Garmin Forerunner 165 vs Garmin Forerunner 265

Garmin IndonesiaPerbandingan Garmin Forerunner 165 vs Forerunner 265 menarik untuk disimak. Selain sebagai generasi terbaru, keduanya memiliki sejumlah fitur unggulan untuk olahraga dan pemantau kesehatan. Bagi Anda yang masih bingung menentukan pilihan mana yang tepat, ada baiknya simak ulasan berikut sampai tuntas.

Spesifikasi Garmin Forerunner 165 vs Garmin Forerunner 265

Adapun spesifikasi secara umum antara Garmin Forerunner 165 dan Forerunner 265 bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

Spesifikasi Garmin Forerunner 165 Garmin Forerunner 265
Dimensi 43 x 43 x 11.6 mm 46.1 x 46.1 x 12.9 mm
Bobot 39 gram 47 gram
Ukuran Layar 1.2 inch 1.3 inch
Tipe Layar AMOLED AMOLED
Resolusi Layar 390 x 390 pixels 416 x 416 pixels
Ketahanan Baterai 11 hari 13 hari
Penyimpanan Musik Opsional untuk seri Music Ya, hingga 1000 lagu
Sensor Accelerometer, optical heart rate (Elevate V4), barometric altimeter, compass, thermometer, ambient light sensor Accelerometer, optical heart rate (Elevate V4), gyroscope, barometric altimeter, compass, thermometer, ambient light sensor
Koneksi Bluetooth, ANT+, WiFi for Music version Bluetooth, ANT+, WiFi
Navigasi GPS, GLONASS, GALILEO Dual-band – GPS, GLONASS, GALILEO
Ketahanan Air 5ATM 5ATM
Warna Turquoise/Aqua, Black/Slate Gray, Mist Gray/Whitestone, Berry/Lilac Black/Powder Gray, Whitestone/Tidal Blue, and Aqua/Black

Baca juga: 10 Jam Tangan Garmin Terbaik 2024 yang Bisa Anda Pilih

Perbandingan Fitur Smartwatch

Aspek lain yang bisa dilihat dalam perbandingan Garmin Forerunner 165 vs Garmin Forerunner 265 adalah fitur-fitur unggulannya. Baik dari segi desain, pemantau kesehatan, mode olahraga, baterai, akurasi, hingga harganya. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, berikut di antaranya:

1. Desain dan Layar

Review Garmin Forerunner 165
sc: Digital Trends

Desain antara Garmin Forerunner 165 dan 265 memang memiliki beberapa kesamaan. Misalnya saja pada layarnya yang menggunakan AMOLED. Dimana layar memberikan keunggulan kecerahan yang tinggi dan konsumsi daya rendah. Keduanya juga memiliki lima buah tombol dan mendukung fitur touchscreen. Akan tetapi, kecerahan layar Forerunner 265 lebih tinggi dengan 416 x 416 pixel dan seri 165 memiliki 390 x 390 pixel.

Perbedaan desain terlihat pada ukuran layar, pada seri Forerunner 265 layarnya lebih besar yakni 1.3 inci. Sedangkan di Forerunner 165 berukuran 1.2 inci. Begitu juga dengan pelindung layar. Forerunner 265 lebih durable dengan dukungan pelindung Gorilla Glass, sementara itu Forerunner 165 masih menggunakan pelindung yang diperkuat bahan kimia.

Walaupun begitu, keduanya pun unggul dalam hal penggunaan outdoor. Bahkan memiliki ketahanan air 5 ATM. Jadi, Anda tak perlu khawatir menggunakannya saat berenang atau terkena hujan. Mengenai bobot, sebenarnya keduanya cukup ringan yakni dibawah 50 gram saja.

Baca juga: Spesifikasi Garmin Forerunner 265: Layar AMOLED Lebih Tajam

2. Fitur Kesehatan dan Olahraga

sc: DC Rainmaker

Aspek berikutnya dari perbandingan Garmin Forerunner 165 dan 265 berkaitan fitur olahraga yang dimilikinya. Forerunner 265 dirancang sebagai smartwatch dengan mode olahraga beragam (multisport). Berbeda dengan seri Forerunner 165 yang terbatas. Meski begitu, di tipe ini mendukung untuk mode olahraga lari, sepeda, berenang, hingga triathlon.

Pada analisis mengenai latihan dan kebugaran, Forerunner 265 terdapat fitur tentang status latihan. Jadi, akan menampilkan aktivitas kebugaran yang dilakukan efektif atau tidak. Di sini juga terdapat skor mengenai kapan pengguna harus berlatih pada fitur Trainig Readiness. Dimana data tersebut dihitung berdasarkan aktor-faktor seperti tidur, riwayat pelatihan, dan variabilitas detak jantung (HRV) semalaman.

Di sisi lain, Forerunner 165 menyediakan pengalaman yang lebih dasar. Meski begitu, smartwtach juga memberikan data mengenai status HRV pengguna dan memperkirakan VO2 Max. Fitur tersebut juga memberi saran kepada pengguna mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih setelah berlatih.

3. Garmin Forerunner 165 vs Garmin Forerunner 265 – Sensor

sc: Tom’s Guide

Sensor pada smartwatch berpengaruh terhadap tingkat akurasinya. Mengenai hal ini, baik pada Garmin Forerunner 265 maupun Garmin Forerunner 165 menggunakan sensor yang sama yakni Garmin Elevate V4. Khususnya dalam mendeteksi detak jantung lebih akurat. Lalu, ada barometrik, kompas, dan lainnya. Hanya saja pada Forerunner 265 memiliki sensor giroskop.

