Insta360 GO 3S vs Insta360 GO 3

Doran GadgetInsta360 menghadirkan seri GO 3S sebagai pembaharu dari generasi sebelumnya. Selain memiliki desain yang ringkas dan ergonomis, kamera ini dibekali sejumlah fitur unggulan. Lantas, apa perbedaannya dengan seri sebelumnya? Mana yang lebih tepat untuk Anda pilih? Semuanya akan dikupas tuntas dalam artikel Insta360 GO 3S vs Insta360 GO 3 kali ini!

Spesifikasi Insta360 GO 3S vs Insta360 GO 3

Berikut perbedaan spesifikasi dasar antara Insta360 GO 3S dengan Insta360 GO 3 yang perlu diketahui:

Spesifikasi dan Fitur Insta360 GO 3S Insta360 GO 3
Resolusi Maksimal 4K 2.7K
Frame Rate Maksimal 1080p@200fps 1080p@120fps
Bitrate Video Maksimal 120Mbps 80Mbps
MegaView FOV Ya Tidak
Interval Video Ya Tidak
Kompatibel Apple Find My Ya Tidak
Easy Switch Ya Tidak
Gesture Control Ya Tidak
Ketahanan Air 33 kaki/ 10 meter (kamera) 16 kaki/ 5 meter (kamera)
Stabilizer FlowState Stabilization, HorizonLock FlowState Stabilization, HorizonLock
Ukuran Layar 2.2″ Flip Touchscreen 2.2″ Flip Touchscreen
Bobot 39.1 gram (kamera) 35.5 gram (kamera)
Mode Foto Photo, HDR Photo, Interval Photo, Starlapse Photo, HDR Photo, Interval Photo, Starlapse
Mode Video Video, FreeFrame Video, Timelapse, TimeShift, Slow Motion, Pre-Recording, Loop Recording, Interval Video Video, FreeFrame Video, Timelapse, TimeShift, Slow Motion, Pre-Recording, Loop Recording
Filter Warna Standard, Vivid, Flat, Portrait Standard, Vivid, Flat
Ketahanan Baterai Hingga 140 menit Hingga 170 menit

Baca juga: Mengenal Kamera 360 Derajat: Sudut Pandang Luas, Eksplorasi Tak Terbatas

Perbedaan Fitur yang Dimiliki

Mengenai perbandingan dan perbedaan fitur dari Insta360 GO 3S vs Insta360 GO 3 secara keseluruhan adalah sebagai berikut:

1. Desain Kamera

Review Insta360 GO 3S (6)
sc: Tom’s Guide

Perbedaan mencolok dan terlihat dari keduanya adalah dari segi desainnya. Walaupun sekilas sama, namun dimensinya berbeda. Bahkan, Insta360 GO 3S hanya seukuran jari orang dewasa. Walaupun bobotnya hanya 39 gram saja, seri GO 3S sedikit lebih berat dari GO 3 standar yang berkisar 35 gram.

Layarnya sama-sama memiliki ukuran 2.2 inci dan menggunakan model flip touchscreen. Hal itu membuat layar mudah dilipat dan didukung dengan touchsreen yang mulus untuk pengoperasian cepat. Kemudian, juga mengadopsi model magnetic mounting yag kuat saat direkatkan di helm, topi, badan, bawah papan skateboard, dan lainnya.

Ketahanan air di masing-masing kamera ini pun berbeda. Walaupun Action Pod-nya sama-sama memiliki IP rating IPX4, namun tidak untuk kamera utamanya. Insta360 GO 3S, dapat digunakan hingga kedalaman 33 kaki (10 meter). Sedangkan GO 3 standar hanya bisa hingga batas kedalaman 16 kaki (5 meter).

Baca juga: 10 Rekomendasi Kamera Insta360 Terbaik untuk Bikin Vlog

2. Sensor dan Kualitas Gambar

Review Insta360 Go 3 (6)
sc: Insta360

Selanjutnya mengenai sensor dan kualitas gambar yang dimilikinya. Insta360 GO 3S memiliki lensa yang sedikit lebih lebar. Dengan begitu, mampu menghasilkan video dengan resolusi video 4K dan foto 12MP. Sementara itu, GO 3 standar dapat digunakan merekam video dengan resolusi 2.7K dan 6.6MP untuk fotonya.

Pemrosesan CPU untuk seri terbaru juga ditingkatkan hingga 50% lebih besar. Sehingga mampu merekam di 4K 30fps lebih mulus. Termasuk untuk perekaman dalam mode slow motion yang lebih baik hingga 200fps di 1080p. Beberapa fitur lainnya baik di seri standar maupun GO 3S tidak mengalami perubahan berarti. Seperti rentang sensitivitas cahaya yang menggunakan ISO100 hingga ISO3200.

Peningkatan gambar pada GO 3S lebih ditingkatkan, terutama dalam segi pengembangan saturasi pada kondisi minim cahaya. Dukungan dari Dolby Vision memberikan rentang dinamis yang lebih baik. Sehingga, membuat hasil tangkapan layar lebih jernih, detail dan realistis. Begitu pun dengan kontrasnya yang didukung teknologi HDR.

3. Performa Penggunaan

Review Insta360 GO 3S - Stabilization
sc: Insta360

Perbandingan dari segi performa penggunaan perlu pula disimak. Dimana dalam hal ini pengguna Insta360 GO 3S lebih dimanjakan dengan beragam fitur terbaru. Contohnya pada fitur Dynamic Timelapse. Di sini pengguna bisa memotong video hingga mensimulasi untuk pengambilan gambar yang ideal.

