Review Garmin Forerunner 165 Series - FI

Garmin IndonesiaMenjelang penghujung bulan Februari 2024, Garmin kembali merilis smartwatch lari terbarunya yakni seri Garmin Forerunner 165. Disebut-sebut, jam tangan ini jadi salah satu seri Forerunner dengan harga terjangkau dan fitur lengkap. Garmin pun membuat dalam dua tipe yakni Standar dan seri Music. Seperti apa keunggulannya? Simak review Garmin Forerunner 165 kali ini!

Spesifikasi Garmin Forerunner 165

Berikut mengenai spesifikasi Garmin Forerunner 165 secara umum:

Dimensi 43 x 43 x 11.6 mm
Bobot 39 gram
Ukuran Layar 1.2 inci
Jenis Layar AMOLED
Resolusi Layar 390 x 390 pixels
Material Lensa Kaca yang diperkuat bahan kimia khusus
Material Bezel Fiber yang diperkuat polimer
Material Strap Silikon
Quick Release Ya (20mm)
Ketahanan Baterai Hingga 11 hari
Ketahanan Air 5 ATM
Musik Ya (Garmin Forerunner 165 Music Series)
Navigasi dan Sensor GPS, GLONAS, GALILEO, Garmin Elevate, dll
Pilihan Warna Turquoise/Aqua, Black/Slate Gray, Mist Gray/Whitestone, Berry/Lilac

Baca juga: 10 Jam Tangan Garmin Terbaik 2024 yang Bisa Anda Pilih

Fitur dan Keunggulan Forerunner 165

Setelah Anda mengetahui tentang spesifikasinya secara umum, penting pula diketahui apa saja keunggulan dari jam tangan ini. Melansir dari berbagai sumber seperti Tech Radar, DC Rainmaker, dan The Verge, berikut di antaranya:

1. Desain dan Layar

Review Garmin Forerunner 165 (2)
sc: The Verge

Review Garmin Forerunner 165 yang pertama ialah dari penampakan desainnya. Memang, tidak jauh berbeda dengan seri Forerunner sebelum-sebelumnya. Misalnya saja lima buah tombol. Dua tombol di sisi kiri untuk start/stop dengan tulisan ‘RUN’ dan tombol untuk kembali atau membatalkan opsi. Sedangkan di sisi kanan ada tiga tombol untuk navigasi ke atas, bawah, dan menghidupkan layar saat detektor gerak tidak aktif.

Walaupun dibekali dengan tombol di sisi kanan dan kiri, Garmin juga menyematkan fitur touchscreen. Dengan begitu, pengguna menjadi lebih mudah dan cepat saat memindahkan. Untuk layarnya menggunakan jenis AMOLED berukuran 1.2 inci. Ini membuatnya nampak seterang seri premium seperti Garmin Epix Pro.

Layar semakin tangguh karena diperkuat dengan bahan kimia khusus. Dari segi bobotnya pun terbilang ringan, sehingga lebih nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari dan olahraga seperti lari. Kemudian, strapnya menggunakan bahan silikon yang lembut dan cocok untuk berbagai jenis kulit pengguna.

Baca juga: Seperti Ini Tampilan Smartwatch Garmin Forerunner 20 Tahun Lalu

2. Ketahanan Baterai

Review Garmin Forerunner 165 (5)
sc: DC Rainmaker

Bagaimana dengan ketahanan baterainya? Smartwatch ini cukup unggul dari segi ketahanan baterai. Sehingga, sangat cocok untuk menemani aktivitas pengguna. Terutama bagi Anda yang suka dengan aktivitas dan olahraga outdoor seperti lari, bersepeda, hiking, dan lainnya. Jika dirinci, ketahanan baterainya yakni:

  • Mode Smartwatch: hingga 11 hari (4 hari dengan layar always-on)
  • Mode Hemat Daya Smartwatch: hingga 20 hari
  • Mode GPS-Only GNSS: hingga 19 jam
  • Mode All-System GNSS: hingga 17 jam
  • Mode GPS-Only dengan Musik: hingga 7 jam
  • Mode All-System GNSS dengan Musik: hingga 6.5 jam

Sebagai catatan, ketahanan baterai di atas juga tergantung pada seberapa banyak fitur yang diaktifkan. Apabila banyak fitur yang diaktifkan, maka kinerha smartwatch juga akan semakin besar dan berdampak pula pada penggunaan baterainya.

3. Review Garmin Forerunner 165 – Fitur Kesehatan

Review Garmin Forerunner 165 (1)
sc: Wareable

Bicara mengenai segi fitur kesehatannya pun cukup unggul. Terutama dalam menampilkan apa saja yang harus dilakukan pengguna dan hal penting lainnya. Beberapa di antaranya adalah:

