulan yang digunakan saat bola berada dalam bunker (cekungan pasir). Ini melibatkan teknik khusus untuk mengangkat bola dari pasir dan membawanya ke green.
  7. Putt: Menggunakan tongkat putter di green untuk mengarahkan bola ke dalam lubang. Putt adalah pukulan yang digunakan untuk menyelesaikan hole.
  8. Draw Shot: Pukulan di mana bola berbelok ke arah kiri (untuk pemain tangan kanan) atau ke arah kanan (untuk pemain tangan kiri) dengan sengaja.
  9. Fade Shot: Pukulan di mana bola berbelok ke arah kanan (untuk pemain tangan kanan) atau ke arah kiri (untuk pemain tangan kiri) dengan sengaja.
  10. Punch Shot: Pukulan rendah yang digunakan untuk mengatasi angin kencang atau rintangan yang menghalangi jalur bola.
  11. Bump and Run Shot: Pukulan rendah yang digunakan untuk melewati rintangan dan membawa bola lebih dekat ke lubang dengan menggulingkannya ke arah lubang.
  12. Lob Shot: Pukulan tinggi yang digunakan untuk melewati rintangan dan mendarat dengan lembut di green.
  13. Stinger Shot: Pukulan rendah dan panjang yang sering digunakan dalam situasi angin kencang atau saat diperlukan akurasi ekstra.

Baca juga: Review Smartwatch Golf Garmin Approach S70: Spesifikasi dan Harga

Penutup

Spesifikasi Garmin Approach S70 (3)
sc: Garmin

Nah, itu dia Sobat Doran beberapa istilah yang sering digunakan dalam olahraga golf dan jenis-jenis pukulannya. Kini, Anda bisa lebih nyaman bermain golf dengan menggunakan smartwatch khusus golf dari Garmin. Salah satunya adalah Garmin Approach yang  memiliki sejumlah keunggulan tak hanya pemantau kesehatan saja, tetapi fitur lengkap untuk golf. Mulai dari lapangan, kekuatan pukulan, dan lain sebagainya.

Anda bisa mendapatkan jam tangan tersebut di Doran Gadget. Sebagai authorized partner Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, Garmin Bali, Garmin Manado, Garmin Banjarmasin, dan Garmin Bandung, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Kunjungi store kami di kota-kota tersebut atau membeli secara online melalui website maupun aplikasi Doran Gadget. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk, konsultasi, dan kesediaan produk, Anda dapat menghubungi admin kami via WhatsApp di sini. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>