Selain itu, juga mendukung mode Easy Switch untuk mengubah rasio aspek horizonal ke vertikal hanya dalam hitungan detik saja. Bagi pengguna iOS, Anda dapat mengaktifkan fitur Instant App Preview. Nantinya, pengguna akan menerima notifikasi yang dikirim langsung ke ponsel sesaat setelah merekam objek. Selanjutnya hasil rekaman tadi dibuka dan diedit dengan sekali ketukan saja.

Fitur lain yang dijual terpisah untuk meningkatkan performa adalah Quick Reader yang mampu mencadangkan hasil rekaman dengan cepat ke SD-Card sembari mengisi daya baterai kamera. Sementara, untuk menjaga kualitas rekaman tetap stabil, kedua kamera sama-sama dibekali fitur FlowState Stabilization dan HorizonLock.

Baca juga: Seukuran Jari Tangan, Ini Kecanggihan Kamera Insta360 GO 3S!

4. Ketahanan Baterai dan Fitur Pendukung

Review Insta360 Go 3 (4)
sc: DIY Photography

Ketahanan baterai juga penting untuk diperhatikan. Keduanya bisa diisi ulang dayanya menggunakan Action Pod. Lama pengisian daya hingga 100% sama-sama memerlukan waktu sekitar 65 menit. Hanya saja, seri Insta360 GO3 ketahanan baterainya lebih lama hingga 170 menit dibanding seri GO 3S yang mampu bertahan hingga 140 menit. Ketahanan baterai yang tidak lebih lama itu bukan tanpa alasan, mengingat GO 3S memiliki sejumlah fitur unggulan yang lengkap.

Insta360 GO 3S memiliki tiga fitur yang absen pada seri sebelumnya. Di antaranya adalah:

  • MegaView FOV: memberikan tampilan gambar yang lebih realistis dengan mengurangi distorsi.
  • Interval Video + Auto Editing: untuk merekam video dengan interval yang sudah ditentukan sebelumnya. Anda pun dapat mengedit secara otomatis dengan fitur auto editing.
  • Gesture Control & Voice Control 2.0: membuat Anda lebih leluasa menggunakannya tanpa harus menekan tombol. Cukup dengan gestur maupun perintah suara saja.

Pembaruan fitur GO 3S lainnya yang tidak ada di seri GO 3 standar yakni kompatibilitasnya dengan Apple Find My. Khusus untuk fitur ini, dapat digunakan oleh pengguna perangkat iOS. Berkat dukungan ini, Anda bisa melacak lokasi kamera saat terhubung iPhone. Termasuk ketika dalam keadaan mati sekalipun, asalkan selama kamera masih terpasang baterai.

5. Harga Insta360 GO 3S vs Insta360 GO 3

Review Insta360 GO 3S (3)
sc: Insta360

Bagaimana dengan harga kedua kamera ini yang dipasarkan di Indonesia? Tentu, ini ada perbedaan yang cukup mencolok. Dimana perbedaan tersebut dikarenakan fitur-fitur unggulan yang dimiliki maupun kapasitas penyimpanannya.

Adapun harga Insta360 GO 3S adalah mulai Rp8 jutaan dan hanya dipasarkan di tanah air satu seri saja yakni dengan kapasitas penyimpanan 128GB. Sementara itu, harga Insta360 GO 3 lebih variatif. Hal itu karena perbedaan kapasitas penyimpanannya:

  • Insta360 GO 3 (32GB): mulai Rp5.1 jutaan
  • Insta360 GO 3 (64 GB): mulai Rp5.6 jutaan
  • Insta360 GO 3 (128 GB): mulai Rp5.9 jutaan

Sekadar catatan, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung pada promo yang sedang berlangsung di waktu tertentu. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu up to date untuk mendapatkan harga terbaik saat membelinya.

Baca juga: Review Insta360 GO 3: Desain Ringkas, Banyak Fitur Canggih

Manakah yang Cocok untuk Anda?

Review Insta360 Go 3 (5)
sc: 9to5toys

Setelah melihat perbandingan antara Insta360 GO 3S vs Insta360 GO 3 di atas, lalu manakah yang cocok untuk Anda? Semua itu sebenarnya tergantung pada kebutuhan dan penggunaan. Jika Anda pertimbangannya adalah fitur yang lebih unggul mulai dari resolusi maksimal, manajemen penggunaan lebih baik, hingga desain yang ringkas, maka Insta360 GO 3S adalah pilihan tepat.

Akan tetapi, bila menginginkan kamera dengan spek yang lumayan bagus, Insta360 GO 3 lebih dari cukup untuk dipilih. Terlebih lagi jika pertimbangan Anda adalah dari segi harga. Insta360 GO 3 jelas harganya lebih rendah dan itu bisa menghemat budget yang cukup banyak. Hanya saja, desainnya memang sedikit lebih besar dibanding GO 3S. Walaupun begitu, masih tetap nyaman dibawa ke mana saja saat traveling.

Baca juga: 9 Cara Mudah Membuat Vlog yang Ciamik, Pemula Wajib Coba!

Beli Kamera Insta360 Terbaik di Doran Gadget

Review Insta360 GO 3S - Whats in the Box
sc: Insta360

Apapun pilihannya, selain memilih sesuai dengan kebutuhan pastikan Anda mendapatkannya di tempat terbaik dan terpercaya. Salah satunya adalah di Doran Gadget yang menjual produk Insta360 original dan bergaransi resmi pabrikan. Karena kami merupakan official partner untuk penjualan di Indonesia. Raih pula berbagai promo menarik untuk setiap pembelian di website maupun aplikasi Doran Gadget.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>