Doran Gadget – Tidak hanya smartphone atau laptop dan PC saja yang menggunakan RAM. Ada banyak perangkat elektronik yang menggunakan RAM untuk mempercepat kinerja perangkat. Berbeda jenis perangkat elektroniknya, berbeda pula jenis RAM yang digunakan. Apa saja perbedaannya? Mari simak selengkapnya di artikel kali ini! 

Apa Itu RAM?

Random Acces Memory atau biasa disebut RAM adalah mememori utama dalam sebuah komputer yang memiliki prinsip kerja dimana fungsinya mirip dengan storage (ROM). Namun kinerja RAM bisa dibilang lebih cepat dibandingkan ROM sehingga sangat cocok untuk menjalankan, memproses, dan meluncurkan suatu aplikasi dengan cepat. Karena itulah dalam satu smartphone pasti memiliki RAM dan ROM. 

Berbagai file sistem, aplikasi, hingga file sistem operasi (OS) akan tersimpan di memori internal perangkat. Ketika dibutuhkan maka file-file tersebut akan dimuat ke dalam RAM agar bisa dijalankan dnegan lancar. Ketika suatu aplikasi sudah tidak dipakai lagi, maka RAM akan otomatis menghapusnya sehingga sisa RAM tadi bisa digunakan kembali untuk aplikasi lain. Seluruh informasi dan data yang tersimpan pada RAM biasanya akan hilang dan terhapus otomatis ketika smartphone direstart. 

Baca juga: Perbedaan RAM dan ROM hingga Memori Penyimpanan Data yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-Jenis RAM 

Cara kerja RAM pada smartphone juga diterapkan di berbagai perangkat elektronik seperti komputer, laptop, dan lainnya. Banyaknya jenis perangkat elektronik juga membuat jenis RAM yang digunakan berbeda-beda. Tergantung fungsinya, berikut ini beberapa jenis RAM yang bisa digunakan di perangkat.

1. RAM Dinamis / DRAM 

Beredar sejak tahun 1970-an hingga sekarang, DRAM sering digunakan pada perangkat konsol video dan perangkat keras jaringan. Rambus Dynamic Random Access Memory ini memiliki proses kerja yang lebih cepat dibandingkan SD RAM dan memiliki kecepatan hingga 133MHz. Kini ada versi terbaru dari RAM dinamis yaitu Direct Rambus Dynamic Random Access Memory (DRD RAM) yang diklaim memilliki kecepatan lebih tinggi sekitar 1,6 GHz dibanding RD RAM. 

DRAM memerlukan penyegaran atau refresh daya secara berkala agar berfungsi secara maksimal. Hal ini dikarenakan kapasitor yang menyimpan data dalam DRAM secara bertahap mengeluarkan energi, jika tidak ada energi maka data akan hilang. 

Karena itulah DRAM disebut dengan dinamis. Karena perbuahan atau tindakan yang konstan seperti refresh daya sangat diperlukan untuk menjaga data tetap utuh. Keuntungan menggunakan DRAM adalah biaya produksinya yang lebih rendah dan kapasitas memori yang dihasilkan lebih besar. Sayangnya kecepatan akses DRAM lebih lambat dibandingkan SRAM dan memiliki konsumsi daya yang lebih tinggi. 

Baca juga: Perbedaan RAM iPhone dan Android, Pengguna Gadget Harus Tahu

2. Memory Flash 

Muncul pada tahun 1984 dan digunakan hingga saat ini, jenis RAM satu ini sering digunakna pada kamera digital, game konsol, hingga smartphone. Memori flash ini termasuk jenis media penyimpanan non-volatil yang menyimpan semua data setelah listrik dimatikan. 

Karena itulah sebenarnya memori data lebih dekat dalam bentuk dan operasi yang penyimpanan dan transfer datanya ke sold-state drive dibandingkan jenis RAM yang ada di list artikel ini. Paling sering digunakan di USDB flash drive, printer, kartu memori, pemutar media portable, dan lainnya. 

3. RAM Dinamis Sinkron / SDRAM

Meluncur di pasaran pada tahun 1993, produk ini sering digunakan pada perangkat memori komputer dan konsol viedo game. Menjadi salah satu klasifikasi DRAM yang beroperasi sinkron dengan jam CPU dimana SDRAM menunggu sinyal jam /clock sebelum merespon input data seperti antarmuka pengguna. 

SDRAM mampu berjalan dengan kecepatan 133 MHz (PC133) hingga 180MHz atau lebih tinggi. Kelebihan lainnya adalah SDRAM memiliki kecepatan lebih tingi dengan konsumsi daya yang cenderung rendah namun tidak bisa digunakan pada jenis motherboard versi lama. 

4. Single Data Rate Synchronous Dynamic RAM / SDR SDRAM

Sama-sama hadir di tahun 1993 dengan SDRAM, SDR SDRAM juga digunakan pada memori komputer dan konsol game. Istilah SDR SDRAM adalah nama yang diperluas untuk SDRAM.

Baca juga: 5 Jenis Penyimpanan Data untuk Komputer

5. Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM / DDR SDRAM

RAM satu ini sudah digunakan sejak tahun 2000-an dan paling banyak digunakna untuk perangkat memori komputer. Beroperasi mirip dengan SDR SDRAM namun 2x lebih cepat. DDR SDRAM mampu memproses dua instruksi baca dan dua instruksi tulis per siklus clock

DDR SDRAM memiliki 184 in dan satu takik pada konektor dan bekerja pada tegangan standar yang rendah. Yaitu hanya dikisaran 2,5V dari 3,3V. Mencegah kompatibilitas mundur dengan SDRAM SDR. 

6. Graphics Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM / GDDR SDRAM

GDDR SDRAM beredar di pasaran sejak tahun 2003 dan masih digunakan hingga saat ini. Biasanya digunakan pada pernagkat kartu grafis video dan beberapa tablet. GDDR SDRAM sendiri merupakan jenis DDR SDRAM yang dirancang khusus untuk rendering grafis video. Biasanya bersama GPU khusus yang ada pada kartu video. 

Baca juga: Apa Itu Virtual RAM di Smartphone? Simak Penjelasannya!

Penutup

Itulah beberapa jenis RAM yang wajib Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin membeli perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, dan lainnya dengan RAM yang besar kini Anda bisa membeliny di Doran Gadget. Mulai dari Apple, Samsung, hingga Xiaomi ada di sini. Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi pabrikan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait: