Garmin Forerunner, Forerunner 55, Forerunner 45, Smartwatch Terbaik

Garmin WatchGarmin sebagai brand smartwatch terbaik kembali meluncurkan jam tangan pintar untuk aktivitas olahraga terbaik yakni Garmin Forerunner 55. Sejak dirilis pada bulan Juni 2021 lalu, banyak masyarakat yang bertanya-tanya apa yang menjadi pembeda seri terbaru ini dengan generasi sebelumnya yaitu Forerunner 45. Kali ini Doran Gadget membahas mengenai spesifikasi keduanya. Simak sampai habis, ya!

Spesifikasi Teknis Garmin Forerunner 55 vs Garmin Forerunner 45

04. Garmin Forerunner, Forerunner 55, Forerunner 45, Smartwatch Terbaik

Spesifikasi teknis memang penting untuk diketahui sebelum membeli smartwatch terbaik. Adapun spesifikasi secara teknis dari kedua jam tangan seri Garmin Forerunner ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Forerunner 55 Forerunner 45
Layar Color Display, anti-glare MIP Color Display, anti-glare
Resolusi Layar 208 x 208 pixel 208 x 208 pixel
Konektivitas iPhone, Android, PC, Bluetooth Smart Wireless data transfer iPhone, Android, PC, Bluetooth Wireless data transfer
Sensor GPS, GLONASS, GALILEO, Heart Monitoring, Calorie Burn, Laps, Interval Training, Pace Alarm, Time Distance Alarm, Pedometer, Automatic Activity Goal, Training Effect, Automatic Sleep Log GPS, GLONASS, GALILEO, Heart Monitoring, Calorie Burn, Laps, Interval Training, Pace Alarm
Daya Baterai 20 jam pada mode GPS, 14 hari mode jam tangan biasa 13 jam pada mode GPS, 7 hari pada mode jam tangan biasa
Material Silikon Silikon
Ketahanan Air 50 ATM (50 meter) 50 ATM (50 meter)
Berat 37 Gram Small: 32 Gram / Large: 36 Gram
Dimensi 42 x 42 x 11.6 mm 42 x 42 x 11.4 mm
Touchscreen Tidak Tidak
Warna Aqua, Black, White Blue, Black, White, Red
Harga Rp2,8 jutaan RP3 Jutaan

Review Singkat Garmin Forerunner 55

Garmin Forerunner 55

Garmin Forerunner 55 dari segi desain memang mirip dengan Forerunner 45 sebagai generasi pendahulunya. Dimana desain tersebut dilengkapi dengan tali yang terbuat dari bahan silicon 20 mm dan layar yang kuat dengan bahan kimia khusus. Terdapat lima buah tombol utama, namun sayangnya Garmin Forerunner 55 hanya tersedia dalam satu ukuran saja yakni 42 mm.

Fitur anti-glare MIP yang dimilikinya mampu menghadrikan 64 warna pada display layar yang mudah dibaca bahkan di bawah sinar matahari secara langsung. Selain itu, Forerunner 55 dilengkapi dengan beberapa fitur monitor untuk aktivitas Anda yakni:

  • Interval training
  • Pengukuran untuk latihan
  • Daily workout Suggestion
  • Pace Pro
  • Race Time Predictor
  • Heart Rate Alarms
  • Pembakaran Kalori dengan Heart Rate
  • Pemantau Oksigen dalam Darah
  • Fitur untuk bersepeda dan outdoor
  • Fitur untuk berenang

Baca juga: Resmi Rilis, Ini Review Garmin Forerunner 55 dan Forerunner 945 LTE

Review Singkat Garmin Forerunner 45

02. Garmin Forerunner, Forerunner 55, Forerunner 45, Smartwatch Terbaik

Rilis pada tahun 2019 lalu, Garmin Forerunner 45 menyedot banyak perhatian. Khususnya di jajaran entry-level menggantikan seri sebelumnya yakni Forerunner 35. Desain yang dibuat pun lebih terlihat compact, ringan, dan dirancang khusus untuk keperluan esensial para atlet seperti berbagai fungsi dan fitur untuk olahraga lari.

