Insta360 Ace Pro vs DJI Osmo Action 4 - FI

Doran GadgetPerbandingan action camera Insta360 Ace Pro vs DJI Osmo Action 4 menarik untuk disimak. Terutama bagi para pecinta fotografi dan videografi. Keduanya memiliki fitur unggulan seperti disematkannya tools AI untuk mempermudah penggunaan dan hasil yang semakin impresif. Siapa yang terbaik dari keduanya? Simak ulasannya yang telah dirangkum tim Doran Gadget berikut.

Spesifikasi Insta360 Ace Pro vs DJI Osmo Action 4

Untuk spesifikasi kedua action cam secara umum dapat Anda lihat pada tabel di bawah ini:

Spesifikasi Insta360 Ace Pro DJI Osmo Action 4
Dimensi 71.9mm x 52.15mm x 38.5mm 70.5mm x 44.2mm x 32.8mm
Bobot 179.8 gram 145 gram
Sensor Kamera 1/1.3” 1/1.3”
Resolusi Foto 48MP 10MP
Resolusi Video 8K24 / 4K120 4K/120
Aperture f/2.6 f/2.8
Stabilizer FlowState Stabilization RockSteady 3+
Kapasitas Baterai 1650mAh 1770 mAh
Ketahanan Baterai 100 minutes 160 minutes
Ketahanan Air 10 meter 18 meter
Zoom 2X Digital Zoom Digital zoom
Mikrofon 3 3

Baca juga: 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik 2024

Fitur dan Keunggulan

Kurang lengkap rasanya jika melihat perbandingan Insta360 Ace Pro vs DJI Osmo Action 4. Khususnya dari segi desain, performa kamera, baterai, dan fitur lainnya. Melansir dari StoryTeller Tech dan sumber lainnya, berikut di antaranya:

1. Desain Kamera

Insta360 Ace Pro vs DJI Osmo Action 4 (1)
sc: StoryTeller Tech

Perbandingan utama yang bisa dilihat adalah segi desain. Seri Ace Pro memiliki flip screen, dimana layar dapat ditekuk ke atas sampai menghadap ke arah depan. Layarnya cukup lebar dengan ukuran 2.4 inci touchsreen. Ini memungkinkan proses framing lebih baik. Sedangkan bobotnya berada di kisaran 170-an gram. DJI Osmo Action 4 memiliki desain yang cukup ringkas dengan bobot 145 gram saja.

Kedua kamera ini juga mendukung untuk penggunaan underwater. Ace Pro mampu digunakan hingga kedalaman 33 kaki atau 10 meter tanpa case pelindung. Sedangkan jika menggunakan case pelindung mampu dioperasikan hingga kedalaman 196 kaki atau sekitar 60 meter. Untuk DJI Osmo Action 4 memiliki ketahanan hingga 18 meter tanpa pelindung, dan 60 meter menggunakan pelindung.

Baca juga: Review Insta360 Ace & Ace Pro: Spesifikasi, Harga, dan Fitur

2. Performa Kamera

Insta360 Ace Pro vs DJI Osmo Action 4
sc: YouTube/Mount Media

Berikutnya dari sektor kameranya. Ace Pro menggunakan sensor berukuran 1/1.3 ini beresolusi 48MP. Tak cukup sampai di situ, lensa ultra wide-nya menggunakan Leica SUMMARIT 16mm f/2.6 dan dukungan dari AI Chip berukuran 5nm. Keunggulan inilah yang diklaim dapat menghadirkan gambar lebih jernih. Di samping itu juga ada mode PureVideo  dan Active HDR (High Dynamic Range)untuk pemotretan khusus dalam kondisi cahaya rendah.

DJI Osmo Action 4 juga menggunakan sensor berukuran 1/1.3 inci yang dapat menangkap gambar dengan baik di kondisi minim cahaya. Kemudian, aperture f/2.8 yang  memberikan hasil gambar yang lebih detail dan tajam. Untuk perekaman video juga tersedia 4K 120fps. Pengguna juga dapat memilih opsi mode warna 10-bit D-Log M. Terutama digunakan dalam grading pada proses post production.

3. Ketahanan Baterai

Review DJI Osmo Action 4
sc: Pocket Lint

Beralih ke ketahanan baterai antara Insta360 Ace Pro vs DJI Osmo Action 4 juga dapat jadi bahan pertimbangan dalam memilihnya. Ace Pro memiliki kapasitas daya sebesar 1650 mAh dan didukung fitur fast charging. Dimana fitur ini mampu mengisi daya hingga 80% hanya dalam waktu 22 menit. Untuk penggunaannya, baterai ini diklaim mampu hingga 100 jam.

