Insta360 Ace Pro vs GoPro Hero 12 - FI

Doran GadgetInsta360 Ace Pro vs GoPro Hero 12 jadi dua action terbaru yang memiliki spek unggulan. Tak heran membuat para content creator cukup bingung dalam memilih mana yang terbaik. Bagi Anda yang ingin membelinya, pertimbangkan dulu beberapa aspek dan fiturnya. Berikut perbandingan keduanya yang bisa Anda jadikan panduan memilihnya, Sobat Doran!

Spesifikasi Insta360 Ace Pro vs GoPro Hero 12

Adapun perbandingan spesifikasi Insta360 Ace Pro dan GoPro Hero 12 secara umum dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Spesifikasi Insta360 Ace Pro GoPro Hero 12
Dimensi 71.9×52.15×38.5 mm 71.8 x 50.8 x 33.6 mm
Bobot 179.8 gram 154 gram
Sensor Kamera 1/1.3-inch 1/1.9-inch
Pixel Efektif 48 MP 27.6 MP
Resolusi Video 8K@24fps 5.3K@60fps
Bitrate Video Maksimum 170 Mbps 120 Mbps
10-bit Video Mode Tidak (hanya 8-bit) Ya
Slow Motion 4x di FHD 1080p 8x di FHD 1080p
Digital Zoom Clarity zoom Up to 4x
Stabilisasi FlowState HyperSmooth 6.0
Ukuran Layar Front: 1.2-inch
Rear: 2.4-inch Flip
Front: 1.4-inch
Rear: 2.27-inch
Ketahanan Air 10 meter 10 meter
Ketahanan Baterai 100 menit 155 menit
Konektivitas Wi-Fi + Bluetooth Wi-Fi + Bluetooth

Baca juga: Mengenal Kamera 360 Derajat: Sudut Pandang Luas, Eksplorasi Tak Terbatas

Adu Fitur Insta360 Ace Pro vs GoPro Hero 12

Bagaimana mengenai fitur dari kedua kamera aksi ini? Ada beberapa hal yang menjadi perhatian, yakni dari segi desain kamera, kualitas kamera yang dihasilkan, ketahanan baterai, dan aplikasi pendukung maupun performa. Merangkum dari Pocket Lint dan sumber lainnya, berikut di antaranya:

1. Desain Kamera

Insta360 Ace Pro vs GoPro Hero 12
sc: Pocket Lint

Pertama dari segi desain, baik Insta360 Ace Pro maupun GoPro Hero 12 memiliki desain yang kokoh untuk keperluan adventure. Insta360 Ace Pro dilengkapi dengan IP rating IPX8 yang membuatnya tahan terhadap air hingga kedalaman 10 meter tanpa menggunakan case pelindung. Di samping itu, memiliki layar lipat berukuran cukup besar 2.4 inci.

Bobotnya sekitar 176-an gram saja dan pemasangannya cukup mudah dengan adanya standar magnetik, quick release, dan sistem multi-mount. Ini memudahkan pengguna dalam berbagai skenario pengambilan gambar dengan cepat dan cocok dibawa ke mana saja. Khususnya saat traveling.

Sementara itu, GoPro Hero 12 juga memiliki desain kokoh dan mampu hingga kedalaman 10 meter tanpa case. Di samping itu, terdapat penutup lensa yang anti air. Inilah yang membuat pengambilan gambar tetap jernih walau di bawah air. Bobotnya cukup ringan dan ringkas hanya sekitar 150-an gram dan kompatibel untuk berbagai jenis penggunaan. Dengan kata lain, dari segi desain kedua kamera sama-sama unggul.

Baca juga: Review Insta360 Ace & Ace Pro: Spesifikasi, Harga, dan Fitur

2. Kualitas Hasil Kamera

GoPro Hero 12 vs Insta 360 X3
sc: Hardware Zone

Berikutnya dari kualitas dan hasil kamera. Insta360 Ace Pro dan GoPro Hero 12 menggunakan sensor yang berbeda. Sehingga, hasilnya tentu saja berpengaruh. GoPro Hero 12 menggunakan sensor berukuran 1/1,9 inci dengan rasio 8:7.  Sementara Ace Pro memiliki sensor 1/1,3 inci dengan format 4:3 yang cukup umum.