  • HRV Status: memantau kesehatan, latihan, dan pemulihan Anda secara lebih mendalam melalui variabilitas denyut jantung.
  • Heart Rate Monitoring: memantau detak jantung saat beraktivitas selama jam tangan digunakan.
  • VO2 Max: melihat tingkat kebugaran Anda saat ini, dan melacak perubahan dari waktu ke waktu untuk menetapkan tujuan, mengevaluasi kemajuan, dan lainnya.
  • Stress Tracking: mengetahui apakah Anda sedang mengalami hari yang tenang, seimbang, atau penuh stres.
  • Pulse OX Sensor: melacak tingkat oksigen dalam darah Anda saat Anda terjaga atau tidur.
  • Health Snapshot: mencatat sesi selama 2 menit untuk mencatat statistik kesehatan utama, kemudian hasilkan laporan untuk dibagikan dengan penyedia layanan kesehatan.
  • Pemantau Kesehatan Wanita: lacak dan catat siklus menstruasi atau kehamilan Anda, dan dapatkan edukasi tentang latihan dan nutrisi.
  • Recovery Time: ketahui berapa lama waktu pemulihan sebelum latihan berat berikutnya berdasarkan latihan terbaru Anda serta tingkat stres, tidur, dan aktivitas harian di luar latihan.
  • Sleep Monitoring And Sleep Score: memantau seberapa baik skort tidur Anda. Apakah sudah sesuai, kurang, dan perlu peningkatan. Dengan begitu, berpengaruh pada tingkat kesehatan.
  • Body Battery Energy Monitoring: lacak tingkat energi tubuh Anda untuk menemukan waktu terbaik untuk aktivitas dan istirahat. Bahkan dapatkan detail dan wawasan tentang bagaimana tidur, tidur siang, aktivitas, dan stres memengaruhi energi Anda.

Dengan menggunakan sensor Garmin Elevate v4 membuat pelacakan lebih akurat. Walaupun sensor seri Elevate v5 sudah dikenalkan di tahun lalu, namun Elevate v4 masih relevan dan unggul dalam melacak kondisi kesehatan pengguna.

Baca juga: Cara Broadcast Heart Rate Garmin Forerunner ke Garmin Edge

4. Fitur Olahraga dan Kebugaran

Review Garmin Forerunner 165 (3)
sc: DC Rainmaker

Dirancang sebagai jam tangan untuk olahraga Garmin Forerunner 165 dibekali sejumlah fitur olahraga unggulan. Ini bisa dilihat dari adanya 25+ built-in mode olahraga di dalam maupun luar ruangan. Untuk fitur olahraga unggulan di antaranya adalah:

  • Garmin Coach: berisi mengenai rencana pelatihan adaptif gratis untuk 5K, 10K, dan setengah maraton dari pelatih ahli untuk membantu Anda menghadapi tantangan baru.
  • Cross Training: masuk ke aplikasi Garmin Connect untuk puluhan latihan HIIT, kekuatan, kardio, yoga, dan Pilates yang gratis. Anda bahkan dapat membuat sendiri latihan di aplikasi dan mengirimkannya ke jam tangan.
  • Fitness Age: memberikan arahan seberapa bugar Anda berdasarkan tingkatan usia.
  • Race Predictor: berisi perkiraan seberapa cepat Anda bisa menyelesaikan jarak lari 5K, 10K, setengah maraton, dan bahkan maraton.
  • Wrist-Based Running Power: menampilkan kekuatan yang dilakukan selama berolahraga, sehingga lebih mudah untuk melakukan pemulihan.
  • Track Running: merekam secara akurat mengenai jarak lari yang sudah Anda lakukan selama menggunakan jam tangan.

Selain fitur di atas, Garmin juga menambahkan pelbagai fitur pendukung lainnya. Seperti fitur untuk pelacakan dan keselamatan, Garmin Pay, Smart Notification, hingga Connect IQ Store.

5. Harga Garmin Forerunner 165

Review Garmin Forerunner 165
sc: Digital Trends

Terakhir, tidak hanya mengenai fitur dan desain fisiknya saja, harga tentu menjadi pertimbangan untuk memilih smartwatch lari terbaik. Adapun harga Garmin Forerunner 165 seperti dilansir di laman resminya memang berbeda. Terdapat dua seri yakni standar dan music dengan harga:

  • Garmin Forerunner 165 Standar: 249.99US$ atau jika dikurskan ke mata uang rupiah sekitar Rp3.9 jutaan.
  • Garmin Forerunner 165 Music: 299.99US$ atau jika dikurskan ke mata uang rupiah sekitar Rp4.7 jutaan

Meski begitu, perlu diingat untuk harga penjualan di Indonesia bisa saja berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh kebijakan fiskal dan pajak atas barang impor yang masuk. Oleh karena itu, selalu up to date untuk mendapatkan harga terbaiknya sebelum membeli.

Baca juga: Daftar Harga Garmin Forerunner Series di Indonesia

Penutup

Review Garmin Forerunner 165 (4)
sc: Garmin

Dari review Garmin Forerunner 165 di atas, dapat disimpulkan bahwa jam tangan ini memiliki sejumlah keunggulan. Khususnya fitur-fitur penting bagi pelari dan pecinta olahraga, terlebih di fitur pemantau kesehatan dan mode olahraganya. Tak hanya itu saja, smartwatch ini pun dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari.

Kini, Anda bisa mendapatkan smartwatch Garmin Forerunner Series di Doran Gadget. Sebagai mitra resmi penjualan Garmin di tanah air, kami menjual produk original dengan garansi pabrikan. Ada pula berbagai diskon dan promo menarik untuk setiap pembelian di waktu tertentu. Baik pembelian langsung di store maupun secara online melalui website dan aplikasi Doran Gadget.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>