Lalu, untuk DJI Osmo Action 4 memiliki kapasitas baterai yang lebih besar yakni 1770 mAh. Ini membuatnya sedikit lebih unggul, sebab dapat digunakan maksimal hingga 160 menit. Tak ketinggalan, DJI juga menyematkan fitur fast charging yang dapat mengisi daya hingga 80% hanya dalam waktu 18 menit saja.

Baca juga: Review DJI Osmo Action 4: Lebih Stabil dan Sensor Lebih Besar

4. Fitur Pendukung Lainnya

Review DJI Osmo Action 4 (2)
sc: Cined

Selain performa kamera, fitur pendukung di kedua action cam ini sama-sama unggul. Misalnya saja untuk menjaga kestabilan saat pengambilan gambar. Di sini, Insta360 Ace Pro menggunakan FlowState Stabilization dan 360° Horizon Lock. Pihak DJI pun memiliki fitur serupa seperti HorizonSteady dan RockSteady 3.0. Jadi, keduanya dapat diandalkan untuk mengambil gambar saat bergerak, seperti saat bersepeda dan lainnya.

Keunggulan dari DJI Osmo Action 4 lainnya ialah bisa terintegrasi dengan Voice Control dan WiFi. Termasuk fitur kalibrasi dengan sensor suhu warna. Ini akan membuat warna yang terekam nampak seperti aslinya baik indoor, outdoor, maupun underwater. Insta360 Ace Pro pun memiliki fitur pendukung seperti Gesture Control, Photo Grab, dan dukungan AI Highlight Assistant dan AI Warp AI Warp untuk proses editing pasca produksi.

5. Harga Insta360 Ace Pro vs DJI Osmo Action 4

Review Insta360 Ace (3)
sc: Insta360

Terakhir adalah mengenai harga kedua kamera. Di Indonesia, baik Insta360 Ace Pro dan DJI Osmo Action 4 dijual dengan harga yang berbeda. Untuk harga Insta360 Ace Pro di distributor penjualan resminya adalah:

Sedangkan untuk harga DJI Osmo Action  4 dijual dalam dua paket berbeda yakni:

Sekadar catatan, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, ada baiknya Anda untuk selalu update harga terkini sebelum membelinya untuk mendapatkan harga terbaik.

Baca juga: 7+ Merk Action Cam Terbaik untuk Petualangan Ekstrem

Mana yang Tepat untuk Anda?

Insta360 Ace Pro vs DJI Osmo Action 4 (2)
sc: StoryTeller Tech

Setelah melihat dari segi fitur dan spesifikasi di atas, lantas mana yang tepat untuk Anda? Sebenarnya, kedua kamera sama-sama memiliki keunggulan masing-masing. Namun, sekali lagi ini tergantung pada kebutuhan dan penggunaan. Jika Anda lebih memprioritaskan resolusi yang sedikit lebih tinggi dan audio yang mendalam, Insta360 Ace Pro adalah pilihan tepat.

Resolusi 5.7K pada Ace Pro mampu menghasilkan gambar yang lebih jernih, sementara audio 360° dapat menangkap suara di sekitar. Selain itu, didukung mode tambahan seperti TimeShift untuk timelapse yang menarik, DeepTrack untuk pelacakan subjek, dan HDR Video untuk visual lebih nampak realistis.

Di sisi lain, DJI Action 4 Combo menawarkan fleksibilitas dan kemudahan penggunaan. Resolusi 5.3K-nya memberikan visual yang mengesankan, sementara desain modular dan tools AI memberikan pilihan kreatif. Kemampuan untuk memperluas pengaturan kamera dengan lensa, aksesori audio, dan mount memungkinkan pengguna menyesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, dukungan tools AI dapat memudahkan proses editing dan memudahkan pembuatan konten yang terlihat rapi dengan cepat.

Baca juga: 9 Action Camera dengan Daya Baterai Terlama

Penutup

Insta360 Ace Pro vs DJI Osmo Action 4 (3)
sc: YouTube/Mount Media

Setidaknya itulah beberapa perbandingan utama antara Insta360 Ace Pro vs DJI Osmo Action 4. Selain memilih sesuai kebutuhan dan penggunaan, hal penting lainnya adalah pastikan Anda mendapatkan kamera tersebut di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget sebagai authorized partner untuk penjualan produk Insta360 dan DJI di Indonesia.

Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada berbagai promo menarik yang bisa didapatkan setiap pembelian. Baik pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut via WhatsApp di sini. Jangan lupa juga untuk follow Instagram kami untuk mengetahui promo yang berlaku di waktu tertentu.

Artikel terkait:

>