Tak hanya itu saja, Forerunner 45 hadir dalam dua dimensional yang berbeda yakni 45 dan 45S. Sehingga lebih mudah untuk disesuaikan dengan pergelangan tangan yang kecil. Kemudian  pada bagian layar jam terdapat fitur optical cardio, GPS, hingga berbagai macam fitur lain seperti monitoring kualitas tidur dan tingkat stres.

Lalu juga ada fitur VO2max untuk memantau kondisi fisik saat Anda berolahraga. Agar makin aman dan nyaman, dilengkapi fitur pendeteksi insiden. Jadi, Anda bisa menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Selain itu, juga ada fitur untuk meminta bantuan ketika terjadi sebuah insiden. Fitur lainnya adalah:

  • Interval training
  • Pengukuran untuk latihan
  • Race Time Predictor
  • Heart Rate Alarms
  • Pembakaran Kalori dengan Heart Rate
  • Fitur untuk bersepeda dan outdoor

Fitur Pintar Lainnya

jam garmin forerunner 945 vs fenix 6

 

Selain dilengkapi dengan sepesifikasi teknis seperti yang dijelaskan di bagian sebelumnya, kedua smartwatch terbaik dari Garmin ini juga memiliki beberapa fitur pintar yang bisa diandalkan. Melansir dari berbagai sumber, setidaknya berikut perbandingan fitur pintar pada jam tangan Garmin Forerunner 55 dan Forerunner 45.

Fitur Forerunner 55 Forerunner 45
Notifikasi Smartphone Ya (calls, text, apps) Ya (calls, text, apps)
Wireless Payments Tidak Ya
Music Storage and Playback Ya Ya
Phone Music Control Ya Ya
Meteorologi Prakiraan Cuaca Temperatur, Prakiraan Cuaca, dan Smartphone
Smart Fitur Lain Find My Phone, Reminders Find My Phone, Reminders

Untuk notifikasi smartphone, kedua smartwatch inidapat digunakan untuk menerima notifikasi panggilan, membaca SMS dan pesan dari jejaring sosial lainnya. Anda juga bisa mengakses Goggle Calendar dengan mudah hingga mengunduh tampilan layar jam sesuai dengan keinginan.

Khusus Garmin Forerunner 55, Anda dapat mengunduh widget, apps, dan data penting lainnya. Termasuk pula informasi yang berkaitan dengan kegiatan berburu, memancing, dan lain sebagainya.  Begitu pula dengan fitur musik, Anda bisa menggunakannya untuk menemani kegiatan olahraga menjadi lebih baik dengan musik favorit.

Baca juga: Garmin Forerunner Paling Terjangkau Untuk Aktivitas Lari

Kesimpulan

05. Garmin Forerunner, Forerunner 55, Forerunner 45, Smartwatch Terbaik

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Forerunner 55 dan Forerunner 45 memiliki keunggulan masing-masing berdasarkan fitur yang dimilikinya. Kedua jam tangan unggul dari segi penggunaan yang mudah dan user friendly serta desain dirancang khusus untuk aktivitas olahraga outdoor maupun gaya hidup. Keduanya juga bisa digunakan semua kalangan, termasuk bagi para pemula sekalipun.

Namun, untuk Garmin Forerunner  55 lebih lengkap bila dibandingkan dengan generasi sebelunya. Begitu juga dengan beberapa fitur yang bisa bekerja saat digunakan di dalam air sekalipun. Misalnya saja fitur optical cardio yang dapat digunakan ketika berenang.

Meski begitu, Garmin Forerunner 45 sebenarnya juga tak kalah unggul. Misalnya saja, jam tangan ini terdiri dari dua tipe yang lebih fleksibel digunakan semua orang. Bahkan dengan lingkar lengan yang kecil sekalipun. Hal ini bisa dilihat dari seri 45S yang memiliki diameter 3 mm namun tidak mengurangi kemampuan terbaiknya.

Dari segi harga, Forerunner 45 juga bisa dibilang lebih ramah di kantong dengan fitur terbaik meski Forerunner 55 juga tak kalah terjangkau. Hanya saja, di sini yang perlu Anda perhatikan adalah sebaiknya hindari pemakaian untuk berenang. Karena beberapa fitur memang tidak didukung untuk hal itu.

Anda bisa mendapatkan smartwatch Garmin terbaik hanya di Doran Gadget sebagai official store Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali. Kami menjual produk dengan garansi pabrikan dan jaminan barang asli.

Artikel terkait:

× WhatsApp