Keunggulan GoPro Hero 12 itulah yang memungkinkannya menangkap gambar vertikal lebih baik, termasuk memotongnya. Begitu pun dengan lensa Hyperview dengan sudut pandang yang lebar. Akan tetapi, pada perekaman menggunakan format 16:9 hasilnya kurang optimal. Itu artinya, pada saat kondisi minim cahaya maka hasilnya pun juga kurang begitu bagus.

Kekurangan GoPro Hero 12 tersebut seolah dijawab oleh Ace Pro. Dimana pada format perekaman 16:9 mampu menangkap gambar yang detail dan terang. Bahkan dalam kondisi gelap sekalipun. Dengan kata lain, GoPro Hero 12 menghasilkan gambar lebih baik untuk pengambilan gambar di siang hari dengan hasil render menakjubkan dan nampak nyata. Sementara untuk Ace Pro unggul dalam pencahayaan minim.

Insta360 Ace Pro pun kini menjadi action cam pertama yang menawarkan kemampuan merekam video 8K. Sedangkan GoPro Hero 12 maksimalnya hanya 5.3K. Namun, GoPro dapat merekam 5.3K pada 60fps, sementara Insta360 hanya dapat merekam 8K pada 24fps. Dari segi rekaman audio, keduanya unggul meskipun GoPro secara keseluruhan unggul. Khususnya dalam meredam kebisingan dan fitur-fiturnya lebih profesional.

3. Performa dan Aplikasi

Review Insta360 Ace (1)
sc: Cnet

Dari segi performa dan aplikasi, kedua kamera kompatibel untuk aplikasi di perangkat iOS dan Android. GoPro Hero 12 menggunakan aplikasi GoPro Quik, sedangkan Ace Pro memiliki aplikasi khusus yakni Insta360 App. Dimana aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fitur yang tak jauh berbeda. Seperti penyesuaian mode hingga proses editing. Begitu pula dukungan untuk penggunaan dengan kecerdasan buatan (AI).

Insta360 Ace Pro memiliki mode PureVideo untuk penggunaan dalam kondisi cahaya rendah. Selain itu juga didukung dengan AI Chip berukuran 5nm menghasilkan gambar lebih jernih secara real-time. Ada pula Active HDR (High Dynamic Range) yang  mampu menyesuaikan hasil foto dengan tingkat pencahayaan. Mode lainnya adalah TimeShift dan Invisible Selfie Stick yang membuat tongkat selfie tidak terlihat pada foto maupun video.

Bagi para pengguna smartwatch Garmin dan Apple Watch, kamera ini bisa diintegrasikan dengan perangkat dengan Stat Dashboard. Ini memungkinkan pengguna menampilkan video dengan data GPS, kecepatan, dan lainnya. Khususnya untuk aktivitas outdoor seperti bersepeda, lari, hiking, dan lainnya. Serta didukung dengan perintah suara.

Sementara itu, GoPro Hero 12 terdapat fitur untuk terhubung ke perangkat audio Bluetooth seperti penggunaan untuk AirPods. Ini memungkinkan melakukan perekaman audio jarak jauh menggunakan voice command. Penggunaan AirPods ini bisa dijadikan sebagai mikrofon eksternal namun mikrofon internal masih tetap berfungsi. HyperSmooth 6.0 yang dilengkapi teknologi AutoBoost di kamera ini berfungsi meredam getaran dan guncangan. Pembaruan aplikasi GoPro Quik yang bisa digunakan untuk editing video dari GoPro Hero 12 melalui cloud langsung. Jadi, tak perlu mengunduh dan menyimpan dulu ke lokal untuk diedit.

Baca juga: Spesifikasi GoPro Hero 12: Baterai Lebih Tahan Lama!

4. Ketahanan Baterai

Spesifikasi GoPro Hero 12 (5)
sc: El Output

Tak hanya dari segi fitur kamera saja, ketahanan baterai pun penting dalam melihat perbandingan dan memilih kamera aksi. Insta360 Ace memang cukup unggul. Sebab diklaim memiliki ketahanan hingga penggunaan 100 menit. Termasuk dalam merekam video di 4K 30fps dengan Active HDR. Apalagi didukung dengan pengisian cepat (fast charging) yang membuat pengisian semakin efisien hanya 22 menit saja untuk mengisi hingga 80%. Sedangkan hingga penuh memerlukan waktu sekitar 46 menit.