Beralih ke navigasi yang disematkan, keduanya memiliki tiga sistem navigasi utama. Yakni GPS, GLONASS, dan GALILEO. Sekali lagi, Forerunner 265 selangkah lebih maju dengan menyematkan dukungan GPS Dual-Band (multi-band GNSS) dalam meningkatkan akurasi titik GPS. Tentu, ini membantu untuk aktivitas outdoor.

Ketiganya dilengkapi fitur NFC untuk pembayaran non-tunai yang nyaman langsung dari pergelangan tangan pengguna. Perbedaannya terletak pada penyimpanan musik. Garmin Forerunner 165 memiliki versi “Music” opsional, yang menambahkan penyimpanan internal untuk pemutaran musik secara offline. Beda halnya dengan Forerunner 265 sudah menyertakan fitur ini secara default.

Baca juga: Review Garmin Forerunner 165: Apa Saja Fitur & Keunggulannya?

4. Ketahanan Baterai

sc: Nextpit

Ketika berbicara mengenai ketahanan baterai kedua jam tangan, perbedaannya juga tidaklah signifikan. Dimana Garmin Forerunner 265 memiliki ketahanan baterai sebagai berikut:

  • Mode smartwatch: hingga 13 hari
  • Mode GNSS Hanya GPS: hingga 20 jam
  • Mode GNSS SatIQ (AutoSelect): hingga 16 jam
  • Mode All-Systems GNSS + Multi-Band: hingga 14 jam
  • Mode GPS-Only GNSS dengan musik: hingga 7 jam
  • Mode SatIQ (AutoSelect) GNSS dengan musik: hingga 6.5 jam
  • Mode All-Systems GNSS + Multi-Band dengan musik: hingga 6 jam

Lalu, Garmin Forerunner 165 dibekali dengan ketahanan baterai yakni:

  • Mode Smartwatch: hingga 11 hari (4 hari dengan layar always-on)
  • Mode Hemat Daya Smartwatch: hingga 20 hari
  • Mode GPS-Only GNSS: hingga 19 jam
  • Mode All-System GNSS: hingga 17 jam
  • Mode GPS-Only dengan Musik: hingga 7 jam
  • Mode All-System GNSS dengan Musik: hingga 6.5 jam

Jika dilihat dari perbandingan Sebagai catatan, ketahanan baterai di atas juga tergantung pada seberapa banyak fitur yang diaktifkan. Apabila banyak fitur yang diaktifkan, maka kinerha smartwatch juga akan semakin besar dan berdampak pula pada penggunaan baterainyn tersebut, Forerunner 265 cukup unggul untuk ketahanan baterainya.

5. Perbandingan dari Segi Harga

sc: Garmin

Selain mengenai fitur-fitur yang dimilikinya, dalam melihat perbandingan antara Garmin Forerunner 165 vs Garmin Forerunner 265 adalah dari segi harganya. Di Indonesia sendiri harga Garmin Forerunner 265 dibanderol dengan harga Rp7.9 jutaan. Ini berlaku untuk dua varian berukuran 42mm dan 46mm.

Adapun harga Garmin Forerunner 165 seperti dilansir di laman resminya memang berbeda. Terdapat dua seri yakni standar dan music dengan harga:

  • Garmin Forerunner 165 Standar: 249.99US$ atau jika dikurskan ke mata uang rupiah sekitar Rp3.9 jutaan.
  • Garmin Forerunner 165 Music: 299.99US$ atau jika dikurskan ke mata uang rupiah sekitar Rp4.7 jutaan

Meski begitu, perlu diingat untuk harga penjualan di Indonesia bisa saja berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh kebijakan fiskal dan pajak atas barang impor yang masuk. Oleh karena itu, selalu up to date untuk mendapatkan harga terbaiknya sebelum membeli.

Baca juga: Daftar Harga Garmin Forerunner Series

Mana yang Cocok untuk Anda?

Review Garmin Forerunner 165 (2)
sc: The Verge

Nah, kini saatnya menentukan mana yang cocok untuk Anda. Dalam memilih keduanya, perlu sekali untuk melihat apa kebutuhan pengguna. Apabila menginginkan smartwatch untuk olahraga dengan mode multisport, ukuran yang lebih beragam, dan analisis kebugaran lengkap, hingga mode triathlon, maka Garmin Forerunner 265 merupakan pilihan yang tepat.

Akan tetapi, bila pertimbangannya adalah dengan harga yang lebih rendah dan fitur olahraga yang lebih dari cukup, Anda dapat memilih Garmin Forerunner 165. Termasuk untuk pertimbangan bobot yang ringan dan pelacakan akurat. Terlebih lagi untuk pemula dalam mendapatkan hasil lari dan olahraga terbaik.

Baca juga: Tips Memilih Smartwatch Garmin Sesuai Penggunaan

Beli Garmin Original di Doran Gadget

Review Garmin Forerunner 165 (4)
sc: Garmin

Tak hanya memilihnya sesuai kebutuhan saja, pastikan Anda membeli smartwatch Garmin di tempat terpercaya seperti Doran Gadget. Sebagai mitra resmi penjualan produk Garmin di Indonesia. Kami menjual produk original dan garansi pabrikan.

Selain itu, dapatkan promo menarik di setiap pembelian di waktu tertentu. Baik pembelian langsung di store maupun secara online di website maupun aplikasi Doran Gadget. Jika Anda ingin mengetahui informasi seputar produk dan ketersediannya, hubungi admin kami via WhatsApp di sini!

Artikel terkait:

>