Doran Gadget – Meta Verified adalah layanan baru dari Meta yang memungkinkan siapa saja untuk mendapatkan tanda centang biru di Instagram dan Facebook. Awalnya, tanda centang biru digunakan untuk menandai akun resmi milik tokoh publik atau organisasi. Namun layanan ini sekarang sudah tersedia untuk semua orang dengan biaya berlangganan. Lalu, apa saja syaratnya, apa saja keuntungannya, dan berapa biayanya?

Apa Itu Meta Verified?

Apa Itu Meta Verified
Sc: Meta

Meta Verified adalah layanan berlangganan dari Meta yang memungkinkan pengguna Instagram dan Facebook mendapatkan tanda centang biru dengan membayar biaya berlangganan setiap bulannya. Meta Verified menawarkan beberapa manfaat, termasuk: Verifikasi akun (termasuk lencana centang biru), Perlindungan pemalsuan akun, Stiker eksklusif, Jangkauan yang diperluas dan Akses ke human support agents

Benefit ini hanya diberikan Meta kepada pengguna Meta Verified saja. Tokoh publik atau organisasi yang telah memiliki centang biru original (gratis) tidak mendapatkan manfaat tambahan tersebut. Oleh karena itu, jika mereka ingin memperoleh manfaat yang sama, mereka bisa turut berlangganan Meta Verified ini.

Baca juga: Ini Perbedaan Threads vs Twitter, Mana Pilihan Anda?

Keuntungan Langganan Meta Verified

Keuntungan Langganan Meta Verified
Sc: Freepik

Perlu Anda tau, Meta Verified bukan sebatas penambahan centang biru saja. Namun ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh, seperti:

1. Verified Badge

Lencana ini diberikan kepada akun yang telah melalui proses verifikasi. Proses verifikasi ini dilakukan oleh Meta untuk memastikan bahwa akun tersebut memang dimiliki oleh orang yang bersangkutan. Lencana ini sama persis dengan lencana verifikasi yang diberikan kepada akun terkenal (akun centang biru) yang sudah ada sebelumnya.

2. Perlindungan dari Pemalsuan

Meta Verified menawarkan perlindungan dari pemalsuan akun dengan memantau akun Anda secara proaktif. Meta akan menggunakan teknologi AI dan tim ahli untuk mendeteksi dan menghapus akun yang meniru Anda. Dengan menawarkan perlindungan ini, Meta Verified membantu kreator untuk menjaga akun mereka aman dan terlindungi.

3. Akses ke Human Support Agents

Meta Verified menawarkan akses ke agen dukungan manusia nyata yang menawarkan dukungan obrolan langsung. Agen-agen ini akan menangani masalah paling umum yang dihadapi pengguna, seperti masalah dengan akun, postingan, dan pengaturan. Ini bisa menjadi game-changer bagi para kreator yang sering mengalami masalah dengan akun mereka, karena mereka tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan bantuan dari Meta.

4. Stiker dan Bintang

Meta Verified menawarkan stiker dan bintang eksklusif kepada para kreator. Stiker dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi dengan audiens Anda, dan bintang dapat digunakan untuk menunjukkan apresiasi kepada kreator favorit Anda. Facebook membayar kreator $0,01 USD untuk setiap bintang yang mereka terima.

5. Jangkauan yang Meningkat

Pengguna Meta Verified akan mendapatkan peningkatan “visibility and prominence” di komentar, pencarian, rekomendasi, dan akun yang disarankan di Facebook dan Instagram. Hal ini akan memberikan dampak yang signifikan terutama bagi mereka dengan pengikut yang lebih sedikit. Namun, konten Anda tetap perlu mematuhi pedoman rekomendasi dan memahami algoritma Facebook dan Instagram untuk memaksimalkan jangkauan Anda.

Baca juga: Mengenal Fitur Baru Instagram yang Diluncurkan Tahun Ini

Siapa yang Bisa Berlangganan Meta Verified?

Siapa yang bisa berlangganan Meta Verified
Sc: Meta

Secara umum, setiap orang yang memiliki akun Instagram atau Facebook dapat berlangganan Meta Verified. Namun ada tambahan persyaratan yang harus terpenuhi, diantaranya:

  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Memiliki profil publik atau pribadi dengan nama lengkap yang sesuai dengan standar penamaan 
  • Foto profil menampilkan wajah Anda jelas dan terlihat.
  • Mengaktifkan autentikasi dua faktor, yang dapat diselesaikan setelah melakukan pembayaran.
  • Memenuhi persyaratan aktivitas minimum, seperti memiliki riwayat posting sebelumnya.
  • Memiliki tanda pengenal resmi (ID yang dikeluarkan oleh pemerintah) yang sesuai dengan nama dan foto yang tertera di profil.
  • Anda tidak boleh melanggar aturan dan ketentuan Instagram atau Facebook.

Perlu diketahui, untuk saat ini hanya profil perorangan yang memenuhi syarat yang dapat berlangganan Meta Verified ini. Sedangkan untuk profil bisnis/korporasi masih belum tersedia.

Harga Meta Verified

Salah satu cara mendapatkan centang biru di Instagram atau Facebook adalah dengan berlangganan Meta Verified. Biaya berlangganan Centang Biru Meta di Indonesia lebih murah daripada harga langganan global. Untuk pengguna versi web, biaya berlangganan Meta Verified adalah Rp 100.000 per bulan. Sedangkan versi aplikasi di iOS dan Android, biaya berlangganan Meta Verified adalah Rp 130.000 per bulan.

Sementara itu, biaya berlangganan Meta Verified secara global adalah $11,99 (berkisar Rp 180.000) per bulan untuk pengguna versi web dan $14,99 (Kisaran  Rp 225.000) per bulan untuk pengguna versi aplikasi di iOS dan Android.

Berikut adalah tabel perbandingan biaya berlangganan Meta Verified di Indonesia dan global:

Versi Indonesia  Global
Web Rp 100.000 per bulan $11,99 per bulan
Aplikasi iOS dan Android Rp 130.000 per bulan  $14,99 per bulan

Baca juga: 25+ Rekomendasi HP Kamera Terbaik 2023 untuk Anda yang Instagramable

Penutup 

Itulah informasi lengkap seputar Meta Verified, mulai dari pengertian, keuntungan, harga serta siapa saja yang bisa berlangganan. Setelah mengenalnya lebih jauh, tertarik untuk mencobanya? Nikmati bermain Instagram maupun Facebook lebih lama tanpa takut baterai cepat habis menggunakan powerbank dari JETE. Semua produk JETE mendapatkan garansi rusak ganti baru sepuasnya selama 2 tahun. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami via WhatsApp.

Artikel terkait:

>