Dari segi baterai pun GoPro Hero 12 Black juga lebih unggul. Hal itu berkat adanya teknologi manajemen daya yang lebih baik dalam baterai Enduro di paket bundle. Atau Anda bisa menggunakan baterai yang standar tergantung pada kebutuhan dan penggunaan. Disebut-sebut, seri ini lebih unggul dua kali lipat jika dibanding seri sebelumnya.

Bahkan, untuk fps tertinggi diklaim bisa merekam video selama sekitar 70 menit. Kemudian, jika Anda merekam dalam 30fps maka dapat digunakan hingga 1.5 jam. Apabila diturunkan lagi ke 1080p 30fps, tentu pengguna bisa merasakan pengalaman merekam momen lebih lama hingga 2.5 jam non-stop.

5. Harga Insta360 Ace Pro vs GoPro Hero 12

Review Insta360 Ace (5)
sc: Photolari

Terakhir adalah mengenai harga Insta360 Ace Pro vs GoPro Hero 12. Untuk harga di distributor dan authorized partner penjualan di Indonesia memang sedikit berbeda. Hal itu dikarenakan adanya kebijakan fiskal atas barang impor yang masuk. Adapun harga GoPro Hero 12 ini adalah:

Sementara itu, harga Insta360 Ace dan Ace Pro yakni:

Sebagai catatan, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu karena adanya promo tertentu. Oleh karena itu, saat akan membelinya pastikan Anda mengeceknya secara berkala untuk mendapatkan harga terbaik.

Baca juga: 9 Action Camera dengan Daya Baterai Terlama

Mana yang Terbaik?

Insta360 Ace Pro vs GoPro Hero 12 (1)
sc: YouTube/TenTech

Dari perbandingan Insta360 Ace Pro vs GoPro Hero 12 di atas, lantas mana yang terbaik untuk Anda? Sebenarnya, ini tergantung pada kebutuhan dan preferensi penggunaan. Secara umum, keduanya menawarkan berbagai fitur unggulan dan canggih. Mulai dari resolusi, kemampuan merekam di berbagai kondisi dan lainnya. Begitu juga untuk perekaman underwater.

Jika Anda mengutamakan resolusi tinggi dan kemampuan tangkapan 360°, maka Insta360 Ace Pro adalah pilihan yang tepat. Resolusi 4K Ultra HD-nya menjamin hasil rekaman yang tajam dan detail, sementara kemampuan 360° memberikan perspektif yang unik dan memukau. Termasuk dukungan fitur unggulan seperti TimeShift untuk time-lapse yang menakjubkan, DeepTrack untuk pelacakan subjek, dan HDR Video untuk dynamic range yang lebih baik. Tak hanya itu, penggunaan Insta360 Ace Pro dinilai lebih mudah.

Di sisi lain, GoPro Hero 12 pun layak dipilih apabila Anda menginginkan hasil resolusi tinggi. Sebab, GoPro Hero 12 memiliki keunggulan perekaman video 5K dan stabilisasi HyperSmooth 4.0. Ini masih ditambah dengan fitur unggulan. Seperti kompetitornya, GoPro Hero 12 dilengkapi fitur untuk time-lapse terbaik dengan TimeWarp 3.0. Ada pula fitur SuperPhoto untuk membuat pengambilan gambar secara otomatis.

Baca juga: 7+ Merk Action Cam Terbaik untuk Petualangan Ekstrem

Dapatkan Action Cam Terbaik di Doran Gadget

Insta360 Ace Pro vs GoPro Hero 12 (2)
sc: Pocket Lint

Selain memilih action cam sesuai dengan kebutuhan, pastikan Anda membelinya di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget yang menjadi authorized partner untuk penjualan Insta360 dan GoPro di Indonesia. Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan.

Raih kesempatan mendapatkan promo harga terbaik untuk setiap pembelian. Mulai dari potongan harga, merchandise, hingga voucher belanja. Baik pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Follow Instagram kami untuk melihat promo yang berlaku dan jangan ragu untuk berkonsultasi seputar produk dengan menghubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

>